Fotoxx

February 4, 2016 at 00:35 Leave a comment

fotoxx on Arch

Fotoxx adalah program/aplikasi untuk memanipulasi dan edit gambar gratis dan terbuka (opensource). butuh beberapa hari (*lebay :mrgreen:) saya mencari aplikasi pengganti Photoscape. Bukan kah saya bisa install Photoscape di Linux? Jawabannya IYA! namun lelah juga menggunakan WINE (aplikasi emulator untuk menjalankan aplikasi native microsoft). Saya berharap sekali ada yang sepadan di Linux, karena boleh jujur aplikasi yang menggunakan emulator tidak berjalan secara 100% seperti di ‘alamnya’, yaitu Windows.

Secara tidak sengaja saya membaca artikel mengenai Fotoxx di Softpedia.com … ternyata saya perhatika mirip dengan Photoscape! walau ketika saya coba, ternyata masih “primitif” dari segi GUI alias tampilannya. Namun tampilan tidak selamanya penting, yang penting adalah fungsi! kalau memang berjalan dan mampu bekerja, maka akan saya gunakan!.

Mengapa Butuh Aplikasi Manipulasi Gambar?

Jujur, ini untuk sepenuhnya bagi berkegiatan blog saya. berhubung laptop favorit saya berisi Linux, maka saya wajib mencari aplikasi yang bisa mendukung saya ngeblog. Posting tidak menggunakan illustrasi atau gambar seakan hambar kalau menurut saya. sebelumnya saya sudah menggunakan (kembali) Blogilo untuk memposting di blog saya. Walau (sekali lagi) tergolong “primitif” tampilannya, namun Blogilo inilah yang paling mirip dengan windows live writer di microsoft windows saya. (Update: Ternyata kalau untuk posting dengan gambar blogilo tidak bisa😥 saya terpaksa balik lagi ke web-base wordpress)

Udah Gampang dan Enak di Windows kenapa ngeBLOG via Linux?

Jawabnya adalah saya tidak ingin bergantung dengan produk microsoft terus. walau windows saya original, selalu update dan sudah ada aplikasi untuk ngeblognya, saya ingin kegiatan ngeblog saya tidak selalu harus di windows. mungkin saya akan kembali lagi ngeblog dengan perangkat mobile saya, sepertidahulu. mengingat sekarang android sudah semakin enak untuk menjalankan wordpress.

Semoga dengan dipasangnya Fotoxx ini, tidak ada alasan saya untuk tidak ngeblog. Karena aplikasi pendukung ngeblog sudah sangat lengkap. seperti narablog ketahui kalau saya selalu memposting dengan ada gambar dan watermark alamat blog saya. Menggunakan GIMP yang selevel Photoshop tentu akan sangat repot kalau hanya ingin watermark di foto. Fotoxx menjawab permasalahan saya untuk ngeblog di Linux.

Baca Juga:
Saya Pernah Ngeblog menggunakan OperaMini
Bermain dengan Photoshop Gratisan (GIMP dan Photoscape)

Entry filed under: Linux, My Life, opensource. Tags: , , , , , , , , , , , , , .

tes Blogilo Everyday’s Theme To make You Wanna Write on Your Blog

Leave a Reply

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Gadgetboi’s Blog

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 758 other followers

translate this blog

ubuntero

The Ubuntu Counter Project - user number # 29030

Try Manjaro Linux

Unduh Blankon

Download Linux Mint

Calender

February 2016
M T W T F S S
« Jan   Mar »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
29  

Recent Posts

Categories

Archives

How Many People lost here?

  • 475,986 people

Online…Online

IP
free counters
Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net
Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net

Check Me IF I’m Online

Support This!

No Smoking
Counter Powered by  RedCounter

