pixel vs retina

February 24, 2013 at 21:01 17 comments

Google Chrome Pixel seperti kembaran Macbook Pro Retina

Setahun setelah rilisnya macbook retina, google ingin mencoba mengikuti jejak apple dengan merilis chromebook pixel.  Apa itu retina dan apa itu pixel? sebenarnya itu hanya “merek dagang” dari kedua belah pihak. Yang dimaksud dengan macbook retina adalah macbook dengan monitor/layar dengan resolusi “raksasa” yang biasanya hanya ada di layar monitor 27-30 inci. Sama Apple resousi raksasa tersebut di terapkan di layar 15 dan 13 inci macbook dan juga IPAD 3. Jelas sekali dengan resolusi dua kali full HD tersebut membuat apa yang ada di monitor menjadi jelas dan tanpa ada gerigi digital (pixelated). tampilan menjadi sangat hidup dan seperti melihat benda dengan retina kita. Bagi pekerja yang bergerak di bidang multimedia, hal ini sangat berguna dan di butuhkan. mengedit foto dan video jadi lebih jelas dan tidak harus di zoom untuk melihat jelas. Maka dengan pertimbangan itulah mengapa Apple menghentikan Macbook Pro versi 17 inchi. karena menurut mereka dengan 15 inci saja sudah lebih dari cukup dengan resolusi retina tersebut, para mobile warrior tidak perlu lagi memanggul notebook 17 inchi untuk merasakan pengalaman layar desktop.

Macbook Pro Retina Display

Apa Macbook Pro Retina hanya resolusi besar saja?
Yah, pada dasarnya memang itu saja keunggulannya. karena dalam hal “daleman” standar seperti macbook pro umumnya (non-retina). Paling yang membedakan hanya menggunakan SSD hingga 750GB dan juga Versi Retina sangat tipis layaknya macbook air (salah satu notebook teringan di dunia). Jadi kalau disimpulkan memang Versi Retina ini inovasinya hanya dari segi display yang sangat besar pixel-nya.

karena itu pula lah Linus sempat mencemooh Apple dengan menyebutkan kenapa harus diperlakukan special sekali retina ini. Karena kedepannya juga nanti resolusi monitor akan menuju ke sana semua (baca: akan memiliki resolusi seperti retina).

Sepertinya omongan Linus benar karena, pasca IPAD 3 retina, resolusi layar Tablet Android menlonjak yang dari maximal hanya 720p menjadi 1080p!. Seiring waktu mungkin Android pun akan memiliki resolusi layaknya IPAD 3 dan laptop lainnya pun akan mengikuti Apple Macbook pro retina (sekarang maximal display layar laptop hanya sampai 1080p alias Full HD)

Entah karena belum ada dari kubu windows yang berani merilis notebook dengan layar seperti retina atau karena tidak mau kalah dengan  Apple, Google dengan merek Laptop Chromebook-nya membuat  versi retina-nya dengan merek dagang “Pixel”. Sekedar info, kalau sudah 2 tahun laptop Chromebook beredar di pasaran. dengan bekerja sama dengan samsung dan Acer, Google memasarkan Chromebook dengan sistem operasi mereka chrome OS  untuk segmentasi netbook (spek hampir sama dengan netbook yang beredar; 11 inci, prosesor hemat energi). Jadi Harganya pun sangat murah (Versi dari Acer dibandrol hanya 199 dollar).

Namun proyek Chromebook seakan tengelam karena dua alasan, yaitu kalah sama adiknya sendiri, Android, yang kini menjadi OS mobile nomer satu dan juga karena sitem operasi Chrome OS ini lebih condong ke arah cloud (aplikasinya bisa jalan kalau online dan terkoneksi dengan google) sehingga ketika offline otomatis laptop seperti “lumpuh”. aplikasi yang bisa dipakai offline pun hanya sedikit jumlahnya. aplikasi seperti office (google doc) pun tidak bisa dipakai offline. Jadi Walau dibandrol dengan harga murah, pada hakekatnya chromebook itu hanya sebuah web browser yang didalamnya ada aplikasinya.

Kembali ke laptop produk teranyar Google ini. Spesifikasi Pixel ini hampir mirip dengan Macbook Pro Retina versi 13 inci. Dengan layar 12.85-inci dengan fitur layar sentuh, prosesor dual-core 1.8 GHz Core i5 processor dan Intel HD 4000 graphics, RAM 4GB dan “hanya” 32 GB SSD  internal storage membuat chromebook tidak lagi dianggap sebagai notebook segmen murah, apa lagi melihat  harganya yang  1,299 dolar untuk model Wi-Fi  dan 1,449 dengan  LTE, membuat orang berfikir kembali kalau ingin membelinya. Hal yang paling fatal menurut saya adalah, dengan harga semahal itu kita hanya diberi 32GB harddisk. Saya tahu google memberikan tempat yang luas di google drive (1TB) tapi kita harus online untuk mengaksesnya dan (kalau engga salah) ada masa expire-nya hanya untuk beberapa tahun.

Pengembang Chromebook ini memang mengiming-imingi kalau Pixel bisa diinstal OS Linux lain selain Chrome OS beda dengan Chromebook murah keluaran acer dan samsung tidak bisa diinstal OS Linux lain (tanpa menghack biosnya). Karena menggunakan SeaBIOS, maka tidak mustahil juga Pixel bisa dualboot (misalnya) Linux Mint dengan Chrome OS melalui cara chroot.  Namun dengan “bonus” bisa menginstal Sistem operasi Linux lainnya dan juga “hanya” 32GB HDD layakkah produk ini dibeli? Yah, kalau itu sih tergantung selera dan kantong masing-masing:mrgreen:

Kalau pendapat saya sih, kalau (menghayal nih yah ceritanya) saya punya uang 1300 dolar, saya lebih baik bersabar dan menabung 200 dolar lagi. Karena dengan menambah 200 dolar, paling tidak saya bisa mendapatkan opsi jauh lebih baik dari produk Apple, Yaitu Macbook Pro Retina 13 inci dengan 128GB SSD tercepat 4GB RAM dan juga sistem operasi yang bisa menjalankan aplikasi secara offline dan banyak pilihannya. Terlebih lagi, sepertihalnya chromebook murah, versi “Pixel” ini pun belum bisa menyaingi keperkasaan daya tahan baterai produk keluaran Apple ini yang bisa hingga 8 jam, karena setelah ditest, “Pixel” hanya mampu bertahan selama 4 jam.

Wah banyak juga yah PR-nya Google. Karena Produknya ini belum bisa dibilang sempurna.

#kalau mau tahu lebih banyak tentang Pixel dan Retina bisa membaca referensi dibawah ini:

Pixel di Liliputing

Macbook Pro Retina 13 inch review

Chromebook versi Samsung dan Acer

*Gambar dan Video dari Google

Entry filed under: Gadgets'. Tags: , , , , , , , , , , , , , , .

Bermain dengan GIMP dan PhotoScape Cara Lama Canonical

17 Comments Add your own

  • 1. Ahmad Mu'azim Abidin  |  February 25, 2013 at 02:04

    media penyimpanan ssdnya google chromebook pixel cuma 32 Gb, sepertinya kurang cocok buat dipake di pedesaan kalo aplikasi offline yang bisa digunakan sedikit dan penyimpanan offlinenya juga sedikit..

  • 2. html1155  |  February 25, 2013 at 02:50

    Angkat tangan dagh kalau bicara soal teknologi…izin singgah ya gan…dah lama ngga mampir

  • 3. Ely Meyer  |  February 25, 2013 at 03:55

    Belum sepenuhnya ngeh ttg Pixel dan Retina

  • 4. Solochanger  |  February 25, 2013 at 15:06

    wah! keren.
    harus nabung ini >.<

  • 5. Erit07  |  February 25, 2013 at 17:56

    Makin mantap ja…

  • 6. ridu  |  February 25, 2013 at 20:22

    Baru tau tentang definisi retina display ini, soalnya sering sekali baca tentang retina display tapi ga ngerti maksudnya apa😀

  • 7. r10  |  February 26, 2013 at 11:02

    kalau saya punya 1300 dollar, uangnya buat biaya nikah, beli rumah dan buka usaha:mrgreen:

  • 8. gadgetboi  |  February 26, 2013 at 13:15

    @r10 udah kebelet pengen kawin nih yeee:mrgreen: saya doain deh ….

  • 9. arip  |  February 26, 2013 at 21:50

    Dan saya mending bersabar menunggu hingga harga keduanya di bawah 200 dollar.

  • 10. tuxlin  |  February 26, 2013 at 22:51

    Kalo Chrome OS kayaknya masih belum cocok buat kebanyakan pengguna Indonesia yang koneksi internetnya masih payah, hehehehe…

  • 11. gadgetboi  |  March 2, 2013 at 02:07

    @Ahmad Mu’azim Abidin: namanya juga masih coba-coba:mrgreen: dengan uang segitu memang di indonesia mending beli laptop murah dan juga HD eksternal yang banyak yah, untuk koleksi donlot😆

    @ html1155: mas aming banyak banget blognya😆

    @ely meyer & @ridu: emang bedanya cuman di layar doang kok:mrgreen:

    @solochanger: ayo nabung!!!

    @arip: silahkan bersabar hehehe

    @tuxlin: prediksi saya sih kalau cloud 10 lagi deh baru kepake sama orang indonesia hahaha … kalau internet udah muraaaahhh banget.

  • 12. fadcullen  |  March 10, 2013 at 09:09

    Yang Retina Display mah malah g ada DVD RW nya,, klo yang masih butuh masa harus beli externalnya lagi,,, hehehe.. tergantung kebutuhan masing2 sih…

  • 13. niee  |  March 16, 2013 at 09:11

    Aku masih belom familiar dengan mac. padahal punya. jadi nganggur deh dirumah..

  • 14. gadgetboi  |  March 16, 2013 at 13:18

    @niee: yah sudah niee, bisalah saya oprek di sini😀 … barang akan mubazir kalau didiamkan saja hehehe

  • 15. gadgetboi  |  March 16, 2013 at 13:19

    @fadcullen: iya, pokoknya retina membuang spek jadul macbook, bahkan semenjak ivybridge udah engga ada firewire lagi ….

  • 16. niee  |  March 17, 2013 at 10:22

    boleh, ‘di sini’ nya tapi di rumah aku yak😛

  • 17. gadgetboi  |  March 19, 2013 at 10:01

    @niee:😥

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Gadgetboi’s Blog

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 759 other followers

translate this blog

ubuntero

The Ubuntu Counter Project - user number # 29030

Try Manjaro Linux

Unduh Blankon

Download Linux Mint

Calender

February 2013
M T W T F S S
« Jan   Mar »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728  

Recent Posts

Categories

Archives

How Many People lost here?

  • 476,360 people

Online…Online

IP
free counters
Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net
Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net

Check Me IF I’m Online

Support This!

No Smoking
Counter Powered by  RedCounter

%d bloggers like this: