GNOMENU Icon project

January 25, 2012 at 20:14 19 comments

Sedikit Napak Tilas icon_razz

sebelum GnoMenu sukses saya nikmati di Linux Mint Katya ini, saya melakukan segala cara agar GnoMenu bisa dijalankan di Linux Mint yang merupakan versi terakhir yang menggunakan Gnome Classic. Bahkan dengan cara “Bleeding Edge” sekalipun saya tidak berhasil menjalankan GnoMenu.

Namun  dengan “wajengan” Irfan Hanafi akhirnya saya berhasil kembali menikmati GnoMenu yang (menurut saya) merupakan menu terindah dan saya tidak bisa hidup tanpa nya tongue_002 *lebay … I know *

Dalam “perjalanan” mencari   solusi untuk “menyatukan” GnoNenu dengan Katya, saya sempat sedikit mengoprek “daleman” source code dari GnoMenu tersebut. Ternyata di dalamnya terdapat file readme untuk membuat tema dan tema ikon.

Setelah membaca instruksinya, saya ingin mencoba membuat ikon menu untuk Linux Mint. Karena setelah mengelilingi gnome-look dan juga galeri Linux Mint Art, saya tidak menemukan ikon menu yang benar-benar bagus untuk Linux Mint. Yang lain seperti Ubuntu, Arch Linux, Gentoo memiliki ikon yang bagus dan benar-benar merepresentasikan distro tersebut. Maka, Saya pun berinisiatif untuk membuat ikon yang bagus untuk GnoMenu-nya Linux Mint ini. Percaya deh ternyata membuat ikon untuk menu GnoMenu tidak akan lebih dari 5 menit kalau kita sudah mempunyai file mentahnya, yaitu file ikon berekstensi PNG. kalau saya mendapatkannya di dalam distro Linux Mint-nya sendiri dan juga di fanart-nya Linux Mint.

Pertama:

Siapkan file ikon dan kita akan mengedit pixel-nya menjadi setinggi Panel kita. Karena saya menggunakan Tema Windows 7 yang memiliki 40 pixel, maka setting lah jumlah pixel sesuai dengan default panel yang kita miliki  di program manipulator gambar seperti GIMP. (Bisa juga membaca tentang Panel di sini untuk referensi lebih jauh)

sc

Harus diketahui bahwa kita membutuhkan 4 gambar yang identik (gunakan copas untuk membuat kopiannya). Setiap gambar yang akan dijadikan ikonnya akan di edit sebagai berikut:

1. kita membutuhkan 2 ikon yang masih “suci” alias belum diobrak abrik di GIMP, satu sebagai “theme preview” yang di berikan nama themepreview.png dan satu lagi untuk “start here” degan nama start-here.png

2. Kita membutuhkan ikon yang “mengkilap” , fungsinya gambar ini adalah kalau pointer digerakkan menuju ikon maka ikon akan menampakkan cahaya. Cara termudah membuat ikon “mengkilap” adalah dengan mengedit di GIMP dan menggunakan manipulasi cahaya dan “brightness”. works for me wink yahoo

3. Untuk ikon satu lagi yang “gelap”, saya juga menggunakan cara yang sama, yaitu menggunakan GIMP untuk menggelapkan gambar. Save dengan nama start-here-depressed.png

 membuat ikon

Setelah keempat ikon tersebut siap, kita tinggal membuat skrip untuk ikon GnoMenu. cukup kopas skrip ini saja dan mengganti beberapa elemen di sana seperti nama proyek ini dan juga pembuatnya. dan save dengan extensi xml. Membuat skrip ini bisa saja menggunakan notepad di windows atau editor lainnya di linux seperti gedit, vim, vi, kate dan sebagainya

<?xml version="1.0" ?>
<content type="Button">
<theme Top="0" id="HasTop">
<ContentData Name="nama file" Author="namapembuat" Copyright="Open Source" id="Contentdata"/>
</theme>
</content>

4. Kelima elemen sudah siap dalam satu folder (4 gambar dan satu skrip) maka siap dibungkus (compressed) dengan ekstensi .tar.gz

Screenshot-Compress

Setelah jadi, cobalah menginstal di GnoMenu  smile PARAMPA

TADA!!!dance yahoo 

Screenshot-1

Mint red

Akhirnya di GnoMenu ada Ikon Linux Mint yang sesuai dengan harapan saya! woot 

desktop terkini

Setahun lalu, saya ngiri sekali dengan tampilan GnoMenu-nya cidtux yang PCLINUXOS gnome tapi terlihat seperti KDE. ketika saya ingin meminta ikonnya, tapi cidux tidak membalas di komen postingnya sad pundung  …

Akhirnya dengan sedikit usaha, saya berhasil membuat ikon Gnomenu untuk PCLINUXOS Gnome, walau sayang sekali saya tidak bisa mencobanya di PCLINUXOS Gnome milik saya (keburu diganti distronya dengan versi XFCE tongue yahoo)

 

Inilah screenshot dari GnoMenu untuk PCLINUXOS Gnome tapi seperti KDE  smile plurk

KDE tapi Gnome

 

Akhir kata, Selamat Mencoba!   bye

P.S:

Bagi yang menginginkan hasil kerja saya, *pedeevilsmirk , emang ada yang tertarik?* smile yahoo  nanti deh saya upload tongue yahoo

Entry filed under: Ubuntu Tips and Story. Tags: , , , , , , , , , , , , .

Jomblo Panen Uang 6 Bulan yang indah

19 Comments Add your own

  • 1. Cahya  |  January 25, 2012 at 20:21

    Selalu saja ramai😆.

    Kemarin saya juga mau coba Cinnamon di openSUSE, tapi mikir-mikir lagi, masa tampilannya nanti seperti Linux Mint😀.

  • 2. gadgetboi  |  January 25, 2012 at 21:54

    @Cahaya: ada apa dengan ramai?😆

    as linux user, we have the power to change it my friend..:mrgreen:
    fedora dengan citarasa ubuntu, linux mint ala suse, atau my favorite linuxmint seperti KDE PCLINUXOS:mrgreen:

  • 3. Cahya  |  January 25, 2012 at 21:59

    Yah, ramai saja😀.

    Ha ha…, ya ya…, memang begitu, hati-hati saja nanti kelupaan, awalnya pakai distro yang mana😆.

  • 4. rawins  |  January 26, 2012 at 00:01

    aku dah lama pake ubuntu
    tapi cuman make doang
    gapernah utak atik yang lain lainnya
    gaptek abis…

  • 5. gadgetboi  |  January 26, 2012 at 08:16

    @cahaya: hehehe … engga akan lupa dong, kan selalu sudo aptget:mrgreen:

    @rawins: ah masak sih mas rawins kan master:mrgreen:

  • 6. niccaniez  |  January 26, 2012 at 12:10

    Wah…keren..keren…,ayo syukuran…syukuran…,^_^v

  • 7. honeylizious  |  January 26, 2012 at 12:34

    wah saya mah masih nubie, pakenya windows

  • 8. jarwadi  |  January 26, 2012 at 14:12

    saya download gnome icon nya saja deh, hehehe, level berlinux saya sebatas user, hehe

  • 9. r10  |  January 26, 2012 at 15:48

    aku lagi males bikin2, ini aja mau ngedit video males banget :p

  • 10. foredi denpasar  |  January 26, 2012 at 18:26

    Saran yang bagus. Mungkin sebagian dari kita juga sudah mempraktekkannya. Makasih infonya

  • 11. gadgetboi  |  January 26, 2012 at 19:34

    @Jawardi: harap sabar yah mas:mrgreen: menunggu quota Internet menjadi prima lagi😀

    @r10: hayo … ngedit video apa😆

  • 12. Andhy  |  January 26, 2012 at 21:12

    Oh cuma edit xml nya.
    Perlu re-compile juga ga?

  • 13. Ikky21  |  January 26, 2012 at 22:00

    Waah, yang terakhir keren kali..😮

  • 14. Angga  |  January 27, 2012 at 00:09

    asiknya di linux itu yah, ngoprek grafik kayak gimana juga gak bakal berat >_<

  • 15. iskandaria  |  January 27, 2012 at 16:43

    Jiaah, icon menu pada gambar terakhirnya kayak punya saya di LMDE😆 Pakai ikon daun maksud saya. Dari semuanya, ikon tersebut emang paling pas untuk Mint (kalo menurut selera saya)..hehehe. Tapi tetap aja harus saya resize/sesuaikan dengan ukuran tinggi panelnya biar serasi (nggak over).

  • 16. Irfan Hanafi  |  January 28, 2012 at 19:24

    So Cool Ice Cubes are Jealous ~PCLINUXOS~
    Sukses ngopreknya mas.. :piss:

  • 17. ipul  |  January 30, 2012 at 12:17

    linknya mana mas? apa belum dishare? tertarik nih mas

  • 18. gadgetboi  |  January 31, 2012 at 05:51

    sabar yaah:mrgreen:

  • 19. tuxlin  |  February 2, 2012 at 14:44

    Wah q kangen Linux T.T udah lama saya gak utak-atik OS ini😦

Leave a Reply

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Gadgetboi’s Blog

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 759 other followers

translate this blog

ubuntero

The Ubuntu Counter Project - user number # 29030

Try Manjaro Linux

Unduh Blankon

Download Linux Mint

Calender

January 2012
M T W T F S S
« Dec   Feb »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Recent Posts

Categories

Archives

How Many People lost here?

  • 476,360 people

Online…Online

IP
free counters
Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net
Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net

Check Me IF I’m Online

Support This!

No Smoking
Counter Powered by  RedCounter

