Mencoba (lagi) OpenSolaris 2009.6 di laptop Acer Aspire 5583

January 30, 2010 at 10:23 18 comments

Wah … gara-gara pusing dengan ubuntu saya yang tidak kunjung menghasilkan (re)master iso yang rencananya mau saya kasih ke mas Aldy, sampai-sampai saya lupa mempost artikel ini:mrgreen: .

Iya, saya kembali merequest cd gratisan OpenSolaris setelah diingatkan oleh mas estiko yang juga merequestnya (namun saya tidak tahu CD-nya mas estiko sudah nyampe belom, enggak ada kabar dari mas estiko … )  dan tidak perlu nunggu lama (hanya 8 hari), saya sudah mendapati cd tersebut dikamar saya. mana kata ibu saya tidak dipungut biaya sama sekali seperti dulu! wehehehe … mungkin pihak SUN sudah hapal orang gratisan seperti saya:mrgreen:

sunOZ

 

 

 

 

 

 

Mulailah diriku mencoba liveCD-nya … mulai mensetting bios supaya boot awal dari cd-rom … dan jereng …. muncul gnome biru yang cantik …

asiknya sudah ada compiz! enggak perlu donlot lagi compiz managernya seperti di ubuntu  …

Screenshot

 

bisa langsung main cube!

 box

 

Saya cek aplikasi apa saja dan ternyata sama seperti dulu yang enggak ada openoffice … kenapa sih, padahal kan di email yang dikirim setiap minggu, sun selalu bilang ini untuk enterprise, ukm dan lain-lain … kan perusahaan butuh office … yang ada cuman document reader saja ..

office 

dan Open Solaris pun masih pelit untuk menampilkan partisi dari windows … enggak tahu dech .. sentimen kali😆 …

Screenshot-Computer - File Browser

 

Dan saya cek driver-driver hardware laptop saya. sayang untuk ethernet marvell dan card reader belum di support layaknya ketika menggunakan ubuntu…. masih sama yah dengan opensolaris yang dulu …😦

Screenshot-Device Driver Utility

 

Yang membuat kesal dari menggunakan OpenSolaris secara liveCD adalah kita tidak bisa mematikannya. karena tidak ada tombol shutdown! menyebalkan :(  kirain sudah diperbaiki bug ini, atau memang sengaja agar yang menggunakan livecd untuk segera langsung menginstall ke dalam komputer kali yah … karena saya tidak bisa menggunakan Unetbootin untuk membuatnya menjadi liveUSB … tidak ada dalam listnya Unetbootin, sehingga saya hanya menggunakan OpenSolaris ini secara liveCD … tapi saya sempat test drive di hotspot dan bisa konek ke internet…. untuk modem usb belum sempat saya coba …

Jadi ingin mencoba menginstalnya … tapi harus liat dulu referensi orang kali yah….:mrgreen: jangan sampe nyesel:mrgreen: kepengennya sih nyobain di laptop yang benar-benar kosong alias enggak ada OS-nya … mmmm … kira-kira siapa yah yang cocok saya jadikan korban👿

Entry filed under: Hot Free Programs, Linux, opensource. Tags: , , .

Kursus Linux Langsung Dari Linus Trovalds gratis!!! Ubuntu menendang google, mengandeng yahoo

18 Comments Add your own

  • 1. pelintas batas  |  January 30, 2010 at 11:44

    cept kali ya nyampenya??jadi pengen nyoba juga disaat ubuntu gak kunjung tiba

  • 2. Pradna Jogloabang  |  January 30, 2010 at 19:35

    1. Saya dan Estiko dah 1 bulan kok belum dapat CD Solaris😦

    2. Saya juga dah berhasil me-remaster Linux Mint-Studio 8 sebesar 1, 5 Gb:mrgreen:

    iyey!

  • 3. sauskecap  |  January 30, 2010 at 21:35

    wah saya belum pernah pake sistem operasi selain windows

  • 4. waroeng ubuntu  |  January 30, 2010 at 22:19

    open solaris ada kiriman gratis ???? saya baru tahu:mrgreen:

  • 5. Estiko  |  January 31, 2010 at 10:07

    Hmmmmm…. Sepertinya saya jadi enggan untuk mencoba Open Solaris. (thinking) karena masih banyak masalahnya…..

  • 6. gadgetboi  |  January 31, 2010 at 10:37

    @estiko: hehehe …:mrgreen: sayang donk mas … saya juga sedang cari korban, hihihihi

  • 7. bolang  |  February 1, 2010 at 13:19

    wah,opensolaris saya blom pernah coba tuh, katanya perlu komputer dgn spek khusus kayak mac os gtu, bnr gak sih?

  • 8. itempoeti  |  February 2, 2010 at 00:35

    sempat nyoba livecd tapi gak tertarik… akhirnya ga jd install…
    hebat!!! makin tinggi aja ilmu linuxnya… salute!!!

  • 9. cici silent  |  February 2, 2010 at 10:00

    masih gatek ttg Open Solaris (doh)

  • 10. ridu  |  February 2, 2010 at 10:08

    haha.. gak mau ah jadi korbannya.. cukup melihat eksperimen di sini aja.. ternyata masih banyak kekurangannya :p

  • 11. infoaja.com  |  February 2, 2010 at 10:08

    gue mah ngertinya cuma windows, hehehehehe

  • 12. yos  |  February 2, 2010 at 10:10

    masih NOL nie tentang linux…
    ngga ngerti blas, hehehehe

  • 13. gadgetboi  |  February 2, 2010 at 11:34

    @bolang: enggak ah … saya laptop biasa tuch:mrgreen:
    @itempueti: tinggi apanya:mrgreen: ilmu saya hanya sebatas menginstall dan konek ke internet😆

  • 14. Aisha  |  February 2, 2010 at 14:05

    wah,lagi cari mangsa nih😀

  • 15. masiqbal  |  February 2, 2010 at 18:15

    sodorin aja cdnya ke mas AndyMSE (kompor mode ON) :p ternyata sama kayak Mint Helena ya, udah ada compiznya, sayang open oficenya harus manual…haks…

  • 16. Andy MSE  |  February 3, 2010 at 09:22

    jadi pengin dapat gratisan solaris…. selama ini saya cuma ngopa-ngopi aja dari teman…

  • […] Linux, Fedora (semuanya distro dari majalah Info linux… mana mampu saya donlot sendiri ) sampai OpenSolaris 2009.6…. walau kebanyakan hanya saya gunakan liveCD (yang bisa liveCD) … sekarang laptop saya diinstal […]

  • 18. arhamblogpreneur  |  September 6, 2010 at 21:09

    Mas aku ada laptop acer ferrari kalau dimainkan cube tuk solaris dengan double OS jadi lambat ngak yah?

Leave a Reply

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Gadgetboi’s Blog

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 759 other followers

translate this blog

ubuntero

The Ubuntu Counter Project - user number # 29030

Try Manjaro Linux

Unduh Blankon

Download Linux Mint

Calender

January 2010
M T W T F S S
« Dec   Feb »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Recent Posts

Categories

Archives

How Many People lost here?

  • 476,237 people

Online…Online

IP
free counters
Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net
Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net

Check Me IF I’m Online

Support This!

No Smoking
Counter Powered by  RedCounter

