Masalah hilang suara di laptop acer aspire 5583 pasca install ubuntu restricted plugins and fonts (solve)

November 19, 2009 at 18:58 4 comments

Hari ini pagi tadi saya berencana menggunakan ubuntu sebagai os untuk “produktif”. Dan saya pun sibuk dengan ketik-mengetik. Setelah sekian lama muncul juga perasaan bosan. “mau denger musik, ah…” dinyalakanlah music player. Tapi apa yang terjadi… Suara kok hilang. Saya cek di sound, siapa tahu saya kemarin mematikan (emang suka di off) tapi master vol udah poll. Lalu kenapa ini?

Saya mengingat kembali bahwa kemarin kan habis install resticted plugins, hardware temp monitor, bilbo saya engga di restart. Jadi langsung di matiin. Belum sempet di liat perubahannya… Oow.. Jangan-jangan akibat instal salahsatu software itu lagi…

Dimulailah petualangan di ranah google. Dan saya menemukan forum ubuntu swiss yang kebetulan memiliki masalah yang sama dengan saya. Katanya sound tiba-tiba hilang, di sound, hardware intel dan realtek-nya hilang. Mirip banget dengan masalah saya. Solusinya ternyata sederhana, yaitu menginstal gnome alsa mixer. Rupanya masalahnya karena gnome alsa mixer yang biasanya ada default, di karmic koala ditiadakan! Waduh! Kok semakin dipreteli.. Dulu compiz manager, trus wvdial, kini gnome alsa mixer.

Ok, kembali ke masalah:
Install gnome alsa mixer di ubuntu software center (disearch) dan restart. Niscaya sound akan kembali (hehe… Bahasa jadul)

Demikian, semoga membantu.

Entry filed under: Linux, Ubuntu Tips and Story. Tags: .

Test Post Bilbo Blogger Membuat Ruler di microsoft word 2007 tetap berada pada tempatnya (tidak pop up)

4 Comments Add your own

  • 1. tuxlin  |  November 20, 2009 at 00:15

    Pertamaxx!!!!
    Inilah asiknya linux, kalo ada masalah bikin pusing, tapi kalo udah ketemu penyelesaianya jadi bangga… xixixixix….

  • 2. Andy Suhaimi  |  November 20, 2009 at 06:22

    top markotop…. Gadgetboi satu ini selalu bisa cepat mengatasi masalah… worship dah!

  • 3. waroeng ubuntu  |  November 21, 2009 at 18:40

    selamat yah… sebenarnya kalo mau install ubuntu yg sudah terisi aplikasi yg dibutuhkan, beli aja super ubuntu (sekarang super OS) atau coba linux mint ( versi 8 keluar desember)

  • 4. waroeng ubuntu  |  November 22, 2009 at 15:33

    bisa bos he he he

    cuma aku ga terlalu senang krn memang mini compo aku soundnya rusak😀 (maksudnya kadang suara ada kadang ga)

    (mini componya aku colokin ke pc)

Leave a Reply

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Gadgetboi’s Blog

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 759 other followers

translate this blog

ubuntero

The Ubuntu Counter Project - user number # 29030

Try Manjaro Linux

Unduh Blankon

Download Linux Mint

Calender

November 2009
M T W T F S S
« Oct   Dec »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Recent Posts

Categories

Archives

How Many People lost here?

  • 476,360 people

Online…Online

IP
free counters
Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net
Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net

Check Me IF I’m Online

Support This!

No Smoking
Counter Powered by  RedCounter

