How to make LiveUSB and Little preview on IGOS Nusantara 2011

July 21, 2011 at 00:03 29 comments

setelah weekend Berantakan, update laptop gagal, saya pada akhirnya mendapat hiburan main bola cat … lumayanlah, dengan modal 4000 perak, satu flash disk berukuran 1 GB dan 2 jam Internet berkecepatan tinggi (bagi saya download 170 KiloByte itu sudah cepaaat sekali untuk ukuran warnet bekesongtongue yahoo )  saya berhasil membawa pulang IGOS Nusantara 2011 R6 yang sebelumnya saya selalu gagal mendownloadnya di rumah. Iya, Karena pertama kali saya download sudah mencapai 35% ternyata saya salah donlot, karena bukan versi 2011doh 1 , yang kedua, sudah benar versi terbaru dan sudah sampai 50% … eh … filenya ter-delete tidak sengaja di Download Manager-nya doh … buang-buang benwit aja jadinyaidiot … tapi tentu saja mendownload LiveCD dengan kecepatan up-to 2Mbps tidak memakan waktu yang lama, cukup satu jam, satu jamnya lagi saya gunakan untuk menonton Youtube. Sudah lama saya tidak menonton Youtube dengan layak ngupi dan ngenet (biasanya nunggu bufferingsmile yahoo )

Sekembalinya ke rumah, saya mencoba membuat liveUSB dari iso IGOS Nusantara 2011 tersebut. Alasan saya membuat liveUSB adalah agar saya tidak membuang-buang CD/DVD yang sering kali installer-nya hanya dipakai sekali. Dengan membuat installer via liveUSB tentu saja saya menghemat 5000  … eh   … maksudnya saya membantu mengurangi sampah hehe

Sebenarnya ada 3 cara untuk menginstal IGOS Nusantara dengan USB:

1. Melalui IGOS Nusantara atau Fedora:

Caranya:

  • Agar aman, cabut semua USB storage lain, sehingga nantinya terhindar dari kesalahan hapus atau format
  • Masukkan USB Flash Disk (UFD)
  • UFD akan dimuat (mount) secara otomatis.
  • Salin ISO Image IGN2011-LiveCD-R6.1.ISO yang ada di UFD ke Desktop memakai Nautilus
  • Setelah selesai disalin ISO Image ada di /home/igos/Desktop/IGN2011-LiveCD-R6.1.ISO
  • Ketik:
# mount
  • Lihat UFD ada device apa? Biasanya ada di /dev/sdcx, /dev/sddx atau lainnya
  • Misal dimuat /dev/sdd1, lakukan:
# umount /dev/sdd1
  • Perintah: (ingat UFD isinya telah dibackup)
# livecd-iso-to-disk --format /home/igos/Desktop/IGN2011-LiveCD-R6.1.ISO /dev/sdd

2. Cara Menginstal LiveUSB via Windows XP

Menggunakan LiveUSB creator dari fedora (donlot di sini)

3. Menginstal melalui distro lain (ubuntu misalnya):

Jika menggunakan distro lain bisa melalui software yang dapat di download di http://unetbootin.sourceforge.net/

Dari ketiga cara di atas, saya lebih memilih cara ke 2, karena menurut saya cara ini merupakan paling mudah dan terbukti berhasilsmile yahoo  jadi saya memilih untuk mendownload software LiveUSB Creator tersebut dan beginilah cara menginstalnya:

usb creator

1. buka di mana tempat menaruh iso linux IGOS Nusantara-nya

2. Pilih Drive untuk membuat LiveUSB

3. Jika ingin membuat IGOS Nusantara sebagai Portabel OS bisa dibuat partisi untuk menyimpan file

4. Tunggu beberapa saat. Di mesin Core2Duo T5500 dengan RAM 3GB saya hanya membutuhkan kurang dari 5 menit hingga proses tersebut selesai

5. Restart dan pindahkan Boot komputer ke USB hingga muncul GRUB dari IGOS Nusantara. pilih saja untuk melihat LiveCD-nya dan tunggu hingga muncul desktop

Gambar-Layar

Saya kemudian mencoba membiasakan diri dengan desktop environment terbaru dari Gnome  ini yang bernama gnome shell (akhirnya kesampaian dance keylock)

melihat isi dan jumlah software-nya ternyata sudah lumayan lengkap-kap-kap loh woot

Gambar-Layar-1

Untuk ukuran LiveUSB benar-benar luar biasa! saya tidak perlu lagi pusing-pusing donlot satu per satu seperti setiap kali saya menginstal ubuntu. Untuk urusan Internet, Browser sudah Firefox 5.0, untuk download manager pun sudah ada! bahkan untuk download di ftp ada filezilla! Ada GIMP dan INKskape untuk manipulasi gambar, bahkan untuk laptop adik saya yang HP, distro ini sudah menyediakan prasarana bagi HP tongue_002

Masih dalam mode LiveUSB (belum diinstal) saya mencoba internet via Network Manager-nya. Ternyata tidak terlalu beda Network Manager-nya,  Semakin mudah loh settingnya (kalau masalah kestabilan belum teruji sih), karena ada semacam tombol geser On dan Off. lebih modern lah.

Gambar-Layar-3

Yang menarik dari Firefox 5.0 yang terdapat pada IGOS Nusantara 2011 ini adalah sudah full add-on! Jadi kita tidak perlu lagi repot mendownload add-on karena pihak pengembang rupanya sudah memikirkan sampai sejauh itu! wow kagum

 Gambar-Layar-2

 

Nah sekian dulu yah sedikit review dari saya. untuk performa, response, dan masalah kompabilitas nanti saya akan ulas lagi lebih dalam di posting berikutnya setelah saya instal ke dalam Harddisk.

Bagaimana Berminat dengan Distro Linux bikinan Anak Bangsa ini? Silahkan menuju link di bawah untuk mencobanya. Tidak ada ruginya kan?silau

*Link Download IGOS Nusantara 2011

Situs Resmi IGOS Nusantara 2011

Tempat resmi menanyakan segala hal tentang IGOS Nusantara

Blog resmi pembuat IGOS Nusantara

Entry filed under: Linux. Tags: , , , , , , , , , , , , , .

sedih dan berduka Windows 7 apa kabar?

29 Comments Add your own

  • 1. Cahya  |  July 21, 2011 at 00:46

    Ha ha…, belum sempat coba, lagi nunggu openSUSE 12 :D.

  • 2. Pendar Bintang  |  July 21, 2011 at 06:03

    Semakin merasa Gaptek 😀

    Btw, IGO apa IGOs :mrgreen:

  • 3. gadgetboi  |  July 21, 2011 at 08:36

    @pendar bintang: IGOS yang singkatannya Indonesia Goes Open Source

  • 4. Nana Suryana  |  July 21, 2011 at 08:38

    Mantap!

    Untuk Firefox sudah dipasang plugin blok iklan.
    Saat akses situs semacam detik.com, tampilan tidak
    akan ramai oleh iklan.

    Jika memakai koneksi yg cukup lambat, di bagian
    bawah ada pilihan untuk tidak menampilkan gambar.
    [ ] Images.

    Semoga semakin nyaman pakai IGN.

  • 5. Nana Suryana  |  July 21, 2011 at 08:45

    Btw,
    jam server di blog ini lebih cepat satu jam.
    Posting jam 07:38 tercatatnya jam 07:38.

  • 6. dina.thea  |  July 21, 2011 at 09:42

    wah ntar deh dicoba bikin live usbnya, kalo nyoba ign 2011 sudah tapi versi ringannya, LXDE , kompinya ga kuat kalo pake yg gnome 😦

  • 7. gadgetboi  |  July 21, 2011 at 09:46

    @Cahaya: hehehe … OpenSUSE mah engga ada miror repo lokal … *hemat benwit internasional*

  • 8. r10  |  July 21, 2011 at 10:25

    keren sudah bisa Gnome3, kalau di ubuntu mau pasang Gnome3 harus lepas dulu Unity 😦

    aku sekarang juga pakai USB buat install Ubuntu, soalnya malas bakar2 😀

  • 9. agung  |  July 21, 2011 at 15:02

    Hehehe…, saya masih setia dengan si Susi 🙂

  • 10. gadgetboi  |  July 22, 2011 at 20:07

    @r10: ah … gnome3 dan unity kayaknya sama deh 😀 … walau belom pernah saya coba unity, tapi dari liat penampilannya enggak beda jauh lah ….

  • 11. gadgetboi  |  July 22, 2011 at 20:09

    @Nana Suryana: hehehe … gak tau deh servernya bagaimana … yah semoga saya betah hehehe ….

  • 12. tuxlin  |  July 22, 2011 at 23:33

    Nice post bro 🙂 Wah sainganya GarudaOS nih, ane dah install di PC n netbook, tar ta review ah 😀

  • 13. gadgetboi  |  July 23, 2011 at 10:37

    @tuxlin: ditunggu reviewnya! 😀

  • 14. niee  |  July 23, 2011 at 19:54

    wah sepertinya keren tuh, *brb download* Tapi gak yakin bisa install sendiri 😦 ntar klo udah berhasil downloadnya aku balik ke sini buat tanya2 yak 😛

  • 15. ndaroini  |  July 24, 2011 at 01:09

    kemarin sempet kepingnan ngunduh, tapi pas liat ukuran filenya jad ilang semangat………

  • 16. Pendar Bintang  |  July 24, 2011 at 08:37

    Live USB maksudnya kita gak usah bawah flashdisk gitu?? Gimana sih? Kasih tahu dunk….saya gaptek ni…gak bisa tidur kalau penasaran (bukannya karena masih pagi) 😀

  • 17. gadgetboi  |  July 24, 2011 at 10:06

    @pendar bintang: LiveUSB itu istilahnya sistem operasi (linux) yang tidak lagi memerlukan lagi membawa laptop, karena semua (OS dan data kita) ada di usb! jadi bawa falshdisk tapi enggak perlu bawa laptop! kalau nemu komputer tinggal colokin usb flashdisk terus booting (masuk) ke usb dan kita bisa bekerja tanpa mempergunakan os komputer itu karena kita menggunakan os di usb! coba deh seperti diatas!

  • 18. ladeva  |  July 25, 2011 at 16:41

    Nyungsep ke tanah, gak ngerti sama istilah-istilah di artikel ini. Aku gaptek, mak ci 😀

  • 19. Red  |  July 25, 2011 at 20:38

    you wrote: @pendar bintang: LiveUSB itu istilahnya sistem operasi (linux) yang tidak lagi memerlukan lagi membawa laptop, karena semua (OS dan data kita) ada di usb! jadi bawa falshdisk tapi enggak perlu bawa laptop! kalau nemu komputer tinggal colokin usb flashdisk terus booting (masuk) ke usb dan kita bisa bekerja tanpa mempergunakan os komputer itu karena kita menggunakan os di usb! coba deh seperti diatas! <— aku baru tahu bro. tapi make linux gampang gak? user friendly-kah seperti windows? aku pake macOS temanku aja bingung setengah mati 😆

  • 20. Irawan  |  July 26, 2011 at 09:41

    kayanya asyik juga tuh download-download di warnet, tapi saya keliling daerah seputar gandul – cinere kok jarang ya warnet yang bener-bener warnet. biasanya dicampur game online.

  • 21. Mabruri Sirampog  |  July 26, 2011 at 18:39

    apaan lagi ini,,
    perlu dipelajari. hihihih

  • 22. gadgetboi  |  July 26, 2011 at 18:46

    @red: mudah sulit itu relatif mas ed, kalau mas sudah familiar sama macos yang merupakan saudara linux (sama-sama turuanan unix), maka sepertinya tidak akan mengalami kenadala yang berarti. kalau pake linuxmint sama ubuntu itu user friendly banget 😀

  • 23. gadgetboi  |  July 26, 2011 at 18:48

    @Irawan: hahaha emang asik banget! paket 2 jam 4000 kalau pagi! jadi bangun tidur kuterus ke warnet hahaha *becanda, enggak lah*
    @Mabruri Sirampog: ayo belajar 😀

  • 24. iam  |  July 26, 2011 at 20:40

    Wah IGOS ya, baru denger saya 😀
    Buatan anak bangsa lagi 🙂
    Boleh ah, ntar liat2 dulu di situsnya, apa2 saja yang menjadi kelebihan dari IGOS 🙂

  • 25. iskandaria  |  July 27, 2011 at 13:12

    Penasaran juga dengan IGOS ini. Tapi saya belum unduh ISO-nya. Kalau disandingkan dengan XP dan Ubuntu 11.04 apa gak ada masalah ya? Triple boot gitu maksud saya (bukan LiveUSB).

  • 26. gadgetboi  |  July 28, 2011 at 18:32

    @iskandaria: kalau melihat fedora sebagai “induk”nya, banyak kok yang enggak bermasalah 😀 kalaupun nantinya bermasalah kan bisa di edit grub-nya via live usb nanti 😀 coba deh kontak-kontakan dengan pengembang IGOS :mrgreen:

  • […] LiveCD atau LiveUSB IGOS (kalau mau tahu cara membuatnya baca di sini), Setelah muncul grub boot menu, maka pilihlah boot IGOS […]

  • […] linux menginstal dengan USB sudah lama bisa kita lakukan. bahkan di linux kita bisa membuat LiveUSB dimana sistem operasi tidak […]

  • 29. Tu!Kan Ikutan GNU/Linux | Irhass™  |  September 29, 2011 at 22:04

    […] linux menginstal dengan USB sudah lama bisa kita lakukan. bahkan di linux kita bisa membuat LiveUSB dimana sistem operasi […]

Leave a comment

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Gadgetboi’s Blog

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,104 other subscribers

translate this blog

ubuntero

The Ubuntu Counter Project - user number # 29030

Try Manjaro Linux

Download Linux Mint

Calender

July 2011
M T W T F S S
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Favorite Clicks

  • None

Recent Posts

Categories

Archives

How Many People lost here?

  • 586,893 people

Online…Online

IP
free counters
Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net
Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net

Check Me IF I’m Online

Support This!

No Smoking

RSS Internet Sehat

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
Counter Powered by  RedCounter