Mainkan Kembali game Nintendo di komputer mu via Emulator

October 15, 2009 at 08:38 35 comments

Setelah beberapa waktu lalu, saya memposting  “main nintendo di hape ber-OS UIQ3”. Sekarang saya sekedar ingin berbagi bahwa (sepengalaman saya) akan jauh lebih maknyus memainkan nintendo (via emulator) dengan komputer, karena  secara ukuran pun beda (ya iyalah hehehe :-p) plus kita bisa nambahin game pad usb. jadi dech semakin mirips aslinya……

degan gamePAD maka Maen Nintendo jadi semakin "real"

degan gamePAD maka Maen Nintendo jadi semakin "real"

OK. setelah komputer plus gamepad (optional sich… tapi emang enaknya pake gamepad daripada keyboard, .. menurut saya loch) sudah siap mari kita sipakan hal lainnya:

Yang terpenting adalah tentunya NES emulator yang dapat di donlot di emulator zone. Disana memangmemiliki banyak pilihan NES eulator. namun ini “top 3” pilihan saya yang menurut saya paling stabil dan banyak fiturnya:

1. VirtualNES: ini paling favorit lah! dari awal saya maen nintendo emulator saya pake ini karena dengan emulator ini kita bisa maen game tembakan (yang harusnya pake tembakan, inget engga??) seperti wild gunman, hogan’s alley, duck hunt dan lain-lain (yang bisa dimainkan dengan mouse). selain itu saya bisa bikin screenshot karena emang ada fiturnya.

maen gunman pake ini... inget khan?

maen gunman pake ini... inget khan?

dengan virtualNESkita bisa maen game ini dengan bantuan mouse

dengan virtualNESkita bisa maen game ini dengan bantuan mouse

2. JNES: ini juga keren karena secara default udah ada “cracknya” sama “cheats” built in. sehingga jika kita ingin curang (nambah nyawa, invincible, dll) ada. tinggal utak utik aja di menu.

3. FCEUX: menurut survei sich paling bagus nich. tapi saya jarang menggunakannya. sama aja kayaknya kayak dua di atas. tapi lumayan  untuk menjadi pilihan.

Bagi Pengguna Linux, walau saya belom pernah mencobanya. tak ada salahnya maen ke zophar untuk mengambil emulatornya.

sekedar catatan. enanya maen nintendo emulator itu engga seperti di nintendo asli. kita bisa save game semau kita dan kita bisa nge-load lagi jika kita inginkan. di tempat kita terakhir maen. jadi engga ngulang lagi maennya. mirip memoricard-nya PS lah. tapi enggak pake Loading, hehehe :p

Setelah Emulator siap, tentu nintendo butuh “cartridge”nya. nah cartridge atau kaset nintendo ini sekarang sudah berupa ROM namanya. untuk menggambil ROM ada beberapa tempat favorit saya yang (kayaknya) ada semua game nintendo yang pernah di buat. weeks! kalow ngoleksi kasetnya bisa satu gudang kali yah!? hehehe :-)) untungnya udah jadi digital (I love digital!) dan sewaktu SD kita bawa-bawa kasetnya (pastinya akan ketauan kalow diperiksa tasnya sama guru) sekarang tuh kaset yang segede gambreng itu ternyata file size-nya cuman dibawah 1mb saja (bahkan ada yang puluhan kb)

ROM Husler

ROMnation

rom world

the old computer

ketiga situs itulah yang paling lengkap dan jarang ada ROM yang broken akibat mungkin gagal proses digitelized…..

Jadi tunggu apa lagi!!! donlot dan mainkan!!!

ini ada beberapa game screenshot…..

game paling klasix!

game paling klasix!

game ini ternyata lebih tua dari saya....

Sebelom Super Mario Bros, ini dulu!

game favorit sepanjang masa!

game favorit sepanjang masa!

p.s: untuk versi linux nanti yah, setelah ubuntu karmic koala ada, saya akan mencobanya…..

Entry filed under: Comic and Catoon, Hot Free Programs, Lets Play Classic Games!. Tags: , , .

Windows Mobile 7 dan Office Mobile 7 Siap Hadir di 2010? Happy Birthday Ubuntu!

35 Comments Add your own

  • 1. waroeng ubuntu  |  October 15, 2009 at 17:43

    gamepad-nya sendiri gampang ga installnya di linux he he he

    eh… gamepad yg 25 ribuan bisa untuk komputer ga yah😀

  • 2. Pencerah  |  October 16, 2009 at 09:24

    wakakakkaa
    jadi ingat masa kecil

  • 3. gadgetboi  |  October 16, 2009 at 10:21

    #pencerah: hehehe :-p emang itu tujuannya….. masa yang paling indah adalah masa kanak-kanak… hihihihihihi

  • 4. gadgetboi  |  October 16, 2009 at 10:31

    #waroeng ubuntu: gamepad langsung bisa dipake boss!! mirip usb flashdisk kok. di kernelnya udah support…. itu yang saya baca di internet… jadi mau 25 ribu kek (yang satu batang yah?) atau 40 rubu kek (itu ada dua gamepad) sama aja mas…. di xp emang ada drivernya untuk “getar” tapi sering eror juga…. makanya saya gak pernah pake….

  • 5. Andy MSE  |  October 16, 2009 at 10:39

    wah… ini wajib diinformasikan ke anak saya nich! hihihi

  • 6. gadgetboi  |  October 16, 2009 at 18:54

    #Mas Andy Mse: hehehe… harus tuh mas…. Biar game jadul terus dilestarikan! (budaya kali… Hehehe)

  • 7. Pradna Satunya  |  October 17, 2009 at 00:52

    bukmerk…sambil nunggu ulasan buat linux-nya

    mupeng liat Super Mario-nya…(dulu ndak mampu beli Nintendo, jadi maennya di tetangga, mangkanya blm sampe tamat😀 )

  • 8. gadgetboi  |  October 17, 2009 at 07:22

    # Pradna Satunya: hehehe… emang super mario is the best lah …apalagi yang seri ke 3nya! kereeeeeennnn banget….

    iya yah… dulu punya nintendo emang elite banget dah…. rumah saya aja dulu di jadiin “markas” hehehe… padahal yang kita mainin di nintendo apa sih? cuman tenis, street fighter, sama game-game gak jelas…. hehehe tapi kebersamaannya yang gw suka! kalau sekarang mungkin maen wining eleven kali yah….

  • 9. Amri MF  |  October 18, 2009 at 17:48

    Aku malah suka game GBA

  • 10. ariosaja  |  October 18, 2009 at 23:35

    manteb broo perlu di coba nih

  • 11. elmubarok  |  October 19, 2009 at 06:50

    di download nih.. kbtuln kmren temen gi nyari NES emulator
    makasih infonya

  • 12. gwgw  |  October 19, 2009 at 14:08

    kunjungan balik bro…, sory gwgw lagi off dulu nih……prei ngeblog…masih sibukx nian…:-)

  • 13. gadgetboi  |  October 20, 2009 at 08:12

    #elmubarok: sama-sama sob!, glad to help…

  • 14. gadgetboi  |  October 20, 2009 at 08:14

    #ariosaja: coba aja brooo…. pasti maknyuuuusss… hehehe :-p

  • 15. aNGga Labyrinth™  |  October 20, 2009 at 22:50

    Ha ha ha… emang PC keren deh

    Saya lebih suka maen game2 PC karena serba guna
    dan gampang nyari nya

  • 16. arihevea  |  October 21, 2009 at 14:21

    hiks.. hiks.. jaman saya SD dulu… ampe nangis.. karena gk ortu gk ada uang buat beli ATari… sampe kemudian jamannya Nintendo… Tenindo.. SEGA.. PS.. PS2.. sampe skr PS3.

    Skr begitu dah kerja.. Mo beli PS2 nih.. hasrat masa kecil yg bentar lagi kesampaian.. hahahaha..

  • 17. gadgetboi  |  October 22, 2009 at 09:16

    #Arihevea: hehehehe…. iya.. dulu juga saya minta beliin game baru susaaahhhh banget. mesti nunggu naik kelas lah… liat raport lahhh… akhirnya bikin “komunitas” aja dech… oiya kalo dah beli ps-nya nanti ikut maen donk …. hihihihihi

  • 18. sexy artist blogs  |  November 13, 2009 at 23:27

    mantap nih ilmunya sob… jadi tambah pengetahuan.. ^_^
    salam kenal dan tetap kerja keras sob karena kerja keras adalah energi kita

  • […] jadul (seperti saya) nich. ingat tidak dulu saya pernah mempost artikel dimana tentang kita bisa memainkan nintendo di komputer. nah ada komen dari pradna, dia tuh ngiler melihat game super mario bros daningin main nintendo di […]

  • […] saya sih berangan-angan kalau bisa saya jadi 10-12 tahun lagi, biar bisa maen nintendo, SEGA, PS one … secara sekarang semua game bisa di donlot dan dimainkan di laptop saya *stuck in […]

  • 21. Pacman 30th Anniversary « da Gadgetboi's Blog  |  May 23, 2010 at 11:22

    […] Kini pacman sudah kepala tiga dan sudah hadir dalam berbagai format. Mulai dari di rilisnya sequel pacman, munculnya miss pacman (ms. pacman) yang terkenal di dunia arcade (atau dingdong kalau di Indonesia), adanya seri spin-off  Pac-Man Plus, Jr. Pac-Man, Baby Pac-Man and Professor Pac-Man, Pac-Man Vs.Pac-Man Championship Edition, clone Pacman yaitu Funny-Man dan juga versi 3D-nya 3-Demon. bahkan pacman hadir dalam format non-game: mulai dari serial TV versi kartun (yang saya sempat tonton di indosiar awal 2000 lalu), permainan board, bahkan tema lagu pacman dibikin lagu full sama Buckner & Garcia dan sempat masuk billboard top 100 segala. intinya pacman adalah game klasik yang tentunya kita tidak akan melupakannya. Saya sendiri sebagai penggemar game jadul (faktor gratis dan tidak mampu beli konsol baru ) masih suka memainkan game ini di format nintendo yang tentunya sekarang saya mainkan via emulator. […]

  • 22. (Dag) Dig Dug menjadi Favorit « da Gadgetboi's Blog  |  August 5, 2010 at 18:05

    […] mau tahu cara mainnya via emulator di sini (untuk windows) dan di sini (untuk Ubuntu dan Linux […]

  • 23. Side Pocket « da Gadgetboi's Blog  |  August 24, 2010 at 01:25

    […] untuk cara bermain di Windows silahkan liat tutorial di sini […]

  • 24. Zee  |  March 16, 2011 at 21:36

    meskipun jadul, tp gpp…
    yg penting tetap menghibur & bisa membuat kita mengenang kembali masa2 dulu bersama nintendo (weleh2)

  • 25. gadgetboi  |  March 18, 2011 at 21:59

    @Zee: bethul:mrgreen:

  • 26. adams  |  December 27, 2011 at 00:15

    trims ya,,, ini game yang gua cari2,,,, sekali lagi makasih…berakhir sudah pencarianku…:-)

  • 27. sukreni  |  July 18, 2012 at 20:24

    gan gimn cara ngistalal game nes di computer !

  • 28. gadgetboi  |  July 21, 2012 at 05:30

    @sukreni: lha kan tutorialnya ada di situ😀 … tinggal pilih pake emulator apa … step by stepnya bisa liat di sini (tinggal disesuaikan saja) https://gadgetboi.wordpress.com/2009/12/28/main-nintendo-di-ubuntu-menggunakan-nintendo-emulator-bawaan-windows/ kalau mau maen online bisa di sini https://gadgetboi.wordpress.com/2009/11/14/main-nintendo-dimana-saja-asal-ada-internet/

  • 29. wanzz53  |  August 24, 2012 at 21:23

    thank brow info nya… biar anak sy jd lawan main nya heheheh

  • 30. selai kacang  |  July 23, 2013 at 12:55

    gokil nostalgia. cirby masih ada ga ya.

  • 31. gadgetboi  |  July 23, 2013 at 13:02

    Masih ada kok saya suka mainin juga😀

  • 32. helmeonk  |  September 22, 2013 at 17:52

    tq gannnn….. akhirnya bisa bales dendam pengen maen nintendo

  • 33. Pangeran MIRZA  |  October 11, 2013 at 05:05

    KENANGAN MASA LALU,
    HAHAHAHA…
    TANKS BRO, LO TAU AJA…
    JJkkkkkkkkkkk
    Saya boleh di kata DEWA jg pada waktu itu…
    apalgi mario bros, 1 nyawa bsa sampai tamat (gak jg sih)
    walaupun SAMPAI NENEKnya PLay Station terbaru keluar, masih gak kalah sama NINTENDO Versi JADUL…
    hahahahah…
    Tanks Banget bro…

  • 34. tђe $ema$a  |  October 16, 2014 at 02:05

    jdi tringat masa kecil,
    nice blog

  • 35. http://fordigo.blogspot.com/  |  September 6, 2016 at 23:48

    Jadi ingat kenangan saya dulu masbro,, Ane suka banget main nintendo sewaktu ane kecil hehe

Leave a Reply

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Gadgetboi’s Blog

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 759 other followers

translate this blog

ubuntero

The Ubuntu Counter Project - user number # 29030

Try Manjaro Linux

Unduh Blankon

Download Linux Mint

Calender

October 2009
M T W T F S S
« Sep   Nov »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Recent Posts

Categories

Archives

How Many People lost here?

  • 476,237 people

Online…Online

IP
free counters
Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net
Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net

Check Me IF I’m Online

Support This!

No Smoking
Counter Powered by  RedCounter

