Sorry Lisa … I’m Still With Katya

November 9, 2011 at 17:47 30 comments

Akhirnya Linux Mint memberikan kejelasan prihal rilisan barunya:mrgreen: .  Sekedar informasi bagi yang tidak tahu, kalau Linux Mint memang masih mengekor Ubuntu untuk rilisan terbarunya. Jadi Jika Ubuntu merilis Versi terbarunya, Nanti dalam selang beberapa minggu atau bulan, Linux Mint merilis versi terbarunya.

Banyak yang bilang kalau linux mint merupakan versi “pragmatis” dari Ubuntu. Dimana Ubuntu yang merupakan distro idealis selalu memberikan terobosan-terobosa yang seringkali mengagetkan penggunanya. Belum lagi dengan idealis-nya Ubuntu tidak pernah menggunakan aplikasi-aplikasi atau codec yang masih dianggap non-free. Otomatis masih banyak pengguna yang belum mengenal linux enggan beralih dari Windows karena hal tersebut. Ada sih proyek dari para fans yang membuat Ubuntu menjadi lebih bersahabat dengan pengguna baru seperti Ubuntu Ultimate atau Super Ubuntu namun tidak membuat distro tersebut sukses merebut hati pengguna awam (termasuk saya) karena update-annya masih berdasarkan Ubuntu. Seperti kita ketahui bahwa Ubuntu merupakan distro komunitas sepertihalnya kebanyakan distro lainnya, update-an Ubuntu seringkali “menyesatkan” pengguna awam.

Berbeda dengan Linux Mint yang benar-benar proyek ini sedari awal menyasar kepada pengguna awam. Berbagai hal dipikirkan oleh sang pengembang distro ini. Misalkan menu-nya yang sangat membantu pengguna Windows beradaptasi dengan linux, aplikasi lengkap dengan codec untuk multimedia sehingga pengguna awam bisa langsung menggunakan distro ini langsung setelah diinstall, belum lagi driver seperti wifi dan sebagainya ketika diinstall sudah terkonfigurasi dengan baik (catatan: jika driver tersebut tersedia sebagai bagian dari proyek opensource). pokoknya tinggal pakai lah:mrgreen: . Yang lebih penting adalah masalah update sistem tidak setiap saat seperti Ubuntu!😀 … karena sudah menjadi kebijakan pengembang bahwa distro ini harus stabil, maka update pun tidak akan disertakan kalau belum teruji benar. sehingga jujur saja saya jauh lebih hemat penggunaan Bandwidth ketika menggunakan Linux Mint ini *tentunya ini kabar baik bagi MKV  dan torrent:mrgreen: :blush:

Setelah beberapa minggu pasca peluncuran Ubuntu terbaru akhirnya pihak Linux Mint  membuka suara bagaimana kelanjutan proyek Linux Mint 12 yang kali ini bernama Lisa. Ternyata Linux Mint sudah memiliki ancang-ancag akan menggunakan GNOME Shell dengan dirilisnya tampilan Menu terbaru Untuk GNOME 3 nantinya.

 

Ternyata Linux Mint sudah memikirkan kenyamanan penggunanya jauh-jauh hari, mengingat Gnome 3 banyak dikecam oleh pengguna Desktop Environment. Bahkan Sang kreator Linux pun merekomendasikan untuk beralih ke XFCE (varian Desktop Environment yang jauh lebih ringan untuk system).  Linux Mint sendiri tidak menggunakan GNOME 3 atau pun Unity seperti Ubuntu di rilisan terakhirnya (Linux Mint 11 katya), tapi tetap menggunakan Gnome klasik (versi 2.xx) yang terbukti lebih stabil. Mungkin Pengembang Linux Mint berfikir bahwa Gnome 3 (yang kini sudah memasuki versi 3.2) sudah dianggap stabill atau mungkin Linux Mint akan mengikuti perkembangan zaman:mrgreen: mengikuti distro-distro linux pada umumnya … Terserahlah yang penting bagi saya fungsi desktop yang ada pada Linux Mint sebelumnya jangan dihilangkan. Jujur saja sebagai pengguna komputer, saya ingin desktop saya tampilannya seperti desktop, bukan seperti ponsel pintar seperti Apple atau Android:mrgreen: Makanya itu saya suka sekali tampilan Windows 7 yang menurut saya merupakan tampilan desktop sempurna saat ini (Tampilannya saja sih … kalau dalemannya sih jauh dari kata sempurna😆 )

Maka itu sepertinya saya tidak akan beralih ke Lisa, karena  Katya sekarang sudah bisa menggunakan GnoMenu! yay! :dance: …

Berkat bimbingan master linux muda Irfan Hanafi, saya bisa menggunakan Gnomenu tercinta!

Gnomenu and dockx on Linux Mint 11 Katya

Compiz, beres, Emerald sudah normal, sekarang Menu tercinta sudah rampung. Mau apa lagi😀 Makanya itu saya sangat berat meninggalkan desktop ini … UNtuk kedepan hingga nanti Rilisan ubuntu LTS terbarunya saya sepertinya engan mengupgrade Katya.

Jadi Sorry yah Lisa, sepertinya saya akan meng-skip kamu dari kehidupan per-linux-an dan juga dari laptop saya. Tapi kalau Benwit berkenan saya akan mendownload kamu untuk sekedar icip-icip saja😆 … KALAU benwith berkenan ….:mrgreen:

Entry filed under: Ubuntu Tips and Story. Tags: , , , , , , , , , , .

Flash: Habisnya secepat kilat! November Rain untill December …

30 Comments Add your own

  • 1. Cahya  |  November 9, 2011 at 17:52

    Tsaah…, mari hindari compiz dan emerald😀. #kabur

  • 2. Padly  |  November 9, 2011 at 20:34

    Maaf Lisa dan Katya! Aku sudah kepincut Joli.😀

  • 3. irfan handi  |  November 9, 2011 at 23:09

    Lisanya buat saya aja mas. he . . .😉

  • 4. Asop  |  November 10, 2011 at 11:00

    Masya Allah… saya pikir Bang Rangga bakal ngomongin cewek!😆

  • 5. iskandaria  |  November 10, 2011 at 17:14

    Ha..ha.. AJib..Ajiiib.. Yang jelas, Gnome 3 (Gnome Shell) sama sekali nggak jalan di laptop saya yang menggunakan chipset VGA SiS😦 Tapi dari penjelasan pengembang Linux Mint, sepertinya mereka sudah memikirkan hal itu dengan membuat/menambahkan fitur kustomisasi bagi pengguna yang tidak suka Gnome 3 atau tidak bisa menggunakannya. Saya tetap pengen nyicipin si Lisa, walaupun belum tentu akan saya gunakan secara permanen.

  • 6. Ikky21  |  November 10, 2011 at 18:11

    Hihihi.. Sepemikiran kayak bang Asop.
    Rupanya Linux inside:mrgreen:

  • 7. niee  |  November 11, 2011 at 20:56

    Waahh andai menginstall linux dan menggunakannya sama mudahnya dengan menggunakan windows yak.. pasti aku beralih ke ubuntu deh..

  • 8. r10  |  November 12, 2011 at 11:33

    Unity yg bikin orang kesal dgn ubuntu krn unity blm stabil

    Aku sendiri baru kali ini bersemangat dengan linux mint, Ga sabar mau segera menjajal via VBox

  • 9. Abed Saragih  |  November 12, 2011 at 12:16

    cuma mengabarkan bahwa saya udah pindah ke rumah baru mas bro…🙂

    Sekalian link saya diganti ya menjadi disave,,link mas bro juga udah saya pasang🙂

    Ditunggu kunjungan dan komentarnya🙂

  • 10. Fonega  |  November 13, 2011 at 09:47

    hehehe aku ga mudeng habis ga tertarik sama dunia linux sih –‘a

  • 11. Fad  |  November 13, 2011 at 10:21

    aku pernah menonton tampilan linux di youtube, keren sekali yang ubuntu klo nggak salah,, efek2nya.
    cuma belum pernah mengoperasikannya secara langsung..katanya agak susah…

  • 12. tuxlin  |  November 13, 2011 at 16:05

    hahahahaha… q juga gak suka sama gnome3 or unity, aneh dan gak biasa, oya ada PR dari saya mas bro http://tuxlin.wordpress.com/2011/11/13/kenangan-masa-sd/

  • 13. kangtatang  |  November 14, 2011 at 09:18

    asyik… Download neng Lisa ah…😀

  • 14. johnterro  |  November 17, 2011 at 13:00

    saya dulu pengguna ubuntu
    sejak ubuntu update terus … PC ku ga kuat
    cuma bisa sampe 9.04 saja
    akhirnya sekarang aku pindah ke Debian😀

  • 15. sibair  |  November 17, 2011 at 13:55

    makinnn keren aja linux mint >.<

  • 16. alief  |  November 18, 2011 at 09:34

    waduh…, baru icip-icip gnome 3 dari open sus, dibilangnya notebooku gak mampu mengeksekusinya, masa si lisa mau latah ke gnome 3 juga sih, jadi kan akku gak bisa menikmatinya….😦

  • 17. Dhenok Habibie  |  November 18, 2011 at 11:35

    hahahaha, dhe kirain Lisa itu nama orang.. #gubrak😀

  • 18. helgaindra  |  November 19, 2011 at 13:47

    saya baru tau nih linux mint
    tapi sampai sekarang masih tetep make ubuntu kok

  • 19. sulunglahitani  |  November 21, 2011 at 23:53

    kirain td tulisan buat cewek, mas. hehe

  • 20. niccaniez  |  November 22, 2011 at 20:22

    Wah…saya pikir ngomongin teman saya,Lisa. tp sebuah ilmu baru nih…,makasih ya…,

  • 21. onesetia82  |  November 22, 2011 at 23:01

    Lisa mana gan . . . ?
    salam kenal aja gan . . .🙄

  • 22. sanjati  |  November 23, 2011 at 22:30

    dulu juga pernah pake katya dan karena kayaknya gak cocok ma saya (masalah yang ada seperti mas bro ini dulu),akhirnya kembali ke pangkuan ubuntu 10.10. Sekarang bersanding dengan oeneric gnome shell, ternyata lebih mantap dan terasa lebih glow tampilannya. Karena ternyata menggunakan linux itu perlu kesabaran dan ketekunan💡🙂

  • 23. workshop bisnis online  |  November 25, 2011 at 12:25

    berkunjung sob..salam blogger
    sukses selalu yah..:)

  • 24. jarwadi  |  November 26, 2011 at 11:57

    pengen sebenarnya sekali kali menjajal linux mint dan distro yang lain🙂

    sedang ngumpulin duit buat beli pc yang khusus buat mengoprek😀

  • 25. Exsat  |  November 26, 2011 at 18:20

    mas sya ingin minta referensi dr mas, lbih bak pakai linux ubuntu pa linux mint, di lihat dr kestabilannya sama keentengannya mas. Sya ingin mencoba lnux soalnya. Thanks

  • 26. die  |  November 28, 2011 at 01:01

    Ubuntu sepertinya distro linux gratis tetapi memakan biaya perawatan yang mahal.

    Lebih ajib windows7…

  • 27. Ditter  |  November 29, 2011 at 07:35

    Terus terang saya nggak terlalu ngerti masalah per-Linux-an, karena selama ini menggunakan W*ndows.
    Tapi, ngeliat screenshot di atas, tampilan Linux Mint 11 Katya keren banget, ya. Moga-moga dalemannya nggak, hehe…..

  • 28. gadgetboi  |  November 29, 2011 at 14:47

    @Exast: yah pastinya Linux mInt:mrgreen: saya merasakan betul kalau distro linux mint mementingkan kestabilan dengan hati-hati merilis update yang merupakan update dari ubuntu. pokoknya mint benar-benar memanjakan pengguna awam linux😀 silahkan coba

  • 29. beoding  |  December 1, 2011 at 20:14

    sepertinya dari sisi tampilan kerenan linukmint ini ya ketimbang ubuntu

  • 30. Dina Aprilia  |  December 2, 2011 at 13:28

    yaahh…kirain tadi apaan….

Leave a Reply

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Gadgetboi’s Blog

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 759 other followers

translate this blog

ubuntero

The Ubuntu Counter Project - user number # 29030

Try Manjaro Linux

Unduh Blankon

Download Linux Mint

Calender

November 2011
M T W T F S S
« Oct   Dec »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Recent Posts

Categories

Archives

How Many People lost here?

  • 476,237 people

Online…Online

IP
free counters
Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net
Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net

Check Me IF I’m Online

Support This!

No Smoking
Counter Powered by  RedCounter

