nitip…. (mencoba ubuntu 9.10 Karmic Koala di laptop HP compaq Presario V3000)

November 16, 2009 at 09:04 13 comments

hehehe … mungkin para pembaca pernah membaca tulisan saya beberapa waktu lalu yang”menceritakan kisah sedih saya “ditolak” canonical, hehehe. nah, tentu penolakan tersebut tidak akan membuat saya berdiam diri dan pasrah pada nasib, terus melupakan karmic koala…

Nah, mulailah saya berfikir, mencari “strategi” terbaik untuk mendapatkan si koala lucu itu (hahaha, berlebihan..). Mau “menipu” lagi canonical via sepupu atau tetangga kok kayaknya males… abis pasti nunggu lama lagi. mau nunggu info linux dan majalah pc lainnya,tapi kok terlalu lama (takut seperti “kasus” fedora, dimana baru aja dapet dvd fedora 11 dari info linux ehhh sekarang udah mau release yang 12).

Namun entah ada keberanian dari mana (saya khan pemalu :shy: ) saya akhirnya bertanya ke operator warnet apakah bisa membawa laptop saya ke warnetnya dan menggunakan koneksi internet dengan laptop saya. saya terinspirasi dengan mas Andy yang beberapa waktu lalu (juga) berjuang keras untuk mendapatkan si karmic koala. Namun rupanya sang penjaga warnet tidak memiliki “akses root” alias wewenang untuk memutuskan boleh tidaknya saya memakai komputer sendiri. itu hak pemilik warnet katanya. waduh!… mana sang pemilik tidak ada di tempat lagi…

namun sebagaimana seperti semua orang indonesia yang memiliki akal seperti si kancil, saya tidak mau menyerah mencari ide. lalu saya mengajukan pertanyaan ke operator tersebut apakah saya bisa “menitip” donlot Karmic ke dia… menginggat kalau pagi-siang-sore koneksi lemot serta malam tidak mungkin lah saya begadang (walau malam hari justru benwith berlimpah…). da pun setuju. saya tinggal menunjukan dimana link-nya tempat download dan saya bisa dengan santai menunggu besok, hehehehe😛

Esok harinya minggu (sore) yang cerah, dengan bersepeda saya menuju warnet dekat rumah tersebut. senangnya mendengar kata “bisa, mas”. hohooho. rupanya si aa penjaga warnet itu telah berhasil! yipiieee. katanya dengan begadang semalaman (sambil ngegame online…) dia berhasil mendownload iso linux ubuntu yang saya inginkan tersebut. akhirnya saya serahkan USB 1GB saya dan juga uang 10.000. sebenarnya kata si aa, mendownloadnya tidak sampai 10.000 (hitungan billing) (jujur banget dech nih orang, semoga rezekinya di lapangkan oleh Alloh, amien..) , namun tak apalah. hitung-hitung “uang lelah” plus kalau saya begadang khan nanti atit hehehe.

bergegaslah saya pulang untuk mencoba iso tersebut. menggingat sekarang global warming dan juga ubuntu itu cepat sekali perkembangannya. maka sayaputuskan untuk tidak memburn ke cd (karena pasti cd-nya nanti nganggur setelah di install). maka saya pun memakai unetbootin untuk supaya ubuntu bisa boot liveUSB (malah lebih cepat proses instalasinya). nah tinggal nyoba di laptop siapa yah…( hehehehe. soalnya saya masih sayang sih sama blankon saya). tanpa pikir panjang saya memilih laptop adek saya. karena selain Super OS (ubuntu) 9.04 banyak update-nya yang belom di download (walau software sudah lenkap semua), saya susah mengkonfigurasiin soundnya yang belom nyala juga.

Mencobalah saya LiveUSB-nya…. dan jenjreng!…. Ubuntu 9.10karmic koala muncul! yang menarik adalah sound sudah support di laptop hp compaq prsario v3000 adek saya. jadi, enggak perlu pusing lagi! hehehe. saya cek hardware: VGA lancar! berarti compiz juga!, trackpad lancar, semua fn key, shortcut, multimedia shortcut lancar! tinggal wifi yang belom dicoba. karena broadcom bukan driver opensource, maka harus diaktifin secara manual di hardware menggunakan koneksi internet (gampang kok). nah maka dengan ini (penjajahan diatas dunia… hehehehe) saya mencoba mengaktifkannya menggunakan internet modem (pake handphone tercinta) seperti biasa di jaunty. caranya sama kok. seperti diajarkan oleh masiqbal. modemkedetek, bahkan tipe handphone saya pun kedetek! namun kok tidak mau connect (langsung disconnect), wah rupanya masih ada “bug” nich. terus gimana donk? mana tidak bisa menggunakan modem dialup internet telkomnet instant (WVDIALnya belom ada), wifi masih mati, ethernet gak punya! weleh-weleh… kalau gini sih jalannya kita harus ke suhu leluhur pengguna ubuntu nich. masiqbal, mas Andy MSE, be ready, karena saya mau bertanya lagi.. hehehehe (nanyaaaa melulu…)…😀

Entry filed under: Hot Free Programs, Linux, MY Happy Lappy, opensource, Tribute to W950i, Ubuntu Tips and Story. Tags: , , .

Main Nintendo dimana saja (asal ada internet) What!???… Ada kiriman dari shipit???

13 Comments Add your own

  • 1. masiqbal  |  November 16, 2009 at 10:15

    mantab dah… semangat! semangat! laptop compaq-ku lancar melenggang bersama si karmic, kecuali wifinya yang sudah ga disupport oleh karmic😦 jadinya harus manual, hiks… tapi ga ada masalah… untuk koneksi internet pake hp lancar, settingan secara teknis sama kok dengan yang jaunty, mau pake volume base atau time base lancar… ga ditemukan permasalahan yang berarti, berikut settingan manual yang ada di laptopku (saya pake time base) :
    Number : *99#
    Username dan Password : indosat@durasi
    APN : indosatgprs
    Method IPv4 Setting : Automatic (PPP)

  • 2. neng oCHa  |  November 16, 2009 at 10:24

    lho, lho…bukannya sound emang sudah jalan sejak jaunty yah? punyaku udah, soalnya

  • 3. Gadgetboi  |  November 16, 2009 at 11:04

    @masiqbal: mungkin salah di ” * “kali yah. Saya tadi #99# nanti tak coba lagi
    @neng ocha: saya pake super Os, ubuntu hack-an. Mungkin si hacker salah bikin skrip kl yg menyebabkan suara ilang. Kl coba jaunty dari canonical lancar! Tapi itu… Enggak ada isinya. Semua harus donlot! Super OS itu out of the box!

  • 4. gadgetboi  |  November 16, 2009 at 11:19

    @masiqbal: teteup engga bisa…. huhuhu😥

  • 5. Love4Live  |  November 16, 2009 at 13:44

    Hebat!!!
    Hebaaaattt!!!

    Ayooo oprek teruuuusss…
    Hidup FOSS!!!

  • 6. Gadgetboi  |  November 17, 2009 at 00:23

    sudaH bisa mas iqbal! hehehe.

  • 7. masiqbal  |  November 17, 2009 at 07:32

    apa sebabnya?

  • 8. gadgetboi  |  November 17, 2009 at 08:48

    @masiqbal: sebabnya itu saya harusnya memilih other device, bukan merek dan tipe hape saya yang tertera! jadi ubuntunya akan terus mencari modem tersebut kalau kita pilih any device. kalau milih SE W950i malah enggak kedetek. mungkin masih banyak bug di database ubuntu kali yah….

  • 9. kangtatang  |  November 18, 2009 at 00:22

    hi..hi…. coba sama si aa warnetnya bisa titip donlot sabayon linux gak ya? hem…🙂

  • 10. Gadgetboi  |  November 18, 2009 at 01:02

    @kang tatang: wakakak, sesbayon? Busyet itu benwit bisa mencret! hehehe. Tapi patut dicoba tuh …

  • […] sudah tak coba livecd-nya dan semua kedetek! asik.tapi kali ini saya enggak install pake LiveUSB dari aa warnet. pake dari canonical ahhh…. Possibly related posts: (automatically generated)SOLUSI TIDAK […]

  • […] saya mendapatkan ubuntu dari abang tukang warnet dan canonical, saya berambisi membuat ubuntu saya menjadi lebih dari Super OS. setiap hari saya […]

  • […] yang paling heboh kalau ubuntu mau rilis … Untuk karmic dulu, saya bela-belain malah menyogok abang tukang warnet di dekat saya untuk mendonlotkan ubuntu  , Namun untuk Ubuntu yang sekarang malah saya adem ayem. […]

Leave a Reply

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Gadgetboi’s Blog

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 758 other followers

translate this blog

ubuntero

The Ubuntu Counter Project - user number # 29030

Try Manjaro Linux

Unduh Blankon

Download Linux Mint

Calender

November 2009
M T W T F S S
« Oct   Dec »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Recent Posts

Categories

Archives

How Many People lost here?

  • 476,186 people

Online…Online

IP
free counters
Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net
Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net

Check Me IF I’m Online

Support This!

No Smoking
Counter Powered by  RedCounter

