The Worse thing Microsoft Could Do To Us

January 18, 2012 at 08:54 23 comments

KIta semua tahu kalau Microsoft sangat memuja sekali apa yang di sebut dengan hak paten. Saya tahu semenjak Bill Gates megetahui bahwa softwarenya bisa membuat semua orang bertekuk lutut dihadapannya, dia bisa mematok harga seenaknya. Semenjak zaman komputer Altair, Bill Gates berhasil membuat orang ketergantungan padanya.

Tapi tiada “kekuasaan” yang abadi. Semenjak sukses membuat Apple menjadi pecundang di era 90-an dan berhasil membuat Steve Jobs bertekuk lutut di hadapannya, tidak membuat Bill Gates senang. Dia dan Korporat raksasanya itu mengincar komunitas yang paling dia benci bahkan semenjak zaman BASIC.

Komunitas itu adalah komunitas FOSS dan juga klub Hobbyist komputer, bahkan dia membuat surat terbuka akan hal tersebut. Hal tersebut tidak membuat komunitas berhenti, karena RMS dan kawan-kawan semakin mendunia dan semakin dikenal. Linus dengan Linux, Mark Shuttleworth dengan Ubuntu , Google dengan Android.

Bill Gates pun tidak habis pikir. Dengan Patennya, Microsoft berusaha menghadang, tapi bisakah? …

Bisa atau tidak rupanya kali ini microsoft tidak akan membuat perlawanan hanya dengan satu langkah. Karena semenjak mengetahui potensi Opensource yang dapat memnghancurkan korporatnya, Microsoft membuat pernyataan yang mencengangkan; Microsoft akan membunuh dualboot!

Di Windows 8 nanti pengguna tidak dapat menginstal OS alternatif lagi, karena akan ditanam Unified Extensible Firmware Interface (UEFI) yang akan “mencegah” pengguna menginstal OS lain selain Windows 8.

Walau cara ini PASTI akan ada “solusinya”:mrgreen: tetap saja ini menjadi suatu bukti bahwa Microsoft terus mencari cara untuk menjegal kompetitornya dengan berbagai cara.

Dari kacamata penikmat Linux, tentu akan menjadi “penghalang” bagi saya yang (kemungkinan) nanti akan membeli Laptop Baru. Karena pasti akan menjadi kendala kalau ternyata sudah ada OS Windows 8 pre-installed. Solusi lainnya mungkin saya akan membeli Laptop non-OS dan nanti diinstal Windows 8 yang sudah dimodifikasi dari mbah Torrent😆 *kabur*

Entry filed under: Linux, seven is beter than vista. Tags: , , , , , , , , , , , .

Award dari Tuxlin 100.000

23 Comments Add your own

  • 1. r10  |  January 18, 2012 at 09:13

    memang rencana ini kurang ngajar, tapi akan saya dukung bila windows 8 mampu MEMAKSA usernya pakai aplikasi original, jadi office, photoshop bajakan, dll akan dianggap malware yang mengancam…….:mrgreen:

  • 2. Cahya  |  January 18, 2012 at 09:28

    Sebagai Windows native, sebenarnya saya sangat setuju dengan langkah secure boot yang diterapkan oleh Microsoft, karena merupakan salah satu cara paling efektif untuk mencegah malware dan serangan dari sisi boot yang bahkan Linux tidak memiliki, dan Linus Trovald pun mengakui hal ini.

    Meskipun tampak kejam, misalnya pada amandemen ARM, bahwa peniadaan secure boot adalah hal yang tidak diperbolehkan. Di satu sisi memberi efek aman, namun di sisi lain semua device dengan ARM akan hanya menggunakan Windows. Ini membuat Canonical mengurungkan niatnya merilis Ubuntu Tablet.

    Ya, Microsoft memang dengan kebijakannya telah menyingkirkan lawan main terbesarnya di Linux – yaitu Ubuntu. Namun tentu saja dibayar dengan harga yang pantas, yaitu keamanan😀.

    Dual-boot masih diizinkan pada Windows 8 dengan PC, namun tidak hadir secara default.

    Windows masih merupakan salah satu sistem operasi terbaik saat ini. Bahkan Linux-pun tidak dapat berkembang secantik sekarang tanpa Windows. Bagaimana tidak GUI yang manis milik Linux kebanyakan didesain dengan menggunakan Photoshop dan AI yang dalam catatannya berjalan di atas Windows.

    Lagi pula siapa yang akan melakukan dual boot di zaman seperti ini (kecuali kita-kita yang cukup gila), bahkan kebanyakan para pengguna Android pun tidak sadar kalau dirinya sedang menggunakan Linux😆.

    Ya, UEFI memang teknologi yang baik, namun bisa digunakan untuk tujuan buruk – seperti monopoli. Semua tahu wajah “iblis” dari Microsoft, dan bahkan mereka masih tetap menggunakannya, karena menerima keunggulan yang ditawarkan.

    Tapi coba lihat Google dengan Androidnya, Android adalah OS berbasis FOSS. Tapi kenapa saat diaktifkan harus memasukkan akun Google? Itu kan sama saja monopoli, kenapa bukan Yahoo atau MSN atau mungkin akun dari server saya sendiri. Ubuntu juga tidak jauh berbeda. Linux Mint juga bermasalah saat memonopoli penghasilan dari Banshee. Makanya saya masih setia jadi “little greeny geeko” yang masih cukup fair😀.

    Apapun teknologinya paten ataupun terbuka, kedua-duanya riskan akan monopoli. Kalau mau jujur, pengembang Windows, Apple dan Linux sama-sama memiliki celah monopolinya, hanya saja Windows dan Apple terang-terangan.

    Bill Gates punya ribuan karyawan yang harus diberi makan termasuk keluarganya, sejumlah yayasan kemanusiaan yang bergantung pada paten dari orang-orang yang bersedia jujur membeli produk Microsoft yang legal.

    Jadi kita tidak bisa melihat hanya dari sebelah kacamata saja😀

  • 3. gadgetboi  |  January 18, 2012 at 10:52

    well everyone has their own opinion about this:mrgreen:
    @r10: saya pun akan mendukung kalau tujuannya keamanan bagi pengguna (terutama yang awam) tapi kita tidak bisa menutup mata bahwa hal itu tidaklah mungkin dilakukan. tidak ada sistem yang sempurna. walau saya tidak se-ekstrim RMS, yang menyebutkan “software seperti resep masakan yang tidak bisa ditutup-tutupi” tapi saya yakin mereka yang tidak suka akan mendobrak melalui celah-celah yang ada. Pendapat (bodoh) saya sih, “mengapa mesti repot harus ditutup?” yang ada (calon) konsumennya harus didik dan diberikan informasi tentang bagaimana bahayanya bajakan bagi mereka dan juga (kantong) microsoft😆 … seandainya microsoft lebih terbuka dengan komunitas. Jangan sampai Microsoft tersandung di Amerika sebagaimana mereka di Eropa.

    @cahaya: masalah keamanan saya sangat setuju dengan Kevin Mitnick, bahwa sebenarnya sistem secanggih apapun kalau orangnya ceroboh maka tidak ada gunanya. kecerobohan manusia tidak bisa ditutupi dengan canggihnya sistem. lagi-lagi penyuluhan lah yang harusnya di galakan:mrgreen:

    mengenai monopoli; ini memang penyakit manusia:mrgreen: kalau sudah berkuasa maka sering sekali berkeinginan menjadi “big brother”. Apple setelah sukses pun menjadi seperti sosok yang dibencinya, korporasi.
    Kalau Microsoft memang sudah dari dulu mencanangkan untuk menjadi korporat:mrgreen:
    Slogan google yang “don’t do evil” pun sepertinya akan berakhir menjadi slogan belaka. begitupun dengan Ubuntu dan Linux Mint mungkin (siapa yang tahu …) . Tapi paling tidak Ubuntu dan Linux Mint berjanji akan selalu mengratiskan “dagangan” mereka. satu hal yang tidak akan pernah di lakukan oleh Apple dan Microsoft toh:mrgreen:
    mengenai bill gates menjadi biggest philanthropy in the world, mmm … benarkah hanya dari microsoft? kan foundation bisa melalui donasi?:mrgreen: … Do you really think Bill Would give out his money easily?😆 … for crying out loud bli, dia orang yang (tega) mencharge windows ke negara miskin yang ingin memiliki windows untuk edukasi.

  • 4. alief  |  January 18, 2012 at 11:07

    seua sudah mengungkapkan pandangan masing masing. saya gelar tiker saja sambil memperhatikan apa yang sedang dibicarakan…🙂

  • 5. Cahya  |  January 18, 2012 at 11:17

    Lha, masa jualan ndak tegaan Mas Rangga😆.

    Kalau saya menjual kepingan Ubuntu, boleh kan saya menjualnya lebih mahal dibandingkan sekeping Windows Genuine😀.

    Kalau berbicara masalah donasi, saya jadi ingat film “machine gun preacher” – ya, seberapa besar sih donasi juga😆.

    No body know.

    Kebetulan Microsoft menemukan cara tepat mengamankan sistemnya, kebetulan juga bisa mempertahankan kekuatan bisnisnya. Orang bilang sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui, bukankah itu kata-kata nenek moyang kita juga, he he….

    Ya, Mas Rangga benar, tidak ada yang mau memberikan uang dengan mudahnya. Tidak Bill Gates, tidak juga saya. Tidak juga Canonical ataupun Novell. Hanya saja pendekatannya yang berbeda, antara yang bertanduk dan yang bersayap putih😆.

  • 6. honeylizious  |  January 18, 2012 at 11:36

    wah saya nggak paham-paham amat masalah ini, tahunya beli terus pake aja, apa yang ada ya itu yang digunakan😀

  • 7. gadgetboi  |  January 18, 2012 at 16:56

    @Cahaya: Jualan juga kan ada etikanya:mrgreen: . Jangan mentang-mentang produk jualan kita dibutuhkan sekali oleh semua orang kita bisa seenaknya … presepsi saya mengatakan Microsoft demikian:mrgreen:😆 … saya paham kalau memang hasil jerih payah kita harus dihargai (dengan bentuk uang, misalnya) tapi kan ada batasannya. 6 edisi windows (Home basic, Home premium, starter, unlimited, professional, enterprise) ckckck ..😆 …

    Kalau Bli menjual Ubuntu lebih mahal dari Windows sah-sah aja … saya pun sah-sah aja engga membelinya😆 … karena saya memiliki pilihan (distro) lain …:mrgreen: Tapi lain soalnya kalau kita sudah ketergantungan sekali dengan suatu produk dan itu dimanfaatkan oleh pembuatnya dan mencoba “membunuh” pesaingnya secara pelan-pelan melalui “lobi-lobi Yahudi” … mmmm …

    ARM mungkin awal saja, bagimana bila Intel, AMD, VIA, SiS, dll *lebay parnonya:mrgreen: *

    Masalah foundation-nya beliau, mmmm … semenjak Zaman pak harto pun demikian😆 …

  • 8. niee  |  January 19, 2012 at 16:38

    indonesia pasti bisa modifikasi lah yak :p

  • 9. arip  |  January 19, 2012 at 21:17

    “Penghalang” itu harusnya dijadikan sebagai tantangan bagi pegiat Linux.😀

    saya hanyalah budak dari sistem kapitalisme.

  • 10. iskandaria  |  January 20, 2012 at 15:50

    Saya sudah baca kabar ini sejak beberapa hari yang lalu. Belum terlalu mengerti dengan dasar teknis keputusan tersebut. Bahkan saya juga belum ngerti bagaimana bisa sistem dual/multi-boot bisa mengancam keamanan sistem operasi Windows (seperti kata mas Cahya). Logika saya, kan antar sistem itu terpisah, walaupun masih dalam satu komputer yang sama.

    Kalaupun memang ada ancaman keamanan pada sistem multiboot, mungkin bisa dijelaskan lagi persisnya bagaimana (cara kerjanya). Senggol mas Cahya😆

  • 11. Sriyono Semarang  |  January 20, 2012 at 20:31

    Ikut gelar tiker aja ndengerin mastah mastah presentasi papernya…😀

  • 12. gadgetboi  |  January 20, 2012 at 21:30

    @iskandaria: mungkin karena dengan linux, windows sangat mudah “dibongkar” passwordnya. saya pun suka membongkar password windows dan meresetnya kalau ada teman yang lupa dengan menggunakan ubuntu saja. itu baru satu hal yang bisa kita lakukan dengan linux, entahlah apa masalah lainnya. tahu lah sendiri, pencipta windows kan selalu paranoid.:mrgreen:

  • 13. Ditter  |  January 21, 2012 at 07:05

    Yah, begitulah korporasi. Kalau ada pihak yg dianggap menghambat kemajuan dan pertumbuhan, maka akan “diincar”….

    Komputer saya nggak dual boot nih, soalnya bagi saya kok kesannya ribet. Mungkin karena belum tahu manfaatnya kali, ya. Yah, saya memang pengguna komputer yg biasa-biasa saja, maksudnya jarang banget ngutak-ngatik komputer, hehe….

  • 14. rolas  |  January 21, 2012 at 17:49

    Well, kalo saya kok malah seneng ya *ups* Setiap ada yang tanya ke saya gimana caranya memulai belajar linux saya selalu bilang: mulailah dengan menginstallnya di komputer dan jangan dualboot :p

    Kalau mau fair seharusnya microsoft tidak hanya membuat teknologi yang hanya membatasi produk mereka untuk dibajak, tapi lindungi juga aplikasi yang berjalan diatasnya, imho.

  • 15. Cahya  |  January 23, 2012 at 15:21

    Pokoknya diterama saja kalau ada secure boot, sudah saatnya Linux mandiri, lha?😆.

  • 16. irfanhanafi  |  January 24, 2012 at 13:09

    #Ancang-ancang beli Macbook, dan didual OS dengan Linux..😛

  • 17. tuxlin  |  January 25, 2012 at 16:58

    Pake mac (hackintosh) aja, xixixixixi

  • 18. die  |  January 26, 2012 at 23:09

    Andai aku Bill Gate, sudah sejak windows98 hal ini aku lakukan😦
    Lagian gak apalah kompi yang ditanam windows8 tidak bisa dual boot dengan OS lain, bisa pake doble harddisk (gantian;masih wacana sendiri).

    Kalau mau pakai linux, ngapain juga beli kompi dengan OS Windows8 terpasang? saya kira opsi beli laptop baru dengan non OS lebih maknyus? loh? lha kalau mau pasang windows OM Torrent ngasih gratis (…..)

  • 19. Ilham  |  January 30, 2012 at 20:04

    wah sampe segitunya ya om bill gates… apa karena banyaknya open source gratis yang beredar atau karena dianya aja yang gak bisa bikin ide yang orisinil dan menjual..😳 moga2 aku bisa kesampean punya macbook.. *ngarep*

  • 20. Jason  |  March 27, 2013 at 13:27

    @gadgetboi
    Dapet info dari mane tuh?
    Di kompieku ada windows 8 n linux mint koq bisa?:mrgreen:

  • 21. gadgetboi  |  March 30, 2013 at 06:37

    @jason: ini berita jadul om:mrgreen: duluuuu banget. sekarang komunitas linux bisa membypass blokir-an microsoft. tapi konon tidak semua laptop bisa dualboot win8/linux. pengguna beberapa tipe samsung ada yang kecewa karena secureboot-nya benar-benar memblokir os alternatif. kalau distro yang support alias bisa untunk dualboot itu berasal dari turunan redhat/fedora dan juga ubuntu. distro slackware dan para linux jadul belum bisa saya konformasi.

    sekedar ingin tahu, kamu pake laptop atau desktop? kalau desktop sih kayaknya engga ngaruh deh:mrgreen: CMIIW

  • 22. MAMBA  |  October 11, 2013 at 09:27

    win8 sama igos8 nyaman aja tuh….

  • 23. gadgetboi  |  October 11, 2013 at 09:30

    @MAMBA: Sekarang sih udah engga masalah … ini kan postingan awal kemunculan win8 …. -_-!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Gadgetboi’s Blog

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 759 other followers

translate this blog

ubuntero

The Ubuntu Counter Project - user number # 29030

Try Manjaro Linux

Unduh Blankon

Download Linux Mint

Calender

January 2012
M T W T F S S
« Dec   Feb »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Recent Posts

Categories

Archives

How Many People lost here?

  • 476,597 people

Online…Online

IP
free counters
Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net
Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net

Check Me IF I’m Online

Support This!

No Smoking
Counter Powered by  RedCounter

%d bloggers like this: