Mabok MacOSX: Perbandingan antara xp dengan Linux

November 25, 2009 at 07:11 9 comments

Belom lama ini saya mencoba menginstall mac osx themes di kedua OS di laptop saya tercinta. yaitu Acer Aspire 5583. Kedua OS itu adalah XP home dan (saat itu) Super OS (Ubuntu 9.04).

Untuk XP, kebetulan saya menemukan themes selain flykateOS yang biasa digunakan untuk mentransformasi xp menjadi “mirip” Mac OSX, Yaitu LeopardXP Bricopack. nah, berhubung Bricopack sudah sangat terkenal dengan Vista Inspirat-nya. maka saya tidak ragu untuk mencobanya, walau themes ini baru tahap alpha tapi kan themes ini memiliki fitur uninstall, sehingga saya merasa yakin XP saya ini akan kembali ke keadaan semula. untuk itu juga saya sudah memiliki “serep” yaitu dengan mengaktifkan system restore terlebih dahulu.

Untuk Linux Ubuntu yang saya pakai, saya mendownload themes dari gnome-look.org. nama themesnya yaitu mac4lin.

Baiklah. dimulailah saya mengutak-utik xp. pertama, karena saya sudah menginstal vista inspirat 2, maka harus diuninstall dulu.

Vista Inspirat

Setelah diuninstall dan di restart komputernya, maka saya mulai menginstal LeopardXP tersebut. Sama halnya dengan menginstal program, kita tinggal klik, trusmengikuti petunjuk dengan baik. setelah selesai, maka kita harus me-restart lagi komputer untuk membuat semua fungsi bekerja. dan inilah hasilnya

sakitApple

Karena saya suka sama wallpaper terdahulu maka saya pakai lagi….

mabokmac

Bisa dilihat bahwa hampir 95 % mirip Leopard, jika saja menunya tidak seperti xp. namun untuk dock dan juga launch barnya sangat mirip. Bahkan jauh lebih baik dari rocketdock yang saya gunakan di vista inspirat. segala efek dan transparansinya jauh lebih baik daripada vista inspirat, sehingga mirip sekali dengan Leopard aslinya. Yang paling berkesan adalah adanya efek “fade” yang sudah ada di linux, vista, win7 dan MacOS. kini saya dapat menikmatinya dengan menggunakan xp. selain dari itu efek “standard” Mac OSX seperti dock stack (menumpuk, seperti contoh dibawah), mengecil ke dock ketika di minimize (entah apa namanya itu di mac…) dan beberapa efek bikinan plugins ubericons bisa kita nikmati.

mabok apel

Adapun kekurangannya themes ini seperti disebutkan oleh saya diatas, yaitu ini masih dalam tahap experimental sehingga banyak “bug”nya. salah satunya adalah adanya blink (berkedip) ketika saya mencoba membuka menu diatas. maklumlah masih ver 1.0, terlepas dari kekurangannya itu. ini merupakan themes terbaik dari segi pengemasannya. pokoknya sudah paket komplet deh. maka itu maklum saja jika filenya pun 40MB!, hehehehe.

Namun karena saya mungkin belom terbiasa menaruh taskbar diatas atau aneh melihat xp saya jadi leopard, akhirnya saya mengembalikan xp saya seperti sedia kala, yaitu menggunakan vista inspirat 2. karena menurut pandangan subjektif saya, “windows should be windows” . sangat aneh saja melihat windows ditransformasi jadi Mac OSX, Ubuntu (ada lho) bahkan Fedora (maen gih ke http://riadyawan.wordpress.com). kalau mau transformasi yah ke vista atau seven saja!… hehehe😀

MAC in UBUNTU

Untuk Ubuntu, merubahnya ke Mac merupakan “pilihan yang bijak” hehehehe. kenapa?karena ubuntu sendiri (yang menggunakan GNOME sebagai windows managernya) telah memiliki menu drop down di atas. jadi sebenarnya tampilanubuntu tinggal dipoles sedikit maka kita tidak akan mengenali yang mana ubuntu dan yang mana Mac. Ok, sekarang waktunya berubah *power ranger mode on. untuk merubah Ubuntu sebenarnya sangat mudah tinggal klik juga. tidak butuh compile sana sini lagi. yang kita butuhkan adalah mendownload file mac transformation di sourceforge, yaitu mac4lin. untuk lebih jauh kita bisa liat di gnome-look.org dan tinggal search mac4lin. usahakan dapat yang versi finalnya yaitu mac4lin_1…..

setelah di download, maka kita harus mengekstraknya. setelah itu tinggal cari file install dan pilih run in terminal jika ada popup menu. ikuti baik-baik perintah dan pilih yes (Y) untuk semua pertanyaan. dan walah! semua berubah!

Screenshot-1

Screenshot

saya yakini hampir 95% mirip dengan Mac namun “hanya “ satu yang sedikit mengganggu saya yaitu ikon GNOMEnya masih terlihat. seandainya saya bisa merubah ikon tersebut maka mungkin bisa dibilang ini akan menjadi themes terbaik. tingal ditambah dock (AVN atau Cairo terserah!) dan juga diatur transparansinya di terminal (konsol) maka akan mirip sekali dengan MAC. kalau mau lebih mirip, bisa ditambah gnome global menu….

applefinal

untuk effeknya sendiri, khan Linux mah sudah “built in” tinggal diaktifin efek yang mirip Mac seperti dibawah ini

Screenshot-2

Nah saudara-saudara, bagaimana? pilih xp atau Ubuntu yang sangat mirip dengan Mac? tentu saja tidak 100% mirip, tapi themes mac ini paling tidak akan menjadi pelipur lara bagi kita yang belum mampu membeli mac…. hehehehe…

donlot LeopardXP di sini

donlot Mac4Lin disini

Entry filed under: Hot Free Programs, Linux, MY Happy Lappy, seven is beter than vista, Ubuntu Tips and Story. Tags: , , .

Ketika dunia sudah terbalik Fedora 12: Constantine release!

9 Comments Add your own

  • 1. neng oCHa  |  November 30, 2009 at 10:37

    whaaaa, nice info, mas rangga >:D<

  • 2. riadyawan  |  December 5, 2009 at 11:40

    wwwwooooowwww…. keren mazzz…. ^_^ thumbs up deh…

    pilh dua2’a aja… he7x…

  • 3. Gadgetboi  |  December 5, 2009 at 14:17

    @neng ocha:🙂 tenkyu

    @riadyawan: hehehe .. Cobain aja😛 gratis kok …

  • 4. balajarlinux  |  December 7, 2009 at 23:16

    keren bro ……., ok juga artikel2 nya..
    mantap

  • 5. Noname  |  January 17, 2010 at 14:54

    berkunjung di blog yang keren……. mantaf

  • 6. Siucup  |  January 19, 2010 at 16:14

    berkunjung…

    kalo mau rubah logo kan tinggal download file .png apple logo… trus copy paste deh di tempat logo gnome nya..😀

  • 7. gadgetboi  |  January 20, 2010 at 09:07

    siucup: gimana tuh … ajarin donk

  • […] antara Windows seven (jika melihat tampilannya recycle bin yang sudah tidak kotak jingga lagi) dan MacOSX (melihat tampilan Windows button yang berada di kanan)  […]

  • 9. 10 Things I Love About Me « da Gadgetboi's Blog  |  June 30, 2011 at 20:34

    […] laptop saya, bukan syok karena film porno ariel, miyabi dkk loh, cuman kaget aja dengan tampilan ala macintosh plus conky lah, ada naganya lah, alhasil bingung deh mereka. maklumlah adik, bapak, saudara, dan […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Gadgetboi’s Blog

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 758 other followers

translate this blog

ubuntero

The Ubuntu Counter Project - user number # 29030

Try Manjaro Linux

Unduh Blankon

Download Linux Mint

Calender

November 2009
M T W T F S S
« Oct   Dec »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Recent Posts

Categories

Archives

How Many People lost here?

  • 476,186 people

Online…Online

IP
free counters
Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net
Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net

Check Me IF I’m Online

Support This!

No Smoking
Counter Powered by  RedCounter

%d bloggers like this: