Main Nintendo di Ubuntu menggunakan nintendo emulator bawaan windows

December 28, 2009 at 07:35 17 comments

Setelah sebelumnya saya gagal dengan sukses main Nintendo dengan menggunakan emulator bawaan dari repo-nya Ubuntu😦 pada akhirnya saya bisa juga memainkan nintendo di ubuntu!:mrgreen: . lho … bagaimana caranya? mengkompile? men-tweak? coding? tentu tidak!! wekekekek ..

Pada akhirnya saya memasrahkan diri menggunakan wine untuk mencoba memakai emulator bawaan windows yang bernama virtualNES (emulator nintendo kesukaan saya:mrgreen: ) . ternyata virtualNES bisa digunakan dengan wine. karena seperti kita ketahui tidak sembarangan program windows yang bisa jalan di wine …

gimana mendapatkan wine? ada beberapa cara sih …

1. Menggunakan Ubuntu Software Center, tinggal cari dech wine terus klik untuk menginstalnya.

2. Menggunakan software Ubuntu tweak. kalau ubuntu tweak sudah di install tinggal cari application dan centang saja wine.

3. Melalui terminal.. ketik sudo apt-get install wine

catatan saja, semua cara diatas menggunakan koneksi internet😦 kalau mau offline instalnya bisa saja, tapi susah. saya belum bisa, maklum newbie .. hehehe:mrgreen:

Nah setelah selesai menginstal wine-nya, kita ke folder virtualNES. dan klik kanan file exe-nya. terus lanjutkan dengan memilih “Open with Wine …” di menu klik kanan tersebut. jangan khawatir tentang library windows dan tetek bengek lainnya, karena program ini suda menyertakannya di dalam foldernya ..

Screenshot-1

Dan …  walah! here’s your Nintendo …

Screenshot-VirtuaNES - Duck Hunt (JUE)

Screenshot-VirtuaNES - Urban Champion (JU)

Akhirnya saya bisa bermain nintendo lagi … jadi lega dech …😀 karena nanti kalau saya mau 100% menggunakan Linux enggak khawatir lagi enggak bisa main nintendo. karena ada wine😛 sekarang tinggal mencoba emulator-emulator game arcade lainnya ahh .. apakah bisa dimainkan di linux:mrgreen: . karena saya ingin sekali main MAME, CPS, Panasonic 3DO, dll

p.s: untuk donlot emulator Windows-nya di sini yah …🙂

Entry filed under: Hot Free Programs, Linux, Ubuntu Tips and Story. Tags: , , .

Lelucon akhir tahun: Ayu Azhari maju sebagai Calon Wakil Bupati kenapa harus memesan CD shipit dengan jumlah yang banyak?

17 Comments Add your own

  • 1. alief  |  December 28, 2009 at 10:51

    wah…, jadi makin pengen make ubuntu da….

  • 2. waroeng ubuntu  |  December 28, 2009 at 14:59

    wah senang banget sama nintendo nih… :p:mrgreen: btw aku sudah balik ubuntu 9.10, blm sempat test audio, tapi sudah semapt posting terbaru blog aku….😀 main dong🙂

  • 3. waroeng ubuntu  |  December 28, 2009 at 19:14

    mau tanya kalo kita sudah buang pulseaudio terus mau setting suara bagaimana? aku ga nemu menu sound manager😦

  • 4. waroeng ubuntu  |  December 28, 2009 at 19:15

    kecuali buka terminal dan ketik alsamixer

  • 5. aldy  |  December 29, 2009 at 04:19

    Bro,OOT.
    Saya mau coba menggunakan Linux, tolong bantuannya rekomendasi mana yang terbaik.
    Kebutuhan sih nggak banyak, hanya untuk kerja kantoran biasa saja.
    Terima kasih sebelumnya.
    Salam.

  • 6. Love4Live  |  December 29, 2009 at 05:00

    kalau mau main command and conquer di ubuntu gimana caranya?😀

  • 7. gadgetboi  |  December 29, 2009 at 05:53

    @Aldy: ya ubuntu donk:mrgreen: karena paling gampang dan problem solvingnya cepat karena komunitasnya besar …

  • 8. gadgetboi  |  December 29, 2009 at 08:10

    @Love4Live: wekekek… susah tuh:mrgreen: saya belom explore kesana… nanti nyoba bounce dulu😛 hehehehe

  • 9. gadgetboi  |  December 29, 2009 at 08:11

    @alief: langsung install:mrgreen: … (manas-manasin)

  • 10. Pacman 30th Anniversary « da Gadgetboi's Blog  |  May 23, 2010 at 11:23

    […] donlot di sini. untuk cara bermainnya menggunakan emulator bisa di cek di sini untuk windows atau disini untuk pengguna ubuntu (wajib donlot dulu juga yah   […]

  • 11. (Dag) Dig Dug menjadi Favorit « da Gadgetboi's Blog  |  August 5, 2010 at 18:05

    […] Kalau mau tahu cara mainnya via emulator di sini (untuk windows) dan di sini (untuk Ubuntu dan Linux Lainnya) […]

  • 12. addiehf  |  August 7, 2010 at 21:28

    sy kira virtualNES-nya itu udah ada di wine (doh) *td malah nyari2 di Browse C: Drive sampe ke dalem2nya —huhuhu*

  • 13. subhan basri  |  August 23, 2010 at 14:09

    tak tunggu aja de hasilnya……

  • 14. Download MangaScan dengan mudah « da Gadgetboi's Blog  |  September 20, 2010 at 21:51

    […] saja (tapi lumayan lah daripada lumanyun ) … saya sudah coba menginstal aplikasi ini via wine di ubuntu, namun karena aplikasi ini menggunakan net.famework 2 (di windows juga harus sudah […]

  • 15. 10 Things I Love About Me « da Gadgetboi's Blog  |  June 30, 2011 at 20:34

    […] itu yang membuat saya suka memainkannya. maka tidak salah kalau semenjak saya tahu permainan Nintendo 8 bit bisa dimainkan via emulasi di komputer, saya lebih sering menghabiskan waktu saya di komputer yang […]

  • […] tuh harus configure bla bla bla  semuanya sudah disettingin, kita tinggal main! alias sudah ada emulator dan rom-nya in one […]

  • 17. Tab 2 7.0 « da Gadgetboi's Blog  |  February 12, 2013 at 06:01

    […] dengan Fruit Ninja (versi adshare ) tapi nantinya saya ingin mencari beberapa emulator seperti Nintendo, SEGA dari 8 bit, 16 bit atau bahkan 32 bit sekalian kalau spek saya memungkinkan. Mau gimana lagi, saya adalah oldskul […]

Leave a Reply

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Gadgetboi’s Blog

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 758 other followers

translate this blog

ubuntero

The Ubuntu Counter Project - user number # 29030

Try Manjaro Linux

Unduh Blankon

Download Linux Mint

Calender

December 2009
M T W T F S S
« Nov   Jan »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Recent Posts

Categories

Archives

How Many People lost here?

  • 476,186 people

Online…Online

IP
free counters
Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net
Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net

Check Me IF I’m Online

Support This!

No Smoking
Counter Powered by  RedCounter

