Bermain dengan GIMP dan PhotoScape

February 21, 2013 at 15:34 19 comments

Gimp Magazine

Gimp Magazine

Cukup lama saya tidak bermain dengan aplikasi Photoshop. Pertama-tama, saya berfikir kalau saya tidak berbakat dengan photoshop. 12 tahun saya mengenal aplikasi itu dan tidak ada hasil yang saya dapat. Mengoperasikannya secara benar pun sampai saat ini tidak bisa😆 Saya tidak paham maksud apa layer dan kegunaannya. Jadi ketika saya berkomitmen untuk menghapus aplikasi bajakan di laptop saya (termasuk game), saya tidak menyesal sama sekali.

photoscape

Tampilan PhotoScape yang Intuitif dan userfrielndly

Dua Tahun lalu, hal yang sama saya terapkan di laptop adik saya. Photoshop yang jarang digunakan saya hapus, karena ternyata ada “jalan pintas” untuk para amatir tanpa harus bersusah payah mengedit di photoshop. “jalan pintas” itu bernama “photoscape”. Dibandingkan dengan Photoshop tentu mudah sekali dan yang terpenting untuk alay facebook/twitter yang hobi ber “narsis” ria dengan foto sudah lebih dari cukup untuk memberi kesan “pinter ngedit foto” pada hasil akhirnya.

Ditambah Instagram mulai menjadi promadona diantara para penggemar foto, jadilah photoshop tidak berguna di laptop adik saya. Akhirnya saya putuskan untuk membuang juga aplikasi mahal itu. Untuk apa “bloatware” dipelihara?😆

fun with gimp

Keren juga Editan GIMP

Ketika edisi perdana majalah elektronik GIMP terbit, banyak narablog yang memuatnya di posting mereka. tergeraklah saya untuk mendalami aplikasi alternatif itu, terlebih lagi sekarang GIMP sudah single windows seperti layaknya Photoshop (Mengaktifkannya dengan cara ke Menu >> Windows dan mencentang Single-Windows Mode). Bahkan dalam majalah tersebut, ada komentar pengguna GIMP berpengalaman yang membandingkan kalau GIMP versi terbaru seperti Adobe photoshop CS4. Walau tidak bisa disamakan dengan Adobe Photoshop, Tapi dia mengibaratkan kalau GIMP 2.8 itu seperti Cessna 172 Skyhawk dan Adobe Photoshop CS6 seperti Boeing 787 Dreamliner.

hasil gimp

Editan GIMP yang paling keren menurut saya

the Dreamliner is the latest and greatest, commercial airliner from a legendary multinational aerospace and defence corporation, while the Skyhawk is a reliable utility aircraft perfect for discovering one’s love of flight.

IN CONCLUSION: FULL SPEED AHEAD! Adobe® Photoshop® will always be the flagship product from a proven and
legendary corporate innovator. It has been the standard for high-tech gadgetry, a luxurious feel, a slick and streamlined design. But it has also carried an exorbitant price tag. In these economic times, with software prices rising and seat licensing becoming more complex, GIMP has positioned itself to receive quite the payday . . . er, I mean GNU love day! And, like the Dreamliner from Boeing, it’s sometimes too big of a beast to offer the quickest ride. You don’t need a jumbo jet if all you want to do is go for a drive. GIMP 2.8 has just enough power to get most jobs done. If I need to go on a really long flight, I know the Beoing is there. But more and more, I am finding that I can take out the Cessna and get to my destination in comfort and style.

Kata-kata terakhir sungguh “menancap” di hati. Kalau ada yang jauh lebih murah dan berkualitas, untuk apa pilih yang mahal (Dan seringkali illegal). Tulisan yang ada di majalah GIMP vol 2 itu benar-benar membuat saya ingin mendalami GIMP bukan saja ketika saya berada dalam lingkungan Linux, tapi juga di Windows. Makanya saya mendownload versi terbarunya (2.8) dan menginstalnya di seluruh komputer rumah.

gimp ngedit kelvin and hobes

Proyek GIMP pertama: menggambar dan mengedit Calvin and Hobbes

calvin jadi

Hasil Editan sederhana kombinasi GIMP dan Photoscape

Sekarang, saya kembali membuka manual GIMP dari halaman pertama. Saya kembali mempelajari fungsi dan apa saja komponen yang ada. Saya juga mulai membuka situs tutorial yang ada di dunia maya. Kalau saya mentok dengan GIMP, maka saya akan buka Photoscape (di Windows):mrgreen:

Semoga pengalaman saya ini menjadi motivasi untuk teman-teman agar mau mengenal GIMP dan Photoscape dan moga-moga mau melupakan Photoshop yang saya yakin kalau di instal di komputer pribadi pasti 100% bajakan😆 (Jangan mengelak ah … realistis aja, ada gitu orang Indonesia yang bukan profesional di bidang grafis mau mengeluarkan uang 7 jutaan untuk software? :lol:)

*Gambar merupakan Screenshot pribadi dan di edit  menggunakan Photoscape dan GIMP

**Silahkan membaca majalah gimp secara online dan mendownloadnya di GIMPmagazine.org

***mendapatkan aplikasi GIMP dan Photoscape dengan mudah di filehippo.com

Entry filed under: Hot Free Programs, opensource. Tags: , , , , , , , .

4 tahun itu tidak terasa pixel vs retina

19 Comments Add your own

  • 1. gowar  |  February 21, 2013 at 17:33

    thanks pak.. saya coba ah… mungkin cocok buat org yg ga bisa design seperti saya..

  • 2. r10  |  February 22, 2013 at 05:03

    udah versi 2.8.4 saja sekarang

    tapi aku jarang pakai gimp, kalau cuma kompres gambar aku pakai shrinkpictures

  • 3. Kucing Dolby  |  February 22, 2013 at 15:30

    emang dimana download softwere gimp ?
    makasih and salam kenal🙂

  • 4. Erit07  |  February 22, 2013 at 19:20

    Mantapp

  • 5. gadgetboi  |  February 22, 2013 at 20:45

    @kucingDolby: semua bisa di donlot di filehippo.com

  • 6. gadgetboi  |  February 22, 2013 at 20:51

    @r10: mumpung punya windows, udah donlot photoscape belom?:mrgreen:

  • 7. Ahmad Mu'azim Abidin  |  February 22, 2013 at 22:15

    aku punya yang portable gimp, tapi jarang aku pake seperti photoshop yang jarang aku pake…. kalo photoscape emang mudah penggunaannya

  • 8. gadgetboi  |  February 23, 2013 at 06:10

    @Ahmad Mu’azim Abidin: awalnya juga kalau di windows saya menggunakan yang versi portable tapi ketika versi baru bisa single windows, saya gemes pengen nyoba jadi donlot dan install permanen di laptop:mrgreen:

  • 9. yisha  |  February 23, 2013 at 11:26

    pengin bisaaaaaaaa…….

  • 10. sfirsttama  |  February 23, 2013 at 19:13

    selama ini pakai GIMP malah baru tau kalau ada e-magz nya…

  • 11. r10  |  February 23, 2013 at 20:14

    photoscape di windows store belum ada…. bahkan firefox dan YM di windows store blm ada:mrgreen:

  • 12. Ahmad Mu'azim Abidin  |  February 25, 2013 at 01:53

    kalo aku jarang maen grapics, selain gak bisa hhehe…

    jadi mau donlod single windows ya mikir2 lagi

  • 13. tuxlin  |  February 26, 2013 at 22:44

    wah q malah sama sekali jarang berurusan dengan grafis, skarang paling cuma resize gambar pake pixelmator🙂

  • 14. niee  |  March 7, 2013 at 12:28

    Aku udah pake photoscape lama. tapi gak pernah buang photoshope juga seh.. masih perlu kadang kadang.. heheheh..

  • 15. nono  |  September 17, 2013 at 11:26

    gimp dan photoscape apakah bisa dijalankan di Linux mint ? caranya bagaimana ya mas…terima kasih sharing ilmunya.

  • 16. gadgetboi  |  September 17, 2013 at 11:31

    @Nono: kalau di linux mint, gimp sudah ada secara default dan photoscape tidak ada versi unix/linuxnya … sayang memang

  • […] berasal dari Trailer diolah oleh saya menggunakan Photoscape via Linux […]

  • 18. Fotoxx | da Gadgetboi's Blog  |  February 4, 2016 at 17:59

    […] Baca Juga: Saya Pernah Ngeblog menggunakan OperaMini Bermain dengan Photoshop Gratisan (GIMP dan Photoscape) […]

  • […] on aplikasi untuk membuat watermark gambar (mengharuskan saya mengedit gambar dulu dengan aplikasi GIMP. Sepertinya di wordpress ini tidak ada dan bahkan menu emoticon pun tidak tersedia. sayang sekali, […]

Leave a Reply

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Gadgetboi’s Blog

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 758 other followers

translate this blog

ubuntero

The Ubuntu Counter Project - user number # 29030

Try Manjaro Linux

Unduh Blankon

Download Linux Mint

Calender

February 2013
M T W T F S S
« Jan   Mar »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728  

Recent Posts

Categories

Archives

How Many People lost here?

  • 476,186 people

Online…Online

IP
free counters
Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net
Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net

Check Me IF I’m Online

Support This!

No Smoking
Counter Powered by  RedCounter

