Mengaktifkan driver modem hape di Mandriva 2010 free

May 3, 2010 at 10:15 12 comments

Akhir bulan kemarin banyak yang sibuk menyambut kehadiran lucid lynx, mulai dari kangtatang yang sedang siap-siap akan ikut release party-nya lucid, mas andy MSE yang sudah “colong start”lol dengan mencoba versi RC-nya, hingga mas estiko yang tidak begitu “bergairah” karena di Lucid enggak ada gimp-nya. saya sendiri gimana? ….

Biasanya saya yang paling heboh kalau ubuntu mau rilis haha1 … Untuk karmic dulu, saya bela-belain malah menyogok abang tukang warnet di dekat saya untuk mendonlotkan ubuntu hehe , Namun untuk Ubuntu yang sekarang malah saya adem ayem. hehehe lol

Yah, apa mau dikata, kalau sibuk, apa-apa jadi males, misalnya posting artikel ini …

Yak, sudah berapa minggu yah saya mau posting ini tapi enggak jadi-jadi melulu. Bener-bener dech saya kayak punya penyakit ADD aja (amit-amit dah egp)  makanya berhubung saya inget, maka saya ingin men-share pengalaman saya dalam menggunakan mandriva 2010 free dan cara setting wvdial yang baik dan yang benar nyengir ….

Saya menggunakan Hape tercinta saya sebagai modem semenjak saya menggunakan linux. alasan sederhana saja. sepertinya hape jauh lebih dikenal atau mudah didetect sama linux dibandingkan modem usb pada umumnya. Namun di mandriva ini saya sedikit bingung karena saya mengalami kesulitan untuk mendeteknya. Padahal “perlengkapan perang” untuk koneksi internet sudah saya siapkan, yaitu WVDIAL yang saya dapatkan dengan susah payah. 

Seperti biasa di semua Linux, saya akan buka terminal , konsol atau shell, lalu saya ketik wvdialconf. Namun disebutkan di hasilnya kalau modem tidak terdeteksi!?… aneh … pasalnya di slackware atau di debian saja yang katanya sulit saya bisa kok dideteksi, ini distro yang mengklaim ‘semudah ubuntu’ kok enggak bisa mendetek modem hape saya thinking … akhirnya saya google-ing dan hampir menyerah sebelum saya menemukan posting ini.

Baiklah… Mari kita aktifkan segera modem ini…..

1. buka Terminal, Konsol, atau Shell.

2. masuk dalam mode Super User (root) dengan mengetik su dan ketik root password kamu.

3. ketik “lsusb” (tanpa tanda kutip)

mandriva wvdial

 

4. maka ada hasil seperti diatas. Aneh kan? Padahal Sony Ericsson sudah dikenali, tapi kok modemnya tidak bisa didetek? ya sudah kadung tanggung saya ikuti saja cara mas supranov sampai selesai.

5. Melihat baris kedua diatas, Bus 001 Device 004: ID 0fce:d358 Sony Ericsson mobile Communications AB maka saya mencoba mengikuti cara mas supranov dengan mengetik  “modprobe usbserial vendor=0fce product=d358

6. Nah, cobalah wvdialconf sekarang maka niscaya kamu sudah bisa menikmati internet nyengir

mandriva wvdial (1)

Entry filed under: Linux. Tags: , , .

So, listen to da radio … Republic of Gamers

12 Comments Add your own

  • 1. sauskecap  |  May 3, 2010 at 11:57

    waduh… saya linux aja baru pernah nyoba ubuntu… apalagi mandriva… jangankan install modem… lha make saja ga bisa…

  • 2. Asop  |  May 4, 2010 at 10:35

    Provider jaringan ngaruh gak ya ke setting-annya?

  • 3. tuxlin  |  May 4, 2010 at 23:44

    hahahaha… akhirnya bro😀 btw dari pada si lucid, saya lebih suka ke PCLinuxOS 2010:mrgreen:

  • 4. kangtatang  |  May 5, 2010 at 00:50

    oke dech bentar lagi saya juga bisa nyicipin PCLinucOS hasil remastering temen, Cidtux🙂

  • 5. sanjati  |  May 8, 2010 at 06:40

    pernah nyuba mandriva dan smartku bisa kedetek g hrs merapal.tapi skr lbh plh lucid.

  • 6. Next Jimbun Punya  |  May 8, 2010 at 12:38

    Seperti biasa, Mandriva adalah musuh utama modem Sierra. Kalo USB handphone malah dibaca LAN. Jadi masih belum tertarik kembali dengan Mandriva. Waduh, saya disebut-sebut lagi di sini… jadi malu

  • 7. gadgetboi  |  May 8, 2010 at 12:54

    @sauskecap: coba donk mbak:mrgreen: suruh masnya instal-in
    @provder mah enggak … cuman hardware ajah …
    @kangtatang: bagi-bagi donk:mrgreen:
    @sanjati: mantab … semoga bisa cepat menikmati smart disini …
    @Next Jimbun Punya: kalau cara diatas dah dicoba belom mas?

  • 8. ridam  |  May 22, 2010 at 19:39

    mas boleh minta link wvdial yang buat mandriva nya?

  • 9. gadgetboi  |  May 23, 2010 at 09:37

    @ridam: kan saya tulis diartikel sebelumnya:mrgreen: satu-satunya cara yang saya bisa yaitu mendatangi warnet dan mencolokan kabel ethernetnya alias numpang benwith sama warnet mas :megreen: soalnya saya juga enggak bisa install offline, udah diubek internet tapi enggak ada solusi yang jitu. jadi mending pake cara saya dech : ke warnet! hehehe:mrgreen:

  • […] tidak jauh beda dengan cara install ubuntu. Namun ada trik yang harus diingat bahwa turunan Mandriva ini masih sedikit buggy di setting partisinya. Saran saya sebelumnya anda sudah menyiapkan partisi […]

  • 11. rochmatsalim  |  January 20, 2011 at 22:03

    salam, heheehe ane malah mandrivian maniac, lebih mudah pake mandriva bagiku daripada ubuntu, soalnya rpm minded, tpi sesama linuxer ga boleh saling mendahului khan?

  • 12. Linux di RS « da Gadgetboi's Blog  |  March 15, 2011 at 14:04

    […] RSUD Bekesong Bekasi sendiri mereka menggunakan Mandriva Linux 2010 Free Edition! kenapa saya bisa tahu? soalnya Wallpaper mereka enggak diganti! seperti dibawah […]

Leave a Reply

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Gadgetboi’s Blog

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 758 other followers

translate this blog

ubuntero

The Ubuntu Counter Project - user number # 29030

Try Manjaro Linux

Unduh Blankon

Download Linux Mint

Calender

May 2010
M T W T F S S
« Apr   Jun »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Recent Posts

Categories

Archives

How Many People lost here?

  • 475,986 people

Online…Online

IP
free counters
Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net
Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net

Check Me IF I’m Online

Support This!

No Smoking
Counter Powered by  RedCounter

