Linux di RS

March 15, 2011 at 14:03 48 comments

Waduh … sudah lama nich enggak posting … … harap maklum lah kawan. selama hampir 3 bulan hidup saya bolak-balik Rumah Sakit. Boro-boro mikirin blog deh, bawaannya sport jantung melulu, selama di rumah sakit. Sumpah, sepertinya RS bukanlah tempat yang baik untuk orang sehat. mulai dari ngurus administrasi, jagain di ICU, lari-lari ke laboratorium ngambil hasil, di jutekin perawat, dll Kenyang dah ogut …

OK deh … kali ini saya enggak mau ngomongin RS deh … masih trauma …… mungkin nanti setelah saya sudah tidak mimpi buruk lagi (bayangin selama 2 bulan mimpi saya selalu di lingkungan rumah sakit! enggak bohong!) …. lagi pula pengalaman saya di RSCM siapa tahu bisa menjadi referensi kalian nantinya kalau di rawat di sana (saya doain jangan sampai deh!😆 )

…..

Kembali ke Laptop (belom punya Ipad ataupun gTab seperti mas riyogarta … jadi laptop dulu yah *apaan sih* )

Jujur, satu-satunya yang membuat saya selalu penasaran di RS adalah masalah IT mereka. seperti kita ketahui Rumah Sakit di Indonesia itu benar-benar buruk pengolahan ITnya (apa lagi di RS Pemerintah … ) sama sekali berbeda seperti pengalaman bapak Zatni Arbi (kontributor PCMEDIA) yang berobat di singapore. tapi jujur saja saya sedikit senyum ketika melihat komputer di ruangan perawatan ibu saya. saya tersenyum karena mereka menggunakan LINUX! bethulll sekali. Jujur saya kaget sekali di RS Pemerintah (RSUD bekasi dan RSCM) kok pake linux? kirain orang pemerintahan mah biasanya bukan hobi “cari-cari celah”? kan lumayan kalau windows XP di proyekin:mrgreen:. Nah ini Linux kan Gratis. enggak bisa “ehem … ehem …cincay…cincay” dong hahahah😆 . *negative thinking*

Walau (setelah mengamati) Linux di RS hanyalah digunakan untuk mengolah database pasien, tapi itu merupakan kemajuan sekali bukan? (paling tidak untuk Indonesia). Namun saya yakin sih, untuk OS-nya mereka tidak bayar, tapi untuk aplikasi database-nya sepertinya berbayar deh (soalnya terlihat profesional sekali tampilannya).

OK deh, sekarang kita bahas Distro Linux apa yang dipakai di masing-masing Rumah Sakit?

Di RSUD Bekesong Bekasi sendiri mereka menggunakan Mandriva Linux 2010 Free Edition! kenapa saya bisa tahu? soalnya Wallpaper mereka enggak diganti!😆 seperti dibawah ini

Gila! gak nyangka banget saya … dan mereka pun lebih memilih KDE sebagai Desktop Environment-nya, mungkin karena lebih mirip Windows kali ya?. Yang Jelas saya kasihan sama Ahli IT mereka. Kan Mandriva supportnya pendek😆 jadi harus Install Ulang terus setiap ada rilis baru nich

Di RSCM sendiri lebih memilih Ubuntu sebagai OS untuk mengolah Database Pasiennya. tapi kok saya bingung, kenapa mereka enggak install Lucid aja yah? kan support 3 tahun?  malah Ubuntu yang terbaru?. kok saya tahu? ya iya lah, soalnya di LCD TV (yang dikhususkan untuk slide screen) sempet minta update:mrgreen: ketauan deh pake Maverick😆

Di RSCM, untuk database pasien menggunakan UBUNTU terbaru!!

hehehe … Linux sekarang mulai merajalela di Indonesia! Jadi bukan hanya Om Rusmanto saja yang terkagum-kagum ketika melihat Linux di Bengkel, saya juga kagum RS sekarang sudah mulai Opensource. Semoga biaya dan obatnya nanti di masa yang akan datang bisa di FOSS-kan hehehe *kabur*:mrgreen:

Entry filed under: Linux, opensource. Tags: , , , , .

Pray for my mom: mohon doanya dari narablog Bukan Maksud Untuk Menghilang

48 Comments Add your own

  • 1. Cahya  |  March 15, 2011 at 14:30

    Lho, kok ndak pakai SUSE ya?🙂 – Saya rasa itu alternatif yang bagus, apalagi kalau turunan Debian katanya memiliki banyak aplikasi untuk bidang kesehatan, kan lumayan daripada beli lagi software-nya.

  • 2. gadgetboi  |  March 15, 2011 at 15:22

    @Cahaya: saya juga bingung😆 setahu saya OpenSUSE & Debian kan perhatian banget sama dunia kesehatan

  • 3. Irawan  |  March 15, 2011 at 20:19

    Kan kalau di RS ga perlu update tiap ada rilis baru… akhirnya posting juga…. Saya terakhir pegang linux awal tahun 2000an, waktu itu yang beken red hat ama mandrake… sekarang masih ada ga ya?

  • 4. Anggie  |  March 15, 2011 at 22:08

    Di RS Al-Islam justru beberapa client-nya sudah menggunakan OpenSUSE, walau sayangnya file servernya masih pake Novell Netware 5😐

  • 5. iLLa  |  March 16, 2011 at 00:46

    welehhh lama ga posting, pas mw kangen2an malah mbahas linux😆
    hey gimana kabar ibunya? sudah sehat kah? semoga cepat pulih seperti semula yaa🙂

  • 6. gadgetboi  |  March 17, 2011 at 00:51

    @Irawan: trus orang IT gunanya apa? Hehe. Emang pada males tuh, lha slide screen (daftar2 pasien) aja dibiarin error, ubuntunya minta update, mungkin terhubung ke internet (resepsionisnya lg fb-an kl gak sengaja kepencet update:mrgreen: ) … Kl Redhat sekarang vudah berbayar jadi RHEL (Red hat enterprice linux) yg gratisannya namanya fedora. Kl mandrake yaitu namanya udah berubah jadi Mandriva!

    @Anggie: ini juga semua client (setiap kepala ruangan) pake ubuntu (rscm) & mandriva (di rsud). Sayangnya itu, hanya sebatas transfer database dokumen pasien sama obat (di ruangan inap). Enga mencakup data file operasi, dll aliasgak sepenuhnya online. jadi pasien ngurus lagi😦

    @iLLa: abis masih trauma RS, jadi ingin rileks dgn cerita linux aja. Ibu saya gimana? ,….. Ya gitu deh …. Kirain udah bisa seger buger 3 bulan di RS. Gak taunya masih sakit tuh, walau emang udah gak tergantung sama selang, infus dll (nanti deh saya curhat yah, sekarang mau melupakan mimpi buruk dulu)

  • 7. Rumah Belajar Bumi Cendekia  |  March 17, 2011 at 14:10

    Baru mampir lagi nih.. saya juga udah lama gak tengok2 web ini hahaha

  • 8. andhy  |  March 18, 2011 at 00:24

    Linux memang sudah merakyat sekarang. Dulu waktu pertama pake linux tahun 2003 hanya beberapa universitas yang pake😀

  • 9. Wati  |  March 18, 2011 at 21:55

    Salut udah banyak yang pada pake linux🙂 saya masih belajar linux masih kaku.

  • 10. Frenavit  |  March 18, 2011 at 23:27

    Mantap.. berarti tujuan IGOS untuk mengenalkan linux sudah mendapatkan titik cerah nih.. hehehe… Mantap semoga linux semakin banyak yang menggunakan.. *eh saya belum* #ngilang.. hehe…

  • 11. Andy MSE  |  March 22, 2011 at 09:56

    apapun OS-nya, kalau sudah mau pakai opensource berarti kemajuan yang baik karena mengurangi ketergantungan.
    akhir 2006 saya pernah menginstall mandriva 2007 utk beberapa sekretaris desa di kampung saya. ternyata lancar juga digunakan untuk bekerja sampai 2010 tanpa update sampai komputernya pada almarhum hardware-nya…😀

  • 12. holichaxor  |  March 22, 2011 at 11:59

    kemajuan buat rumah sakitnya, salut pada sdmnya lah

  • 13. gerhanacoklat  |  March 22, 2011 at 16:19

    lho emang ngapain 3 bulan di rumah sakit?😀

  • 14. Asop  |  March 23, 2011 at 21:07

    Ya Allah, Bang Rangga, selamat datang kembali!😀

  • 15. Rusa  |  March 24, 2011 at 10:37

    pengen ada yg ngajarin Linux gitu sama Rusa🙂

  • 16. ridam  |  March 24, 2011 at 22:58

    di salah satu tempat pembelanjaan di dekat rumah saya pun menggunakan Ubuntu..
    maju terus linux indonesia..

  • 17. ndaroini  |  March 24, 2011 at 23:03

    tempat saya ada tuh yang obatnya sudah di foss kan. di rumah mbah mbah tukang jamu ;d

  • 18. alief  |  March 24, 2011 at 23:05

    jadi nie foss sudah makin meraja lela ya……

  • 19. iklanmu  |  March 24, 2011 at 23:09

    tu mungkin orang ti nya ngibul, kalau make linux juga harus bayar lisensi, jadi tetep untung deh………

    *tuing tuing negatif tingking, teringat cerita tentang kibulan penjual cd bajakan*

  • 20. Bunda bijak  |  March 27, 2011 at 15:25

    Saya juga senang mas

  • 21. zee  |  March 28, 2011 at 12:00

    Sebenarnya untuk instansi2 pemerintah seperti kantor or rumah sakit, pelayanan masyarakat, harus duluan paling updated soal teknologi ya. Kalau semua ke-record, kan enak.
    Di bbrp RS Swasta sih sudah computerize, cuma yah yg kecil2 sih belom ya….

  • 22. Aim  |  March 30, 2011 at 15:27

    Wah.. saya juga ikut terpesona karena ada linux di RS.😀

    Makin bangga saya pakai linux.
    (Ubuntu 9.10):mrgreen:

  • 23. kamaropini  |  March 30, 2011 at 18:52

    hehe, jarang loh, paling juga cuma 1 kompi linuxnya. hehe, tapi sudah bagus tuh, awal mula open souce di kalangan korporat.

  • 24. yuni80  |  March 31, 2011 at 17:46

    aku gak begitu tau tentang linux… pernah denger sich… hehehehe maklum agak gaptek😛

  • 25. yogieza  |  April 1, 2011 at 00:55

    baru tahu ada virus linux jenis mandriva sama ubuntu menjangkiti RS😀
    btw saya benci RS neh😦

  • 26. midcool  |  April 2, 2011 at 08:39

    Saya masih tidak tertarik dengan linux karena terbiasa dengan linux,
    pas nyoba linux malah gak paham sistem di dalamnya, walau udah nginstal nggak kepake sampai sekarang… :3
    Mungkin menggunakan linux biar gak rawan kali database RS-nya… :))

  • 27. fitr4y  |  April 2, 2011 at 17:06

    gak sia2 2 bln bolak-balik RS, jadi tau rahasia mereka .. hehhe 🙂

  • 28. ocha  |  April 4, 2011 at 03:37

    semua instansi pemerintah harus menggunakan open source software paling lambat akhir tahun ini..sesuai dengan program IGOS..mau daftar CPNS aja harus bisa OpenOffice dan beberapa open source software, koq.. ngga bisa? kelaut aja..eh salah, ga usah daftar CPNS aja😆😆 hidup open source!

  • 29. sibair  |  April 5, 2011 at 19:27

    hihi postingnya lama juga mas… saya doain ibunya cepet sembuh ya… akhirnya banyak yang pindah ke open source ya.. bisa lebih menghemat biaya ya..😀 hidup open source😀

  • 30. Zippy  |  April 5, 2011 at 20:55

    Wah..saya masih awam dengan linux, hihii…
    Kalo di rumah di masih pada pake Windows, alasannya sih karena udah pewe dan support banyak software buat kerjaan kampus😀
    Kalo di kampus sih udah pada pake Ubuntu semua, katanya sih biar bebeas virus, hehehhe…😀

  • 31. kangtatang  |  April 6, 2011 at 15:23

    hem…. siap2 menawarkan jasa support untuk ngurusin Linux mereka :p
    he.. he…..

  • 32. Sugeng  |  April 7, 2011 at 07:03

    Kedepan nya semoga banyak kantor pemerintahan di Indonesia memakai linux sebagai OS nya.

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

  • 33. antokoe  |  April 7, 2011 at 11:06

    saya juga lagi belajar ubuntu…
    asik juga…

  • 34. r10  |  April 9, 2011 at 21:17

    1. aku sempat lihat live traffic feed widget sebelah…. ada yg datang dari ukrania:mrgreen:

    2. Bukannya ubuntu memang suka update tiba-tiba (maksudnya ga musti manual, tahu2 nongol pesan update manager)

    3. bagus itu ada kabar CPNS musti bisa Open Office😀

  • 35. r10  |  April 9, 2011 at 21:18

    4. oh iya aku lupa, aku memang agak malas reply @ mention di blogspot… seandainya google mau memperbaiki kotak komentar blogspot😀

  • 36. Suke  |  April 10, 2011 at 12:00

    wah kemajuan banget nih RS…🙂

  • 37. tuxlin  |  April 12, 2011 at 23:20

    Akhirnya update artikel juga blog ini, hehehehehe… Salut deh, linux sudah mulai memasyarakat, nyampe di RS, di kotaq juga mulai ada warnet linux😀

  • 38. Pojok Pradna  |  April 14, 2011 at 11:53

    gak disupport pun ga masalah, seperti kata Pak Andy Kecakots. Installkan linux masa kini, matikan update-nya, dah bisa bertahan bertahun2 sampai hardware-nya almarhum (pengalaman pribadi juga seperti Pak Andy)😀

    tinggal meng-open-kan source-keramahan para perawatnya🙂

  • 39. andi felani  |  April 19, 2011 at 19:08

    salut salut mas…
    tinggal yang lain menyusul😀

  • 40. fitrimelinda  |  April 19, 2011 at 23:22

    ngapain bolak balik rumah sakit mas??

    yah mungkin lebih enakan yg gretongan mas..😀

  • 41. Estiko  |  April 20, 2011 at 23:33

    Semoga dunia Open Source akan semakin berkembang di Indonesia. Lama tidak berkunjung…

  • 42. ipul  |  April 21, 2011 at 08:50

    hehehe, kalo mandriva emang pendek mas, kalo mau panjang ya pake nenek debian atau kakek slackware hehehe

  • 43. nova 13  |  April 26, 2011 at 23:56

    wah, bagus tuh, sebuah kemajuan..
    setuju deh kalo gitu, hehe
    ahli IT di RS perlu di perbanyak😛

  • 44. dewi  |  May 3, 2011 at 16:34

    piye kbre ibue mas ?klw mw coba obt alternatif/traditional aq py resep nih… Ambil daun tua sirsak (klw ditempt-q namax durian belanda) 10 lembar trus rebus dg 3 gelas air sampe jadi 1 gelas. diminum 2x sehari (pagi & sore) …rutinkn selama 2 pekan insyaAllah sembuh ..krna kerjax membunuh sel2 jahat/liar tanpa mengganggu sel2 baik ..Shafakillah buat ibu …

  • 45. Love4Live  |  May 4, 2011 at 04:09

    gimana kabar kesehatan ibu? semoga beliau cepat sehat supaya bisa kembali berkumpul bersama keluarga di rumah.

  • 46. condrokartiko.net  |  May 16, 2011 at 22:04

    nice info nih…🙂

  • 47. Uchan  |  June 1, 2011 at 06:32

    wah bisa aja nemunya. di trit kaskus pernah ada yg share linux di airbus

  • 48. Ade Malsasa Akbar  |  July 4, 2011 at 14:16

    Rumah sakitnya rok-en-rol. Salut! Rumah sakit bisa begini, sekolah-sekolah bagaimana?😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Gadgetboi’s Blog

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 759 other followers

translate this blog

ubuntero

The Ubuntu Counter Project - user number # 29030

Try Manjaro Linux

Unduh Blankon

Download Linux Mint

Calender

March 2011
M T W T F S S
« Jan   Jun »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Recent Posts

Categories

Archives

How Many People lost here?

  • 476,237 people

Online…Online

IP
free counters
Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net
Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net

Check Me IF I’m Online

Support This!

No Smoking
Counter Powered by  RedCounter

%d bloggers like this: