Nostalgia dan ngabuburit bareng Michael Jackson

August 19, 2011 at 14:40 36 comments

michaeljacko

Saya tahu, Judulnya sedikit horor yah lmao

bagaimana mungkin mendiang ngabuburit bareng saya tongue yahoo

Tidak … tidak … saya tidak berbicara horor dan sebagainya. saya sedang membicarakan game arcade (ding-dong) klasik yang selalu menghiasi di tempat-tempat bermain anak-anak, bioskop dan mall-mall di tahun 90-an doeloe grin

Masih ingat kan?

 

Akhirnya setelah saya muter-muter di dunia maya. ikut nimbrung di forum-forum komunitas pencinta game jadul, saya berkesempatan memainkan kembali game yang pernah menjadi game favorit saya ini di akhir 90 (alasannya simpel, game ini doang yang masih seharga 100 perak mainnya tongue_002 lainnya udah 200 ke atas).

 

Dulu game ini memang game yang selalu menemani saya ngabuburit setelah pulang sekolah. dengan modal 500 perak dari sisa uang jajan yang tidak kepake saya selalu ke tempat ding-dong yang sebenarnya tidak terlalu jauh dari rumah. Dasar anak kecil kali yah, engga ada kata capek naik sepeda siang-siang (puasa lagi!) kalau ini sudah menyangkut main hehe

 

Di bulan Ramadhan ini saya teringat kembali dengan game ini, oleh karena itu saya pun mencari game versi emulatornya. Mengapa Emulator? karena (mungkin) ding-dong-nya sudah engga ada kali lmao dan bagusnya di zaman yang canggih ini semua ada di Internetbanana_cool

Tidak mudah loh mendapatkan game ini secara utuh. karena game berjenis MAME ini tidak seperti nintendo dan lain-lain yang mudah sekali mendapatkan ROM-nya. Games berjenis MAME atau game-game arcade lainnya memang harus di setel dulu agar bisa dimainkan. pusingnya menyetel (Setting)  game ini seperti ketika mau menginstal program file dari Linux. kita harus mencari depedencies dan sebagainyadoh

Sempat frustrasi juga *lebay* hingga mondar-mandir ke forum satu dan lainnya mencari orang supaya mau menunjukan tutorialnya agar saya dapat bisa memainkannya. Namun usaha tersebut tidak berhasil sampai ada seorang user yang menunjukan link download ke sopwer bersaudara cool plurk

Asyiknya di link tersebut saya tinggal download dan main!woot enggak ada tuh harus configure bla bla bla  semuanya sudah disettingin, kita tinggal main! alias sudah ada emulator dan rom-nya in one pakage!

Cara memainkannya:

Download di bawah ini

1. Download Now server 1

2. Download Now server 2

buka zip file lalu masuk ke foldernya

Tinggal klik ikon MAME-nya, setting dikit kontrolnya dan mainkan!2thumbup

mame Untuk pengguna linux bisa juga kok memainkan game ini. Tinggal instal XMAME dan kopi ROM dari folder ini, pindahkan ke folder ROM XMAME di Linux dan anda pun suap memainkannya!gym

 

mjmoon

moonwalkerJ

 

Kesan dan Pesan (halah tongue yahoo )

Pertama kali memainkannya (setelah sekian tahun) saya sedikit aneh. “Inikah yang saya mainkan dulu?”. Jujur saja, sedikit beda dari tampilan … setelah mendapat penjelasan dari user yang memberikan link download, akhirnya saya baru tahu bahwa memang akan terdapat perbedaan “suasana” memainkannya dengan emulator dengan memainkannya di ding-dong. Permasalahannya tentu karena di ding-dong menggunakan monitor tabung dan soundcard yang mendukung teknologi pada zamannya. Sehingga pada saat dimainkan di mesin modern maka akan terlihat “ngedrop” kehebatannyashock

Sebenarnya bisa saja tampilannya “diupgrade” agar suasanya mendekati dengan “sensasi ketika memainkan di arcade” namun harga yang harus di bayar sangat mahal, yaitu harus memiliki spek komputer yang mumpuni dan terkini. Sehingga saya lupakan jauh-jauh angan-angan mau memainkannya dengan “sensasi” itu hehe 1 … Mungkin kalau saatnya tiba saya bisa mencicipinya.

Saya cukup bahagia (akhirnya) bisa memainkan game yang dulu mau main saya harus nge-modal uang cepe-an evil smile Lumayanlah akhirnya saya tidak perlu lagi memasukan koin ketika ingin memainkannya hingga tamat. Dan kabar baiknya saya sudah menamatkan permainan ini yupi

Akhir kata SELAMAT BERNOSTALGIA!! (bagi yang pernah memainkannya di masa kecilsmile plurk) dan selamat ngabuburit!!! semangat monyet 

Entry filed under: Lets Play Classic Games!. Tags: , , , , , , , , , , .

Merdeka Dengan Pattimura Yang Penting Lebaran

36 Comments Add your own

  • 1. Dhenok  |  August 19, 2011 at 22:18

    ding dong yaa?? hahahaha, saya lupa gimana maennya.. dulu kalo mo maen ini harus ke terminal dulu, coz cuma disitu yang bertahan lama game ini..

  • 2. Anggie  |  August 20, 2011 at 06:10

    Masih enakkan ding dong beneran, joystick dan pegangan tangannya itu loh, tak tergantikan😉

  • 3. willyafurqan  |  August 20, 2011 at 08:18

    Hhheehehe.. Ane juga main ini game di ding-dong. Abis itu main di sega.. gaul deh

  • 4. gadgetboi  |  August 20, 2011 at 09:02

    @dhenok: terminal mana nih? di terminal sini juga dulu ada tempat ding-dong yang paling lama mempertahankan game-game jadul:mrgreen:
    @Anggie: iya lah!😆 pengalamnnya, sensasinya tidak akan tergantikan dengan emulator. tapi paling enggak kangen saya terobati:mrgreen:
    @willyafurqan: ane juga main yang versi seganya (dan punya kasetnya!😀 ). tapi menurut ane bagusan yang dingdong … lebih seru hehehe

  • 5. Zippy  |  August 20, 2011 at 22:47

    Dingdong? Hhahaha…
    Keren tuh, jaman saya SD eksis banget permaianannya😀
    Bisa dipastiin rela gak jajan buat main dingdong😆
    Eh..tapi soal game ini, saya baru tau😀

  • 6. gadgetboi  |  August 21, 2011 at 00:13

    @zippy: masak sih? ini game paling ngetop setelah tekken loh😀

  • 7. mobil butut  |  August 21, 2011 at 00:49

    ding dong yang bikin ketagihan, sempat merasakan seribu tukar 10 koin, 2 jam betah di pinggiran gedung bioskop

    sekarang pilih yang instan aja pake stick getar😆

  • 8. gadgetboi  |  August 21, 2011 at 05:45

    @mobil butut: emang sekarang sudah eranya home video gaming:mrgreen:

  • 9. r10  |  August 21, 2011 at 11:07

    kayanya pernah saya mainkan di nintendo dulu he he

    ga mau coba jualan amazon di wp.org? boleh kok adsense gabung sama amazon, malah dari tutorial yg aku baca dr internet, sangat disarankan menggabungkan GA dgn amazon

    *kasih tahu aku fb kamu di blogku dong:mrgreen:

  • 10. xrismantos  |  August 21, 2011 at 12:12

    hahaha…MAME ya. kalo saya koleksi ROM nya Metal Slug 1, 2, 3, 4 dan saya mainkan semuanya sampe tamat😀

  • 11. iiNgreeN  |  August 21, 2011 at 15:57

    ya ampun ding dong……..

  • 12. Irfan Handi  |  August 21, 2011 at 18:33

    Saya udah jarang ngegame sekarang.

  • 13. riez  |  August 22, 2011 at 04:53

    Jaman ding-dong saya masih kecil….

  • 14. Red  |  August 22, 2011 at 12:48

    game jacko yg gue maenin dulu yg versi SEGA 16 bit judulnya moonwalker. sampe sekarang masih gue maenin di laptop cuman untuk dengerin musiknya (nostalgia.com). yg versi MAME ini gue belum pernah lihat…….

  • 15. omagus  |  August 22, 2011 at 14:44

    asyiik..!

    lumayan buat nunggu bedug..!

    tapi jalan nggak di ubuntu yah..? (thinking)

  • 16. omagus  |  August 22, 2011 at 14:45

    wah keburu buru komeng, ternyata dah di tulis bisa mainin di linux..!

    sedooot..!

  • 17. @zizydmk  |  August 23, 2011 at 12:26

    Eh? Saya belum pernah mainin ini.

    Pengen nostalgia main prince persia😀

  • 18. Marchei Riendra  |  August 23, 2011 at 14:06

    hahhaha…. saya belom pernah main ding dong,,,
    lumayan buat nunggu bedug maghrib…

  • 19. Tiiand  |  August 23, 2011 at 16:25

    saya juga ada game Metalslug lho ! 6 versi lagii..

  • 20. Alid Abdul  |  August 23, 2011 at 17:18

    hadeh gak demen main game, soalnya kalah mulu klo main haha

  • 21. @helgaindra  |  August 24, 2011 at 06:02

    itu tampilannya kaya nintendo hahaha
    tai sayang banget saya blom begitu tertariik maeninnya
    efek perkembangan jaman kali ya
    :p

  • 22. Legy Masyhury  |  August 24, 2011 at 06:06

    Wew.. kayaknya seru tuh game, saya juga penggemar game, cuma suka lupa waktu kalau sudah main. hihi…😀

    ntar di download lah..

  • 23. nico  |  August 25, 2011 at 10:59

    busyet ini udah lama banget

  • 24. ageng  |  August 25, 2011 at 14:59

    Ding-dong ya? Kedengaranya tidak asing, tapi saya belum pernah main sama sekali. pengen download, tapi koneksi leletnya lagi parah. Huhuhu

  • 25. sulunglahitani  |  August 25, 2011 at 23:27

    wah, game ding dong yang saya tahu cuma tekken😀

  • 26. dina.thea  |  August 26, 2011 at 09:21

    kayanya pernah deh maen game arcade, tapi bukan yg michael jackson, ntar dicoba ahh

  • 27. Ifan Jayadi  |  August 26, 2011 at 13:36

    Aku juga waktu kecil disaat bulan puasa kerjaannya main game. Rasanya enak karena bisa membunuh kebosanan dan menjadi sarana untuk menghilangkan rasa haus dan lapar🙂

  • 28. denydeyn  |  August 26, 2011 at 22:41

    senyum senyum sendiri pas lihat kata “Push Start” di screenshoot nya😀
    jadi ingat masa mudah dulu *berasatua :p

    apaan tuh genre game MJ nya, kok seperti lawan monster, sepertinya seru😀

  • 29. Zulmasri  |  August 27, 2011 at 05:28

    dulu suka ngegame, sekarang sangat sangat sangatlah jarang

  • 30. dedekusn  |  August 27, 2011 at 06:47

    Sip… berasa kembali kemasa dingdong, kemasa lalu… sy ikut nyedoot deh,
    thanks banget linknya.
    Salam!

  • 31. Danu Akbar  |  August 27, 2011 at 15:51

    hahaha.. ada2 aja mas🙂

  • 32. Irfan Handi  |  August 27, 2011 at 20:34

    “Minal Aidin Walfaizin, Mohon Maaf Lahir dan Bathin”

  • 33. akhmad fauzi  |  August 29, 2011 at 01:27

    Selamat hari raya idul fitri mohon maaf lahir dan batin

  • 34. r10  |  August 29, 2011 at 17:53

    saya suka game tapi ga jago main ding dong, mungkin krn merasa rugi aja musti bayar:mrgreen:

  • 35. Pendar Bintang  |  August 29, 2011 at 20:24

    Waaahhh, kayanya seru ya,…saya kebetulan bukan pecinta game jadiny akurang tahu….kalau yg sedang saya mainkan sekarang sih Angry Bird😀

  • 36. ndutyke  |  September 23, 2011 at 16:18

    dan bagusnya di zaman yang canggih ini semua ada di Internet

    >> indeed! hahaha… selamat bermain game ya!

Leave a Reply

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Gadgetboi’s Blog

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 759 other followers

translate this blog

ubuntero

The Ubuntu Counter Project - user number # 29030

Try Manjaro Linux

Unduh Blankon

Download Linux Mint

Calender

August 2011
M T W T F S S
« Jul   Sep »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Recent Posts

Categories

Archives

How Many People lost here?

  • 476,360 people

Online…Online

IP
free counters
Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net
Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net

Check Me IF I’m Online

Support This!

No Smoking
Counter Powered by  RedCounter

