Inikah PCLinuxOS 2010? (Update apa Upgrade?) …

March 14, 2010 at 14:41 23 comments

Seperti yang saya katakan dalam posting sebelumnya yang dimana saya sedang menjadi playboy distro, sekarang yang berada di laptop saya ada 3 OS (tiga madu, hehehe nyengir ) yaitu XP, Fedora 11 dan PCLinuxOS… yups betul PCLinuxOS 2009.1 sekarang sudah berada di laptop saya kembali. hal itu karena saya frustrasi gara-gara enggak bisa internetan di puppy linux yang sebelumnya saya sudah saya install di laptop saya.

Saya tidak bermaksud mengupdate Linux ini sebenarnya, karena seperti kita ketahui, PCLinuxOS memang sudah lengkap-kap-kap .. Jadi sebenarnya saya tidak perlu untuk berbuat apa-apa lagi, tinggal enjoy menggunakannya.  Namun karena saya sedang ada tugas yaitu mencari kesalahan apa yang menyebabkan saya enggak bisa bikin file iso dari remastersys, maka sayapun mengupdate PClinuxOS ini (Sayang kalau cuman blogwalking saja, karena saya menggunakan internet durasi)

PCLinuxOS 20010?

Dalam Pikiran saya “ah … paling juga update security sama firefox, paling enggak sampe 100MB” … ternyata Masya Alloh … 710MB! file yang harus saya update! ini enggak salah gitu?scratch_ones_head … pikir saya …. update apa upgrade nich nyengir . Dimulailah saya mengupdate. untung saja saya menggunakan linux karena ini bisa di resume karena linux ada semacam cache untuk update-an beda dengan windows.

PCLinuxOS 2009.2

Butuh 2 minggu saya untuk selesai hasil update-annya lmao maklumlah koneksi menyedihkan, plus saya harus membagi dengan si luna dan leonidas yang juga butuh untuk diupdate. apa yang saya dapatkan?

1. Tampilannya samimawon alias sama aja tongue yahoo … kirain bakalan berubah jadi PCLinuxOS 2010 (karena banyak paket PCLinuxOS 2010 … cry )

2. Yang Jelas VGA laptop saya jauh lebih enteng ketika menggunakan compiz.mungkin pengaruh perbaikan driver VGA intel di kernel barunya ..

compiz12

compiz

compiz13

3. Shutdown dan startup jauh lebih cepat (pengaruh VGA intel yang drivernya sudah diupdate banana_rock

4. Mozilla FireFox Masih 3.0.xx … belom 3.5 apa lagi 3.6 annoyed menurut selembaran e-zine yang saya terima (langanan) ternyata mozilla firefox 3.5 keatas reponya belom ada untuk yang gratisan, karena ada di server khusus bagi yang nyumbang ke PCLinuxOS (user exclusive). Berhubung saya enggak nyumbang, yah enggak dapet dech … unsure_002

5. Sumpah dech koneksi internet di PCLinuxOS 2009 ini jauh lebih mudah menggunakan KPPP daripada WVDIAL. Karena sampai hari ini pun saya belum bisa setting WVDIAL di PCLinuxOS walau referensi sudah banyak … ya sudah, mungkin kata PCLinuxOS “kalau udah gampang, gapain pilih yang susah” laugh

compiz14

Begitulah teman-teman osting saya untuk saat ini. Saya benar-benar dech dikerjain sama PCLinuxOS. Dikira 710MB itu upgrade ke 2010 eh .. enggak tahunya cuman ‘patch’ yang membuat PCLinuxOS saya yang tadinya 2009.1 menjadi 2009.2 … tongue yahoo

Ada yang pengen nyoba PCLinuxOS? …

Entry filed under: Linux, MY Happy Lappy, opensource. Tags: , , .

final review windows 7 RC in my laptop Acer aspire 5583 (so long, cupang …) Gagal meraih ‘bintang’, sekarang sibuk menunggangi ‘naga’

23 Comments Add your own

  • 1. ocha  |  March 14, 2010 at 19:01

    udah nyobain distro buatan anak2 kampusku? hihihi…buka aja http://doscom.org mas..

  • 2. alief  |  March 14, 2010 at 20:46

    wah,kalo cuma update ajah sampe 700mb,gak ah….

  • 3. Agung Haryono  |  March 15, 2010 at 11:15

    Iya tuh klo sampe 700-an hanya untuk update nggak dulu dech, dah lama ga boot PCLinuxOS meskipun hanya dari Live CD/USB

  • […] saat ini saya enggak tahu cara menangulanginya … saya inget di PCLinuxOS 2009 saya juga demikian sehingga saya memakai KPPP sebagai alternatif. Namun entah kenapa KPPP di […]

  • 5. dani  |  March 15, 2010 at 15:44

    Itu pake KDE kan ya? Upgrade KDE (jika memang terupgrade) aja bisa 400-anMB sendiri. Kecuali pake Xfce atau yang lebih ringan, bisa kurang dari 100MB.

    Saya pikir PCLinuxOS yang dikatakan termasuk rolling release itu bisa dimutakhirkan setiap hari, tiap ada rilis pemutakhiran paket. Seperti di Arch Linux dan Gentoo. Jadi upgrade/update-nya bisa nyicil. Kecuali ada kebijakan komersil tertentu dari PCLinuxOS. 😦

    Jika melihat versi terakhir dari installer yang ada, wajar jika update/upgrade membutuhkan sebesar itu. Karena logikanya hampir semua paket sudah mengalami pemutakhiran saat ini.

  • 6. RyZack  |  March 15, 2010 at 16:52

    Sampai segitunya frustasi wvdial di Puppy, wkwkwk.. Kok gak berhasil ya? Pdhl pakai smart lancar 😛

  • 7. gadgetboi  |  March 15, 2010 at 18:12

    @dani: bethul mas :mrgreen: hampir semuanya mengalami pemutakhiran kecuali mozilla firefox yang belum ada di reponya … Pantes … KDE emang boros ternyata …

    @ryzack: saya pake im3 di puppy 😥 aneh aja kenapa yg pake smart yg lancar …

  • 8. sanjati  |  March 15, 2010 at 22:36

    saya masih pengguna setia ubuntu,pernah pake fedora dan mandriva. karena newbie dan dah terbiasa pake ubuntu ya jadi balik ke ubuntu. tuk pclinux baru kali ini baca postingannya.

  • 9. tuxlin  |  March 16, 2010 at 14:28

    xixixixixi… ane gak pernah update OS linux,hehehehehe… kalo vienna sih rajin… ane juga masih setia sm PCLOS cuma skrg rada bosen sama tampilanya… smentara pake mandriva dulu deh…

  • 10. Andy MSE  |  March 16, 2010 at 22:36

    jujur saya belum pernah nyoba…
    btw: cerdik sekali cara menambahkan emo-emonya… worship dah! (worship)

  • 11. masiqbal  |  March 17, 2010 at 11:42

    hehehe gede amat tuh mas updatenya, bener… itu update apa upgrade ya… 😀 nggak kebayang pake durasi pula worship dah!

  • 12. cidtux  |  March 18, 2010 at 12:29

    berkunjung gan… kenapa masih di kde 3.5.10… boleh tuker link gak gan… punya sudah di add nih… salam kenal..

    cidtux

  • 13. waroeng ubuntu  |  March 22, 2010 at 14:05

    700 MB itu setara dengan 1 CD ‘kan, mending buat download game :p

  • 14. dani  |  March 22, 2010 at 15:53

    Di Arch Linux yang rolling release, berkas ISO installer (CD) versi 2009.08 berukuran sekitar 200MB. Sisanya unduh sendiri sistem X sesuai selera (simple ala archer). Sekalian unduh/update paket binari terkini. Jika bukan memilih KDE, biasanya butuh sekitar <100MB (Xfce4) sampai <250MB (GNOME) lagi untuk desktop berantarmuka grafis.

    Jadi di rolling release, installer versi berapapun (cukup sekali install), jika dimutakhirkan akan menyesuaikan dengan paket-paket versi terkini. Upgrade pun bisa dilakukan nyicil, jika dirasa perlu. Tanpa harus fresh install tiap sekian bulan sekali. Entah, apakah PCLOS memakai sistem rolling release serupa?

  • 15. gadgetboi  |  March 24, 2010 at 11:00

    @dani: enak kayakna yah :mrgreen: nyobain ah kapan-kapan …

  • 16. gadgetboi  |  March 24, 2010 at 13:58

    @waroeng ubuntu: hehehe …

  • 17. Dapat Award dari MasIqbal « da Gadgetboi's Blog  |  April 23, 2010 at 09:24

    […] “guru besar” saya dalam ilmu komputer dan linux tentu saya harus menyambut dengan tangan […]

  • 18. sanjati  |  June 14, 2010 at 11:26

    mas mo tanya kenapa pclos 2010 kde yg tak install di lopie dell inspiron gak bisa nyanyi? dan hp samsung pinger inject “smart” dah kedetek tapi waktu konfigurasi disuruh memasang simcard. sampe sekarang jadi bisu dan gak bisa online. ada solusi?

  • […] akhirnya bisa dinikmati! dulu saya kesal kenapa Ubuntu tidak support sound AMR!  tidak seperti PCLINUXOS 2009.2 … tapi sekarang beda lah […]

  • 20. gadgetboi  |  June 14, 2010 at 11:37

    @wah … mas … ada yang bermasalah dengan drivernya tuh … pake apa yah soundcardnya? biasanya PCLINUXOS mah enggak pernah rewel!
    masalah hape itu emang seperti itu! enggak bisa menjadikan hape sebagai modem lewat drake-network … pake wvdial atau kppp lebih gampang!

  • […] Lha wong di NetMan Ada kok (Tapi saya urung memakai netman karena diminta PIN??) beda dengan versi KDE yang malahan lebih mudah setting KPPP dari pada WVDIAL, di versi GNOME ini saya akhirnya menggunakan WVDIAL […]

  • 22. Darmono  |  January 31, 2011 at 20:47

    saya nginstal pclinuxos d laptop saya tapi kenapa apa ya suond musicnya tidak berbunyi……plaece kasih tau donk bagamana caranya agar soundnya bunyi.

  • 23. syamsul  |  January 31, 2011 at 22:09

    mau tanya neee…. saya habis instal pclinuxos 2010 tapi ko gak ada audionyaaa…????

    giamana cara aktifin audionyaaa???? ada yang tau gak???

Leave a comment

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Gadgetboi’s Blog

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,104 other subscribers

translate this blog

ubuntero

The Ubuntu Counter Project - user number # 29030

Try Manjaro Linux

Download Linux Mint

Calender

March 2010
M T W T F S S
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Recent Posts

Categories

Archives

How Many People lost here?

  • 586,798 people

Online…Online

IP
free counters
Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net
Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net

Check Me IF I’m Online

Support This!

No Smoking

RSS Internet Sehat

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
Counter Powered by  RedCounter