List situs penyedia mp3 gratis (start digitalizing your records)

August 26, 2009 at 08:59 13 comments

Sudah bukan rahasia lagi jika dengan adanya internet pembajakan malah semakin meningkat. hal ini juga dirasakan oleh musisi. Masih ingat kan Napster? wah itu situs penyedia mp3 gretong (baca: ilegal) yang “dikerubutin” sama artis-artis seperti Metallica yang “gerah” karena CD-nya jadi turun angka penjualannya (menurut versi musisi dan produser) gara-gara si Napster. Memang bener sich napster menyalahi undang-undang hak cipta karena mendistribusikan lagu-lagu itu tanpa seijin musisinya. namun akibat “ulah” napster sebenarnya sekarang musisi mulai diuntungkan (kalau mau dibilang begitu… tapi yang jelas produsernya manyun soalnya kan dia yang ngeluarin uang, hehehe). sebagai contoh aja yah: untuk musisi yang tidak sekaliber britney spears dkk lagunya bisa di unduh (donlot geetoo loch) di semua belahan dunia dan itu otomatis membuatnya menjadi semakin terkenal. Metallica memang awalnya paling protes sama napster (sehingga dicibir sama fans-nya sendiri) namun sekarang malah mendukung. usut punya usut ternyata konser mereka semakin banyak (nambah job nich) malahan sekarang metallica semakin dikenali di dataran Africa dan timur tengah (yang dulu boro-boro denger musik metal) dan otomatis CD asli mereka kini beredar disana, karena ada distributor yang mau mendistribusikannya. akibat napster dan situs penyedia mp3 gretong pula lah yang membuat musik metal semakin dikenal sehingga India (mbahnya dankdut) pun sekarang punya hajatan konser rock (ini selama india berdiri engga pernah terjadi) yang menggunadang Iron Maiden (mbahnya metal) dan juga membuat Arab punya musik festival (musik rock pula!). jadi tidak selamanya situs mp3 memberikan dampak buruk bagi musisi toh? untuk musik pop sendiri, kita bisa kasih contoh Lily Alen. dengan bermodalkan myspace saja dia bisa menjadi musisi dunia (lagunya di donlot jutaan).

Sekarang untuk Indonesia gimana? hehehe jangan samakan yah dengan di luar karena justru dengan adanya situs kayak gitu orang indonesia menjadi males dateng ke toko. hehehe. beneran loh. saya jujur aja sedihhhh banget ngeliat toko kaset kok sekarang sepi, kosong melongpong. Saya kalo lagi beli kaset (yah… masih jaman gitu?? hehehe) itu serasa jadi raja (atau dicurigain mau maling? hehehe), soalnya si penjaganya selalu di samping saya dengan siap sedia menolong saya mencari apa yang saya mau beli. padahal beli satu kaset loch! hihihi. ini engga mungkin terjadi 10 tahun lalu dimana orang masih banyak yang ngeborong kaset dan CD seperti ngeborong kacang.

Untuk musisi indonesia juga engga ada ngaruhnya kok. malah mereka sekarang lebih gandrung untuk membuat fans mereka mengaktifkan RBT agar mereka dapet uang. suatu konsep yang pernah di pertanyakan oleh padi. karena hakikat musisi adalah membuat album bukan menjual RBT. namun apa daya, bajakan naik, harga kaset naik dan sekarang akses musik/donlot musik pun bisa lewat hape (seperti saya hehehe:p) sehingga sekarang artis kampret seperti RATU, Artis Sinetron kampret lainnya degan bermodal satu lagu bisa manggung kemana-mana, dari TV hingga panggung (mirip artis dankdut jadinya ya?) modal CD-minus one (atau malah lipsynch sekalian?). Hancurlah musik kita! kasian banget dech artis “serius”seperti padi dan musisi underground. mereka seakan dilupakan (lagian siapa sich yang mau jadiin RBT musik KOIL atau Siksa Kubur? hehehe). namun saya salut dengan mereka karena mereka engga menyerah (walau sekarang terpinggirkan) nalah Koil dan Naif sekarang mengratiskan lagunya via majalah musik dan komputer (frustrasi apa gimana nich? hehehe) supaya orang engga beli bajakan lagi.

melihat fenomena digital ini seharusnya produsen dan label “membaca”  pangsa pasar dan bukan hanya diam saja. kenapa kita tidak menjual konten digital? emang sich udah dijual melalui provider hape da beberapa situs musik seperti itunes dan saya lupa lagi, hehehe. namun menurut saya enggak cukup. kenapa mereka tidak menjual melalui toko. maksudnya emang orang akan dengan susah payah membeli satu lagu melalui online web (seperti saya)? kan mayoritas orang disini engga memiliki akses internet (ditambah banyak yang masih gaptek dalam transaksi OL). ditambah lagi “transaksi” lagu di indonesia kan dari hape ke hape. jadi jika produsen dan label masih menggangap jual mp3 masih riskan. cobalah liat kenyataan. sekarang hampir semua tidak bisa diproteksi. orang windows seven aja udah ada bajakannya. jadi ada baiknya mereka menyediakan tempat untuk mentransfer mp3 bagi konsumen. agar konsumen membeli mp3 secara legal. kan dengan ada toko mungkin satu mp3 akan dihargai 5000 (dibanding melalui provider hape yang bisa hingga 10 ribu. mirip itunes tapi ada tokonya gitu….. itu sich impian saya yah, semoga ada yang mau mendengarkan (atau kita bikin petisi aja?).

OK, ita kembali ke list situs. ngelantur melulu nich. alasan mengapa saya merekomendasikan situs penyedia mp3 gratis ini adalah agar yang punya kaset banyak (seperti saya) bisa men-digitalize-kan album-albumnya kedalam player yang lebih modern (mp3 player). karena berasa sekali saya yang punya kurang lebih 300-an kaset (koleksi dari SD!) dan puluhan CD harus membawa koleksi saya kemanan-mana. emang walkman dan discman saya masih jaman itu? hehehe. makanya saya ingin mendigitalize semua koleksi saya agar bisa masuk ke hape walkman saya, si keren Sony Ericsson W950i yang punya 4GB internal memory. Untuk CD sich semua udah saya convert. nah giliran kaset nich yang susah. walau sebenarnya cuman beberapa lagu sich yang saya butuhkan. akhirnya saya memakai cara “kotor” yaitu dengan mendonlot di internet dech. boleh aja sich donlot (kata saya, hehehe) asal kamu punya album fisik (resmi/asli) aja. kasian donk musisinya kalo cuman kita ngedonlot aja secara gratis (walau pake usaha …. ) apalagi dapet dari temen via hape (orang yang engga mau usaha, hehehe). jadi pastikan punya albumnya dulu yah……

Inilah list situs penyedia mp3 yang menurut saya sangat kompeten:

1. Kohit.net

sangat keren nich situs. koleksi lagu jadul seperti diana ross and the supreme, nat king cole, the ramones ada!

2. mp3-codes.com

banyak lagu berkualitas suaranya disini. namun kalau koneksi pas-pasan bisa langsung hilang ditengah jalan

3. Stafaband.info

tragis sekali nasib band ini. masak situsnya lebih terkenal karena ada search engine musiknya daripada menampilkan band itu sendiri, hehehe.

4. 4shared.com

sebenarnya ini adalah situs untuk menaruh file seperti rapidshare dan megaupload, namun karena lebih friendly (cuman nunggu max 1 menit, minimal 10 detik) maka banyak yang mengupload file musik ke sini, sehingga banyaklah file musik. namun hati-hati terkadang suka menipu. judul sering kali berbeda dengan konten, seperti kemaren saya donlot gigi yang baru (karena males ngerewind cuman untuk denger lagu) yayaya, engga taunya yang saya donlot lagu rhoma irama mirasantika, cape dech…. hehehe. tapi bagusnya situs ini di protect sama kasperkeys anti virus! jadi aman dah!

5. Forsharedmp3.com

kalo di lihat dari namanya kan kita tahu ini adalah “niru” dari 4shared (tapi engga kayak malaysia yang engga mau ngaku niru) karena pada dasarnya isi konten juga cuman “perpanjangan tangan ” dari 4shared.com karena konten memang disimpan di 4shared.com. bagusnya nih situs  (kayaknya punya orang indonesia) khusus menyediain mp3 lokal dan Asia. jadi pencinta musik cina, jepang, korea bisa nyari di sini.

6. beemp3.com

ini juga lumayan lengkap. satu-satu kekurangannya adalah harus memasukan code untuk mengambil mp3 gratisannya. tapi bagi yang memiliki koneksi stabil bisa langsung donlot. yang engga punya koneksi stabil, siap-siap aja ngulang, hehehe. :p

yah itu dia kawan-kawan. sekedar sharing. semoga kawan-kawan membeli albumnya dulu sebelum mendonlot kesini. seperti kita baca mangascanlah. pencinta manga sejati kan pasti akan membeli buku fisiknya untuk koleksi supaya si pengarang tidak ngambek nantinya dan engga bikin manga lagi gara-gara di bajak. tapi untuk artis kampret seperti aura kasih, the sister, mulan jamidonk, ratu dan genk sampah artis sinetron sich sayano komen yah, terserah toh mereka lebih mementingkan RBT…. hehehehe

Screenshot Studio capture #28

bukti bahwa orang indonesia hobby donlot lagu

Entry filed under: My Life. Tags: , .

Tabloid IT indonesia baru bernama Gado-Gado IT Internet (wifi) gratis di klenger burger!

13 Comments Add your own

  • 1. masiqbal  |  August 27, 2009 at 11:19

    iya nih bener banget, saya juga termasuk salah satu pengguna mp3 gratisan hehehe… ampun juragan… (piss) lha mau gimana lagi, mau beli asli agak gimana gitu (bilang aja ga mau!), godaan setan akan internet begitu menggiurkan apalagi dengan banyaknya situs penyedia mp3 gratisan… makin tipis dah imanku tuk beli lagu asli (bukan bajakan), kalo saya biasanya cuman cari list lagu terbaru di inboxsctv or fsmusik.net, trus tinggal download di indowebster deh… dalam sekejap sudah ada di hardiisk laptop kesayangan dan hp bututku… (dance)

  • 2. aziee  |  September 3, 2009 at 22:07

    terimakasih buat info lengkapnya mas, semoga mas ngasih informasi yang ter update

  • 3. gadgetboi  |  September 6, 2009 at 06:59

    sama-sama mas, ini info bukan uptodate karena emang hasil dari pengalaman saya selama “mengarungi” internet, hehehe jadi mohonmaaf jika tidak up to date

  • 4. emmet24son  |  October 4, 2009 at 08:29

    mantap sekali informasinya. dulu saya sempat mengandalkan mp3gle.net, sayang sekarang sudah bubar.

    btw, kalo gak salah denger, salah satu personil metallica juga mulai menggandrungi download musik ‘nggak sah’ dari internet. salah satu musik yang dia download ya musik group band-nya sendiri😀

  • 5. Den  |  December 26, 2009 at 18:22

    Mas mau tanya,,
    apakah anda tahu link-link yang memberi lagu keluaran terbaru?
    maksudnya,,mungkin para penyedia mp3 tersebut punya hubungan tersendiri dengan orang dalam label,cz selalu musik yang belum rilis sudah ada.

    Mungkin anda semua ada yg tahu. terima kasih.

  • 6. gadgetboi  |  December 27, 2009 at 06:22

    @Den: yang paling mudah adalah melihat daftar top 40 dan mensearch dengan google dengan kata kunci judullagu.mp3 dijamin akurat:mrgreen: . sepertinya kalau mas mau lagu-lagu baru di mp3-codes.com … biasanya mereka menampilkan link lagu baru atau yang lagi hits. soalnya itu tempat promosi. coba kunjungi dech. karena saya sekarang lebih suka di 4shared sich:mrgreen:

  • 7. Death … is just the begining « da Gadgetboi's Blog  |  February 17, 2010 at 08:31

    […] pun mulai mencari tahu di internet dengan cara “digitalize ala gadgetboi” dan mulailah mencari list lagu band-band […]

  • 8. What is Yerr Gadget? « da Gadgetboi's Blog  |  March 27, 2010 at 14:31

    […] mini browser, my own “home made blackberry”gadget (mobile email),  Radio Player and MP3 Player   yes my friend, this little gadget can do all that . Officially, I have 2GB iPOD shuffle but […]

  • […] Mobile sudah mensupport Opera Mini    Biasanya … Semakin sering saja saya melengkapi koleksi digital saya  via Opera Mini […]

  • 10. romy  |  January 24, 2012 at 18:05

    ada lagi situs mp3 gratis http://www.nevtun.com/
    4shared,com

  • 11. rendrawardhani  |  April 4, 2013 at 16:33

    saya dengar download lagu indo akan di stop..apaa betul ?

  • 12. gadgetboi  |  April 11, 2013 at 06:12

    @rendrawardhani: betul. perintah sudah ada, namun akan sulit sekali implementasinya, mengingat situs seperti ini mati satu tumbuh seribu …

  • 13. Demifan  |  September 22, 2013 at 13:35

    Aq suka yang forshared itu🙂 mantaaappzz

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Gadgetboi’s Blog

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 758 other followers

translate this blog

ubuntero

The Ubuntu Counter Project - user number # 29030

Try Manjaro Linux

Unduh Blankon

Download Linux Mint

Calender

August 2009
M T W T F S S
« Jul   Sep »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Recent Posts

Categories

Archives

How Many People lost here?

  • 476,186 people

Online…Online

IP
free counters
Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net
Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net

Check Me IF I’m Online

Support This!

No Smoking
Counter Powered by  RedCounter

%d bloggers like this: