Getting used to Kubuntu (newbie’s review on Kubuntu 9.10 Karmic Koala in HP compaq Presario 3000)

November 29, 2009 at 07:44 15 comments

 

Setelah saya “mencak-mencak” di beberapa posting terdahulu tentang buruknya kubuntu ini. Rupanya marah-marah saya ini engak lama, karena saya sekarang sudah mulai terbiasa dengan KDE 4 ini… hehehehe😛 . memang benar mungkin kata mas andy, kalau belom bisa yah harus di hentikan dulu, biar bisa menghela nafas. namun saya orangnya kalau pengen bisa itu ngotot. hehehehe. tapi Alhamdullilah saya bisa internetan sekarang, walau dengan cara yang sangat ortodox yaitu dengan menggunakan WVDIAL (busyet dah, hari geeneee masih pake CLI…😀 ). otomatis saya seperti di jaman purba hehehe. namun apa yang saya remehkan selama ini, itulah yang “menyelamatkan” saya. rupanya bener kata orang-orang kalau konsol/terminal itu bener-bener powerful! segala bisa dilakukan yang GUI enggak bisa.

Lumayanlah bisa internetan sekarang, sehingga saya bisa mengaktifkan wifi broadcom laptop. sehingga nanti kalau mau update di hotspot ada sarana! hihihihi🙂 . beberapa paket aplikasi saya sudah instal, walau tidak yang “berat-berat”(baca: lebih dari 10MB) karena rupanya dibandingkan ubuntu, kubuntu itu paket aplikasinya gede-gede, rata-rata 30MB! ini yang saya alami ketika saya ingin menginstal shutter (screen capture) dan compiz manager (mungkin banyak depedensi untuk disesuaikan di kubuntu…). alhasil internet tidak bisa saya gunakan dahulu (paling untuk browsing satu halaman…) untuk aktifitas biasa (donlot video di youtube dan “mendigitalizekan” koleksi kaset saya). sehabis itu mungkin saya akan mendownload update untuk kubuntu ini. karena mungkin saya akan menggunakannya sampai ada si lucid lynx. soalnya ngedonlot cape bos! hehehe. adik saya (selaku pemilik laptop yang sah) pun ternyata sudah familier sama KDE, karena di kampusnya ternyata menggunakan KDE (pcLinuxOS) untuk lab opensource-nya. jadi engak masalah (awalnya dia mengerenyitkan dahinya dan bilang “perasaan kemaren oranye (ubuntu) deh, kok jadi biru” … hehehehe).

Semoga saya “happy ending” dengan kubuntu ini, serta kubuntu bisa menjadi sarana adik saya untuk terus mengakrabkan diri dengan opensource. dan ini beberapa catatan kecil tentang kubuntu di laptop hp compaq presario V3000 adik saya:

– VGA lancar (langsung default 1280×800 standard laptop ini)

– sound lantang (untuk saat ini, masalahnya belom update😛 ) namun rada-rada sember (pengaruh tidak adanya pengatur quilizer kali yah…) pas nyoba nyetel video di youtube, namun untuk musik di amarok lumayan lah (daripada lumanyun😛 )

– touchpad, hot key dan fn key, multimedia key lancar!

– hampir semua pernak pernik seperti card reader, firewire, DVD ROM dapat digunakan karena kedetek dengan baik.

– modem internal belum dicoba, enggak tahu setting telkomnet instant di kubuntu😛

– ethernet kedetek (belom nyoba, engga ada sapidi, ada yang mau bayarin🙂 )

– wireless broadcom kedetek tapi harus diaktifikan di internet (biasa, bukan open source layaknya intel .. )

-masalah pada network managernya, tidak bisa internet menggunakan hape saya😦 terpaksa pake WVDIAL (malah sekarang lebih suka itu🙂 ) namun takutnya malah saya enggak bisa ngenet di wifi hotspot lagi😦 tapi semoga lancar🙂

-hibernate bisa, tapi… luamaaa bangets😦 enggak ngerti kenapa di linux kok lama yah hibernatenya … (pernah nyoba ubuntu, pclinux os, di laptop mana saja hasilnya sama saja) akhirnya saya lebih milih shutdown lah (dibawah 10 detik choy!)

mungkin segitu dulu review saya, nanti mungkin akan ada tambahan, hehehehe😛 . oiya ini adalah screenshot saya (untuk sementara) belom bisa nge-custom nich😆

Entry filed under: MY Happy Lappy, My Life, Tribute to W950i, Ubuntu Tips and Story. Tags: , , .

Selamat Hari Raya Iedul Adha FreeBSD 8.0 Dengan Gnome 2.26.3 dan KDE 4.3

15 Comments Add your own

  • 1. waroeng ubuntu  |  November 29, 2009 at 15:01

    dulu kamu bilang aku selingkuh sama kde – sekarang kamulah yg ketahuan selingkuh he he he

    saya juga pakai shutter untuk screenshot

    berhubung saya ga punya laptop, bisa bantu (paling ga kasih semangat) ke Yoyo

    http://yoyopeblog.blogspot.com/2009/11/kepala-pusing-karena-ubuntu.html

    thanks

  • 2. yoyo  |  November 29, 2009 at 16:28

    wah, makasih mas warung-ubuntu mo bantuin saya. maklumlah saya masih pemula soal Ubuntu.

    oh ya, semalem saya coba membuat secara manual file xorg.conf, hasilnya udah isa full screen, tapi anehnya saya gak isa login, tiap kali login saya kembali harus login lagi, jadi bolak-balik gitu dah😦

    terakhir saya mencoba login melalui terminal, tapi saya bingung mengembalikan menu login seperti semula, jadi sampai sekarang cuman isa masuk ke terminal doang… hehehe dasar dudut dah😛

    tolong dibantu yah mas gadgetboi, maaf merepotkan🙂

  • 3. Love4Live  |  November 29, 2009 at 17:10

    udah dapet kiriman shipit Kubuntu tapi yg 9.4…
    belum sempat dicuba…
    hehehe…

  • 4. Pradna  |  November 29, 2009 at 19:11

    yg mengganjal saya pake Kubuntu adalah sedikitnya software bawaan, tidak seperti saudara tuanya Ubuntu.

    untuk urusan pusing…sekarang ini saya milih sekalian ekstrim (pusing) pake Slackware 13😆

  • 5. Gadgetboi  |  November 29, 2009 at 21:07

    @waroeng ubuntu: wekekek😆 saya engak selingkuh lagi. Ini kan di ‘tanem’ di laptop adek saya. Saya mah teteup pake ubuntu donk (wekekek… Ngeles😛 ). Kan dapet cd kubuntu, masa dianggurin?😀 .
    Kalau dikau baru dikatakan selingkuh, hehe. Nanti blog dikau berubah jadi waroeng kubuntu donk..😀

  • 6. Gadgetboi  |  November 29, 2009 at 21:41

    @love4live: wah, mubazir donk… Kenapa enga di install? . Laporin kpk eh … Canonical ah…😛 biar enga dikirimin lagi, hehehe (becanda😀 )

  • 7. Gadgetboi  |  November 29, 2009 at 22:01

    @pradna: iya lah, ubuntu kan produk resmi, jadi ubuntu ‘anak emas’nya canonical. Sedangkan kubuntu ‘cuman’ produk komunitas. Jadi software-nya juga ‘cuman’ dari komunitas KDE😦 tapi udah bersukur lah ada gratisan untuk versi KDE. Xubuntu ditunggu, hehehe.

    Slackware? Waduh mau jadi heker yah? Hehe. Jangan lupa mas tutorialnya😀

  • 8. Pradna  |  November 29, 2009 at 23:22

    jawaban :
    sementara baca ini dulu ya…Slackware begitu konek internet, saya pending dulu 1 minggu buat kejar setoran😀

    http://pojokpradna.wordpress.com/2008/02/06/sharing-speedy-di-zencafe/

  • 9. gadgetboi  |  November 30, 2009 at 05:06

    @ oke deh ….

  • 10. gadgetboi  |  November 30, 2009 at 06:47

    @yoyo: mmm susah yah😀 saya belom pernah ngasih solusi kalau enggak ngeliat fisiknya tuh laptop😛 apalagi kamu belom paham banget (sama kayak saya! hehehe) command yang harus dilakukan. tapi kalau kamu mau coba saran saya gini aja deh: (tapi semoga kamu sudah bisa konek ke internet karena ini butuh koneksi internet untuk mengaktifkanVGA!)
    1. kalau bisa install ulang ubuntunya! trus kalau sudah masuk GUI , walau tidak full screen (maksudnya resolusinya enggak full ya? 800×600?) .
    2. internet sudah aktif (kalau dalam situasi darurat coba cara saya (syaratnya punya hape+kabel data aja!) di posting saya terdahulu tentang setting internet atau ke masiqbal.net)
    3. kalau internet sudah aktif, coba ke menu system > administration > hardware drivers. nanti ubuntu bakal ngeload hardware/driver yang bukan opensource (seperti VGA kamu ataupun VGA seperti nvidia dan Ati radeon) nanti bakal ada (biasanya) pilihan untuk meng-activate driver propetary (VGA, modem, sound, dll) nah silahkan aktifkan lalu restart. semoga berhasil😀

  • 11. Cah Gembagus  |  December 3, 2009 at 19:20

    saya kurang akrab sama KDE, terlalu berat buat mesin saya, padahal dulu saya adalah penyuka KDE (waktu masih 3)…
    ngomentari soal wvdial, kata mas riyogarta, jangan sungkan pake terminal/konsol… justru di situlah kenikmatan pake linux. banyak hal bisa dilakukan lewat terminal…
    (kalau saya sendiri kalau banyak hal pake terminal serasa expert gitu loh) xixixi

  • 12. Gadgetboi  |  December 3, 2009 at 20:42

    @cah gembagus: iya nich, kenapa yah saya jadi suka CLI alias terminal, sekarang di ubuntu juga pake WVDIAL🙂

  • 13. ble  |  January 21, 2010 at 15:12

    mas, knapa laptop toshiba saya wirllesNy ngak aktif ya..
    kasih tau dong cara aktifinNy….

    saya baru pake linux…(kubuntu)

  • 14. gadgetboi  |  January 23, 2010 at 10:37

    @ble: merek sama tipe beda nanti penyelesaiannya juga beda loh … ini wifinya pake apa? intel, broadcom? arheros? kalau intel udah langsung terdeteksi, kalau broadcom harus diaktifin dulu di hardware driver (search aja di menu) kalau belom bisa, coba referensi ini:
    http://estiko.info/?s=broadcom harap tahu saja Kubuntu dengan Ubuntu penyelesaiannya hampir sama hanya disesuaikan saja. dulu saya pakai kubuntu dengan broadcom hanya diaktifin saja via internet, tapi pengalaman tersebut berbeda-beda karena broadcom kan berbeda-beda tipe …

    kalau artheros saya belum pernah berpengalaman tapi katanya harus mengkompile segala dengan mad-wifi.

  • […] selama 3 bulan lebih … sayang memang … tapi apa mau dikata Namun saya menginstal ubuntu ini di laptop adek saya kok sayang aja ada cd gratis enggak dimanfaatkan. Berhubung cd Kubuntu-nya sudah saya hibakan ke […]

Leave a Reply

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Gadgetboi’s Blog

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 759 other followers

translate this blog

ubuntero

The Ubuntu Counter Project - user number # 29030

Try Manjaro Linux

Unduh Blankon

Download Linux Mint

Calender

November 2009
M T W T F S S
« Oct   Dec »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Recent Posts

Categories

Archives

How Many People lost here?

  • 476,237 people

Online…Online

IP
free counters
Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net
Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net

Check Me IF I’m Online

Support This!

No Smoking
Counter Powered by  RedCounter

