Maya dan Luna

April 15, 2013 at 05:16 10 comments

Tepat sebelum Ubuntu 13.04 akan dirilis saya berencana men-downgrade Linux saya. Alasan klise seperti halnya pemilik komputer tua lainnya tongue yahoo,  mesin saya sudah tidak kuat (lebih tepatnya tidak se-‘lincah’ dahulu). Sekarang Ubuntu native sudah tidak bersahabat lagi dengan laptop saya. Mungkin ada alternatif Desktop Environment lainnya seperti LXDE, XFCE, dan lain-lain, namun sayang saya belum terbiasa dengan lingkungan baru.

Berbicara tentang Lingkungan baru, saya juga belum terbiasa dengan Unity-nya Ubuntu walau hampir 3 bulan saya menggunakan versi 12.10. Entah karena faktor kenyamanan dan sudah tahu lingkungan lama, saya malah menginstal panel jadul di desktop 12.10 tersebut. Walau GNOME sudah mengumumkan kalau versi terbaru akan ada “suasana” desktop versi klasik, namun tekad saya sudah bulat ingin menginstal versi Ubuntu 12.04 yang di support selama 5 tahun.

Saya kepincut dengan versi MATE-nya LINUX Mint, sehingga saya mendownloadnya dan berencana fresh instal dengan Linux Mint 13 yang berkode “Maya” tersebut. MATE sendiri adalah “cabang” dari GNOME versi 2. Walau sedikit berbeda (hampir semua nama berkas aplikasi yang ada selama ini di GNOME 2 di cap ulang alias di rebrand), namun esensinya tetap sama semua kok, suasananya juga sama, seperti Katya.

maya

Saya sangat berkesan sekali dengan versi MATE ini. Walau sepertinya GNOME sudah boros RAM (dalam keadaan idle fresh install penggunaan memori sekitar 224MB) Tapi kan ini tahun 2013! bukan tahun 2007 yang rata-rata RAM masih 256-512MB smile yahoo  Toh RAM saya pun sudah maksimal kok (Walau RAM sudah Maksimal tapi saya tetap kekeuh dengan versi 32 Bit tongue_002 ).

Seperti diketahui mungkin sama narablog, kalau saya sangat suka sekali merubah tampilan Linux saya, Namun kali ini sepertinya saya akan menggunakan tampilan standar dari Linux Mint saya ini karena saya kangen dengan tampilannya.

Berbicara tentang “MAYA”, kok kebetulan sekali yah thinkingDi laptop ini saya yang dual boot dengan XP dan sama menggunakan tema XP bernama LUNA grin

 

*To Be Continue …

Entry filed under: Linux, Ubuntu Tips and Story. Tags: .

Blog award! dari FernandoJason False Alarm #2: The Pending dream

10 Comments Add your own

  • 1. duniaely  |  April 15, 2013 at 14:31

    iya .. kok bisa pas bgt ya .. judulnya bikin penasaran nih😛

  • 2. tuxlin  |  April 15, 2013 at 21:04

    Ane juga udah lama berpindah hati dari Ubuntu ke Linux Mint, gak suka sama yang namanya Unity soalnya😀

  • 3. Alief  |  April 18, 2013 at 11:38

    jadi, intinya ketika luna ketemu maya, maka…….
    🙂

  • 4. Cahya  |  April 18, 2013 at 20:58

    Kalau masalah fork GNOME 2, seperinya Solus OS yang cukup menarik.

    Kalau mau tampilan bagus coba Luna versi beta dari Elementary OS.

    Kalau ndak kuat, ya sudah, Joli OS dah, ndak bisa bilang apa-apa lagi😀.

  • 5. gadgetboi  |  April 19, 2013 at 05:01

    @Alief:😆

  • 6. gadgetboi  |  April 19, 2013 at 05:23

    @tuxlin: dash tidak membuat hidup saya “cepat”:mrgreen: jauh lebih baik mintMenu kemana-mana.

  • 7. gadgetboi  |  April 19, 2013 at 05:27

    @Cahaya: saya malahan sedikit tertarik dengan fuduntu tapi sudah terlanjur nyaman dengan debian base. maksud engga kuat disini bukan berarti seperti menggunakan Vista di celeron yah mas:mrgreen: saya tidak suka saja kalau untuk membuka dash saja harus menggunakan 20% tenaga procie.

  • 8. r10  |  April 21, 2013 at 11:28

    aku di ubuntu 12.04 dan desktopnya pakai linux mint

  • 9. gadgetboi  |  April 23, 2013 at 10:49

    @r10: maksudnya pake cinnamon?

  • […] kata saya melanggar janji saya terdahulu untuk tidak merubah tampilan … mau gimana lagi, abis gatel sih […]

Leave a Reply

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Gadgetboi’s Blog

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 759 other followers

translate this blog

ubuntero

The Ubuntu Counter Project - user number # 29030

Try Manjaro Linux

Unduh Blankon

Download Linux Mint

Calender

April 2013
M T W T F S S
« Mar   May »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Recent Posts

Categories

Archives

How Many People lost here?

  • 476,360 people

Online…Online

IP
free counters
Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net
Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net

Check Me IF I’m Online

Support This!

No Smoking
Counter Powered by  RedCounter

