Mencoba Blankon Omblin (pada akhirnya)

July 29, 2010 at 23:51 24 comments

Akhirnya saya berkesempatan mencoba BlankOn seri terbarumegaphone yaitu Omblin … Senangnya happy  …. Dan ini sedikit Pendapat tolol saya mengenai Omblin … smile plurk

blankon desktop

Pertama, suka sekali saya sama boot screen-nya keren (sayang enggak ada screenshotnya)  …

Kedua, Saya suka sekali sama Wallpapernya yang berubah seiring waktu … Ini emang dipertahankan dari versi Nanggar yang saya gunakan terakhir. Sepertinya memang sudah jadi ciri BlankOn dech, memiliki Wallpaper yang berganti-ganti. Jadi enggak perlu lagi install realtime sunlight wallpaper dech

image

Ketiga, Tentu saja BlankOn sebagai Distro Indonesia sudah menyediakan Kamus. Ketersedian kamus menurut saya sangat penting bagi saya yang sering baca manga lol maklum bahasa Inggris kan bukan bahasa asli saya blush Di ubuntu saya harus ‘terpaksa’ menginstall kamus windows menggunakan WINE … tapi hasilnya jelek (walau bisa digunakan) …

toyor 

Keempat, Di BlankOn, segalanya sudah plug and play! … Artinya kita enggak harus menginstall plugins restricted codec lagi coy woot Dengerin musik dan nonton film langsung lancar …

Screenshot-jessica simpson - public affair.mpg

Tapi music playernya sekarang jadi Exile, bukan rythem-Box lagi … Sekarang saya jadi curiga nich, jangan-jangan mas riyogarta ada andil di BlankOn lol .. soalnya Exile kan favoritnya dia … Tapi enggak apa-apa lah toh enggak ngaruh ini … yang penting bisa nyetel musik happy

Screenshot-Jiyuu e no Shoutai (by L'Arc~en~Ciel)

Kelima, Dari dulu saya lebih suka Tema dari BlankOn daripada Ubuntu yang menjadi babeh-nya … (tapi Ubuntu sekarang saya suka tongue yahoo ), Walau sekarang pilihannya sedikit, tapi Default saja juga sudah cantiq kok cool cat 2

appearence 

Sedikit yang saya tidak suka dari BlankOn … lol

pertama, secara default FireFox bukan lagi Browser utama. Sekarang pakai Chromium (saudaranya Chrome) .. Sedihnya cape dech … Bukan apa-apa, saya itu tipikal orang yang ‘kalau nyaman, ngapain diganti?’ Di tahun 2005, sulit sekali saya beralih dari IE6 ke FireFox, namun ketika tahu FireFox lebih keren, saya beralih dech … Kini haruskah saya beralih ke Chromium? ….

desktop

Last But Not Lease, Kok BlankOn enggak ada WVDIAL-nya?sad pundung … emang sih saya bisa pakai NET-MAN-nya … tapi saya lebih nyaman pake WVDIAL andalan saya *doh harus donlot dulu nich*

wvdial gak ada

 

Begitulah sedikit (kalau mau dibilang) Review dari saya ngupil kucing …  Ada yang mau menambahkan?

 

*Oiya bagi yang pengen nyoba dan belum donlot, silahkan sedot gan di Kambing atau di sini (rekomendasi mas Andy MSE) atau beli ajah di Baliwae.

Akhir kata, selamat mencoba distro kebanggaan indonesia! bye i love indonesia

Entry filed under: BlankOn Linux, Linux. Tags: , , , , , , .

Raindrop Falling on My Head Beni Cerai Mice …

24 Comments Add your own

  • 1. Cahya  |  July 30, 2010 at 00:07

    Kalau dilihat dari tulisan ini sekilas, saya jadi malah ndak tertarik dengan blankon, mungkin bukan tipe saya jika setelannya memang seperti itu (sepertinya terlalu pro sama produk proprietary). Atau cuma perasaan saya saja.

  • 2. agung  |  July 30, 2010 at 00:07

    Hidup produk dalam negeri🙂,
    asyiik dapat pertamax hehe..

  • 3. agung  |  July 30, 2010 at 00:11

    Waduh telat beberapa detik nih sama Mas Cahya😦, wah kayaknya ada yang sensi dengan variannya Ubuntu nih ^_^V.

  • 4. Cahya  |  July 30, 2010 at 00:17

    Ha ha, Mas Agung, bukan sensi…, tapi itu lho, mengubah produk yang memang berkode terbuka oleh komunitas ke firefox, chromium lebih banyak memberi keuntungan pada Google😀. Kemudian pemasangan langsung multimedia codecs yang bertentangan dengan semangat kode terbuka. Maksudnya kalau memang dari awal mau pakai kode terbuka, kan bisa mengubah berkas ke format yang lebih bersahabat.

    Saya tidak memaksakan membaca berkas audio wma di partisi Windows saya, tapi saya membuat kembali berkas Ogg Vorbis dari CD Audio yang memang saya punya. Menghindari diri dari pembajakan.

    Ha ha…, tapi emang ndak begitu suka Ubuntu, walau itu distro yang bagus😆.

  • 5. PF  |  July 30, 2010 at 01:05

    Kadung sudah belajar ubuntu😦

    Maih lebih ngeh menggunakan Windows7😀

  • 6. tuxlin  |  July 30, 2010 at 02:15

    mantep nih,lum download,hehehehe tar deh nyobain…

  • 7. genial  |  July 30, 2010 at 02:58

    iia screennya keren… tp ko’ saiia baru denger iia istilah satu itu…. dasar oon nii saiia nya😦 musti banyak belajar 😦

  • 8. Andy MSE  |  July 30, 2010 at 03:41

    BlankOn menjadi pilihan terakhir saya saat mengenalkan Linux kepada pengguna baru…
    dulu saya menggunakan mandriva dengan KDE-nya… trus Ubuntu, trus LinuxMint… sekarang mengenalkan BlankOn rasanya lebih mudah karena bahasa Indonesianya bagus sekali… bahkan warnet dan IFK yg saya kelola sekarang pindah dari zencafe dan dewalinux ke BlankOn…
    Jujur saja! sejak reponya mandiri, saya tambah bangga pakai BlankOn… updatenya nggak kenceng seperti Ubuntu dan LinuxMint sehingga pengguna yang fakir benwit merasa lebih nyaman

  • 9. alief  |  July 30, 2010 at 07:27

    udah nyoba diriku. sialnya, saat pertama ngunduh aku salah ambil file dari serpernya buaya, yang pertama tak unduh gak ada moe grafiknya, makanya aku kemarin nanya sama sampean ntu mas…🙂

  • 10. agung  |  July 30, 2010 at 09:44

    Mas Cahya,
    Mengenai penyertaan beberapa driver proprietary pada distro-distro tertentu dan penambahan multimedia codes agar langsung bisa plug and play, misalnya file mp3 (maaf banyak bajakannya) :p , tentang lisensinya saya kurang paham betul. Tapi pengenalan untuk pengguna baru seperti saya ini mungkin akan lebih membantu hehe 🙂.

  • 11. AISHALIFE-LINE  |  July 30, 2010 at 13:16

    saya tidak begitu kenal bro.Tapi perlu di coba ni kayaknya.

  • 12. MY ISLAM  |  July 30, 2010 at 13:17

    hemm..mantab reviewnya…bro.kunjung ke blog saya yang ini ya hehe

  • 13. Denuzz Burung Hantu  |  July 30, 2010 at 14:06

    emang produk dalam negeri. kita harus bangga
    tapi kok saya gak tertarik ya???

    salam hangat dari burung hantu

  • 14. School Contest 4  |  July 30, 2010 at 19:27

    Waaah, blankon Linux ya . . .
    Cantik bangeeet . . .
    Linux asli Indonesia🙂

  • 15. HALAMAN PUTIH  |  July 30, 2010 at 22:28

    Sepertinya menarik nih…
    Thanks.

  • 16. gadgetboi  |  July 31, 2010 at 11:47

    @ cahaya dan agung: weh .. diskusi menarik nich😀

    @cahaya: memang betul mas cahaya, tapi BlankOn memang diperuntukan untuk newbies, sehingga paling tidak mau menggunakan OS ini … getoo loh:mrgreen:

    @agung: betul mas😀

    @PF: lha apa bedanya blankon sama Ubuntu😆

    @tuxlin: harus nyoba! hehehe

    @Andy MSE: benarkah? wah mantab nich ….

  • 17. Planet Orange  |  July 31, 2010 at 23:23

    Sumpah gan saya belum pernah nyobian blankon, masih manteng antara Ubuntu-Slack-Centos bolak balik itu aja…. karena emang kebutuhannya buat server sih…

    But nice review gan, jadi tahu kelebihan dan kekurangan blankon tanpa perlu install dulu

  • 18. ciwir  |  August 1, 2010 at 23:02

    sebagai lunixer pemula saya masih belajar mas
    jadi mohon petunjukknya mas😀

  • 19. nova13  |  August 2, 2010 at 20:55

    sip dah review nya tentang blankOn..😀
    saya juga dah dunlud file .iso nya blankOn, smpe2 di belain laptop saya standby semaleman ntuk mndpat kan bandwith yg kenceng?😀
    tp belum saya instal,

  • 20. balita  |  August 3, 2010 at 17:49

    wah wah wah
    cinta produk dalam negri ne…

  • 21. Hengki  |  August 8, 2010 at 15:43

    Waaahhh.. saya masih setia sama Slackware😀

  • 22. Sugeng  |  August 11, 2010 at 23:46

    Saya paling gak ngerti tentang beginian, tapi saya sudah mencoba ubuntu 10.04 LTS tapi koq modem ku gak kedeteksi ya❓😕 mengenai blnakon, aku sudah unduh semua dan mendapay CD live nya tapi yang jadi permasalahan adalah saya gak bisa nginstall nya di PC ku padahal sudah akubakar di CD dan besar filenya sekitar 700Mb. terima kasih😆
    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

  • 23. komploh  |  July 12, 2011 at 23:00

    kelebihan dan kekurangn yang mendasar blankon apa ya gan????

  • 24. gadgetboi  |  July 13, 2011 at 16:31

    @komploh: kelebihannya ini re-branding buatan anak indonesia:mrgreen: kekurangannya sepertinya blankon repo dan mirornya sering bermasalah dan kita hanya bisa bengong saja sebagai pengguna, karena kalau ubuntu kita bisa milih server lainnya …

Leave a Reply

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Gadgetboi’s Blog

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 759 other followers

translate this blog

ubuntero

The Ubuntu Counter Project - user number # 29030

Try Manjaro Linux

Unduh Blankon

Download Linux Mint

Calender

July 2010
M T W T F S S
« Jun   Aug »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Recent Posts

Categories

Archives

How Many People lost here?

  • 476,597 people

Online…Online

IP
free counters
Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net
Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net

Check Me IF I’m Online

Support This!

No Smoking
Counter Powered by  RedCounter

