Cara mudah agar file/web/dll “dicetak” menjadi pdf

October 9, 2009 at 10:36 6 comments

Sudah bosan saya dengan virus di (tapi tetep aja masih pake) windows. Belom lama ini semua dokumen hasil save-an adek saya hilang semua gara-gara virus. Walau sudah di scan dan juga di cure, tetep saja hancur lebur. Sayangnya saya tidak tahu, khan bias saja saya coba me-rescue-nya dengan linux puppy. Usut punya usut ternyata sering sekali virus “nempel” di eksistensi html yang disave adek saya dari internet. Sehingga save-an htmlnya sering ludes “dibersihin” anti-virus.

Akhirnya saya menginstal program untuk men”cetak” html tersebut kedalam bentuk pdf. Karena menurut saya pdf belom pernah bermasalah dengan virus yang merajalela di internet. Maka saya carilah solusi di google dan menemukan ini:

CutePDF. Yaitu sebuah aplikasi layaknya printer. Jadi cutePDF akan bertindak sebagai “printer” yang nantinya akan meng”print” semua file yang dalam aplikasinya memiliki fitur print.

Jadi nantinya tinggal pilih deh antara printer dengan cutePDF. Sesimpel itu!

Asyiknya lagi kita tidak perlu mengkopi link dari website seperti layaknya ketika kita mensave ke html (biasanya link untuk referensi/footnote) karena dalam PDF yang kita “print” tersebut sudah ada link-nya beserta tanggal kita mensave file tersebut. Asik khan? Kenapa saya enggak dari dulu saja seperti ini. Khan engak akan pusing memikirkan copy link dan sebagainya :p

Tutorial cara menggunakannya:

1. download dahulu cutePDF bersama Converternya disini dan disini

2. setelah diinstal keduanya maka kalau pencet ctrl+p atau print di print menu maka akan seperti ini di menu print-nya

cute

3. Tekan OK maka file akan disave seperti ini

cyut

4.  untuk tanggal dan link asal file tersebut sudah ada! jadi ini bermanfaat sekali untuk mahasiswa yang butuh file sekaligus link asal file! (biasanya untuk referensi footnote) asik khan?

cutes

untuk sekedar info. ini udah support windows 7 loch. karena saya udah nyoba di windows seven saya!

nah akhir kata silahkan coba….

Entry filed under: Hot Free Programs, MY Happy Lappy. Tags: , , .

hati-hati akan ada gempa 8 skala ritchter! huhuy….. dapat award dari kangBoed!

6 Comments Add your own

  • 1. Pradna  |  October 9, 2009 at 14:57

    pake Linux Mint / Ubuntu defaultnya kl ndak ada printer malah lgs “Print to PDF”😀

  • 2. gadgetboi  |  October 10, 2009 at 07:41

    iya lach! linux khan lebih advance kemana2. hehehe. enggak repot kayak di windows….. gimana? siap menyambut karmic koala?

  • 3. Andy MSE  |  October 11, 2009 at 20:04

    saya sudah agak-agak lupa sama virus… jadi takut juga sih kalau kejadian seperti itu….

  • 4. gadgetboi  |  October 12, 2009 at 07:21

    doooohhh… yang sudah terbebas virus…. hehehehe…. semoga saya juga bisa 100% ubuntu seperti mas andy, sayangnya saya masih tergantung sama xp….

  • 5. uze  |  November 5, 2009 at 21:27

    tengkyu….ilmu nya sangat berguna sekali…….tengkyu…tengkyu……sangat bermanfaat sekali….

  • 6. gadgetboi  |  November 7, 2009 at 05:16

    @uze: gald could help…

Leave a Reply

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Gadgetboi’s Blog

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 759 other followers

translate this blog

ubuntero

The Ubuntu Counter Project - user number # 29030

Try Manjaro Linux

Unduh Blankon

Download Linux Mint

Calender

October 2009
M T W T F S S
« Sep   Nov »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Recent Posts

Categories

Archives

How Many People lost here?

  • 476,360 people

Online…Online

IP
free counters
Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net
Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net

Check Me IF I’m Online

Support This!

No Smoking
Counter Powered by  RedCounter

