The IT Crowd: curcol para pekerja IT

November 22, 2012 at 11:49 14 comments

Nasib pekerja IT di Indonesia sama dengan nasib para orang-orang jenius dan juga profesor di Indonesia. Kadang kala mereka tidak di anggap penting, dilupakan dan tidak di apresiasi dengan baik. Malah lebih parah nasib pekerja IT kalau dilihat dari banyaknya curhat-curhat di dunia maya:mrgreen:

Saya selalu berfikir kalau di luar pekerja IT dihargai layaknya sales manager atau apalah tapi ada serial TV yang membuat saya sedikit terkekeh bagaimana perlakuan orang IT di sana tidak jauh beda dengan di sini (tapi pastinya masalah mereka bukan seputar gaji😀 )

Adalah sitkom asal britania raya berjudul IT Crowd yang membahas segala persoalan yang dialami oleh pekerja IT di sebuah kantor. Ceritanya sendiri bukan hanya seputar IT (walau tentunya setiap episode ada banyak bahasan mengenai hal tersebut, seperti windows, mac, wireless, facebook dan sebagainya sehingga terasa sekali geek nya), tapi lebih kepada persoalan hidup staff IT nya yang dieksploitasi.

Plot ceritanya sendiri dimulai dengan Jen, seorang pencari kerja yang berbohong dalam resumenya bahwa dia paham sekali dengan komputer dan mengejar posisi IT relationship manager di Reinholm Industry (ironinya dia sendiri tidak pernah tahu apa itu kepanjangan dari IT hingga episode terakhir). Tanpa mengetahui bagaimana dan dimana kantor bagian IT berada, dengan suka cita dia menerima pekerjaannya.

komen-komen Jen sering aneh karena masukan-masukan “menyesatkan” dari teman-teman ITnya

Setelah tahu kalau ternyata IT department berada di lantai dasar (basement dekat gudang barang bekas dengan menggunakan lift hampir rusak untuk menuju kebawah) akhirnya dia tahu kalau pekerjaan ini tidak se-prestise namanya (IT Relationship Manager), yang ternyata tugas utamanya adalah “mengasuh” para pekerja IT yang memiliki reputasi buruk dalam berhubungan dengan pekerja kantor lainnya. karena kalau ada masalah teknis, mereka selalu menggunakan “catch phrase” atau kalimat yang berulang-ulang tanpa membantu masalahnya, seperti

“… hello IT  … may I help you? ….”

“… have you try to plugin your computer? ..”

“… have you try to Off and On again? …”:mrgreen:

saking malasnya menjawab telephone dari karyawan lain

biasanya setelah kedua hal tersebut tidak bisa, mereka akan ke sana dengan mengerutu:mrgreen:

Kalau mau tahu beginilah kelakuan mereka kalau tidak ada yang memimpin mereka

Namun ketika pada saat Jen merasa kalau pekarjaannya mentok dan ingin keluar, dia tidak sampai hati meninggalkan teman-temannya. Pada akhirnya dia pun ikut menikmati dan ikut larut.

paling tidak hanya bagian IT ini yang bisa main guitar hero di kantornya😀

ngobrol ala geek: chatting di depan komputer walau teman chattingnya berada di depan muka

Dan yang terpenting, Jen pun menyadari bahwa perlakuan perusahaan tidak adil terhadap pekerja bagian IT. Ketika Perusahaan mengalami kemajuan, bagian IT tidak pernah disebut sebagai kontributor perubahan, padahal produktifitas bertambah dan lancar karena dukungan IT (lucunya CEO-nya lebih memilih memberikan penghargaan kepada cleaning service untuk produktifitas?!😆 ).

Di bagian IT sendiri hanya terdapat dua orang dan satu orang yang menjaga server ketika malam. Aneh sekali mengingat cerianya bersetting di perusahaan besar:mrgreen:

Orang pertama adalah Roy, seorang Irlandia yang merasa dia adalah bos dari IT selama ini. Sedikit kesal ketika Jen datang menggambil “kekuasaannya”. Roy adalah gambaran pegawai perusahaan yang termasuk kategori slacker, dia malas bekerja, suka menggerutu, suka mencuri inventaris kantor dan juga sering mengeluh. Kemampuannya sebagai tenaga IT profesional pun sering disalah gunakan, seperti meng-hack Vending manchine (mesin penjual makanan otomatis), membuat kerusakan dan pura-pura membetulkan komputer berjam-jam (padahal kerusakannya hanya sebatas salah klik saja) di lantai 7  supaya puas ngecengin satu-satunya lantai yang karyawannya cewek-cewek cantik semua!.

Karena karakternya yang sering tampil lusuh, dia pernah dianggap memiliki pekerjaan sebagai cleaning service jendela kantor oleh temannya  semasa kuliah yang lebih sukses dari dirinya.Ketika dia pun bermaksud mengklarifikasi kalau dia merupakan pekerja IT, dia malah membuat kesalahan karena bahasa yang kurang baik sehingga membuat temannya kembali berfikir kalau dia memang cleaning service.

Roy: hello … listen I’ m not a window cleaner … no … I work in IT … yeah … with computers and all that😀

Teman: so you working with mac?

Roy: mac??? …. no … I really just work with windows  …. *ditutup sama temannya* hello … hello …

Orang kedua, Moss, yang merupakan gambaran tipikal geek kebanyakan dimana selalu menggunakan kemeja rapi, berkacamata dan juga kata-kata yang selalu teratur dan tidak pernah menggunakan kata kasar.  dia juga masih tinggal dengan ibunya dan selalu ditelefon untuk menanyakan apa dia sudah makan siang atau belum walaupun sudah berumur 32 tahun. Moss merupakan karakter yang paling polos dari karakter lainnya. Saking geek-nya tidak ada yang paham dengan lelucon yang dia buat.

Orang lain selain mereka berdua adalah Richmond, yang dahulunya seorang eksekutif muda yang memiliki masa depan cerah namun setelah mendengarkan musik Cradle of Filth (band black metal inggris) dia menjadi seorang Goth. Sehingga membuat koleganya menjauhinya dan dia pun di transfer ke bagian IT. Dia di tugaskan untuk mengawasi Server di malam hari namun dia sendiri binggung apa yang dia awasi (makan gaji buta). Di Akhir episode dia berubah kembali menjadi normal dan menggundurkan diri untuk membuka usaha jasa konsultan untuk para pengikut gothic.

Berbeda dengan sitkom lain yang satu musim memiliki antara 15 hingga 24 episode, sitkom asal Inggris ini hanya memiliki 6 episode setiap musimnya. The IT crowd hanya memiliki 4 musim dan tayang dari tahun 2006 hingga 2010.

Berikut cuplikan-cuplikan IT Crowd yang unforgettable.

Disini terlihat bagaimana Jen sebenarnya sama sekali tidak mengetahui apa-apa mengenai dunia IT

 

“Catch Phrase” yang sangat terkenal:mrgreen:

 

Kalau ada yang belom pernah nonton dan penasaran, berikut episode pilot dari The IT Crowd

 

Bagaimana saya menonton keseluruhan musim The IT Crowd? well … as you know, I don’t have cable so I find it in our “trusted local web server”  (well … do I have to explain everything:mrgreen: )

Bagi yang belom nonton, semoga sedikit review ini bisa memberikan gambaran dan rasa penasaran untuk menonton serial ini:mrgreen:

 

*gambar hasil screenshot pribadi menggunakan VLC dan KMP player

 

 

 

 

 

 

Entry filed under: Below 32 Bit, Cult Movie. Tags: , , , , , , , , , , , .

koneksi lebih baik The Resolution

14 Comments Add your own

  • 1. ohdediku  |  November 22, 2012 at 18:11

    pekerja it di indonesia itu hebat-hebat loh, dituntut multitasking.
    gaji kecil, tapi tuntutan perusahaan harus bisa ini bisa itu bisa ita😀

  • 2. tuxlin  |  November 22, 2012 at 23:18

    wahahahaha orang IT memang hebat T.T btw karakter Roy yang diatas itu mirip senior saya di tempat kerja lama, suka bawa inventaris kantor contoh : VGA card, USB mode, Crimping tool dll dan suka tidur di kantor,,..

    BTw kok mirip ya sama t4 kerjaq dulu, ruanganq dulu di bagian paling belakang, deket parkiran plus lebih mirip gudang daripada kantor😀

  • 3. gadgetboi  |  November 23, 2012 at 05:07

    @ohdediku: hehehe

    @tuxlin: saya juga curiga kalau nyari inspirasinya jangan-jangan di indonesia hehehe ….

  • 4. orange float  |  November 24, 2012 at 00:15

    saya selalu memandang orang_orang IT itu pintar dan jenius dan tak tahu jika mereka mendapatkan perlakuan tak adil dari perusahaan sebelum membaca postingan ini.
    Hidup IT😀

  • 5. Red  |  December 12, 2012 at 18:25

    oooh lama gak aktif di blogosphere gara nonton ini ya bro ? nyedot dari kampung bajak laut ?:mrgreen:

  • 6. gadgetboi  |  December 16, 2012 at 04:05

    @RED: hehehe iya nih, kebanyakan nonton dan baca, engga ngepost-ngepost … surprisingly bang ada loh di “server lokal” kita kalau mau donlot:mrgreen: wekekek

  • 7. Miftahgeek  |  December 23, 2012 at 07:35

    Jadi keinget sitkom The Big Bang Theory favorit saya yang berkisah perihal ilmuan fisika. Bisa masuk list nonton juga nih sitkom. *bookmark

  • 8. Erwin  |  December 24, 2012 at 11:37

    kisah nyata yang difilmkan.😀

  • 9. Ely Meyer  |  December 24, 2012 at 11:56

    wah jadi pengen nonton serialnya

  • 10. luxi89soulmate  |  December 24, 2012 at 12:10

    o..g trllu ngerti sih…tp salam kenal yaaa😀

  • 11. Akhmad Muhaimin Azzet  |  December 26, 2012 at 11:43

    Posisi orang IT itu sangat penting buanget bagi sebuah perusahaan. Tapi, kok begitu cara memperlakukannya. Semoga tambah baik ya Sob seiring dengan kesadaran akan pentingnya IT.

  • 12. r10  |  December 27, 2012 at 09:55

    orang it itu ga suka mandi loh…

    *hipotesis:mrgreen:

  • 13. andri  |  February 4, 2013 at 00:24

    Wahh, yang ini malah belom nonton… padahal list film tentang ayti dah lumayan banyak. thanks rangga! *jalanin torrent*

  • 14. gadgetboi  |  February 5, 2013 at 05:42

    @adri: kenapa harus torrent kalau ada indowebster:mrgreen:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Gadgetboi’s Blog

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 758 other followers

translate this blog

ubuntero

The Ubuntu Counter Project - user number # 29030

Try Manjaro Linux

Unduh Blankon

Download Linux Mint

Calender

November 2012
M T W T F S S
« Sep   Jan »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Recent Posts

Categories

Archives

How Many People lost here?

  • 476,186 people

Online…Online

IP
free counters
Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net
Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net

Check Me IF I’m Online

Support This!

No Smoking
Counter Powered by  RedCounter

%d bloggers like this: