Mengenal Distro Linux Indonesia (Jangan mahu di kelaim!)

August 24, 2009 at 09:26 22 comments

Gedek sekali engga sih ngedenger berita beberapa hari yang lalu. Si malingsia malaysia bikin ulah lagi. belom selesai kasus penganiyayaan orang indonesia, eh dia mulai mengklaim kesenian kita lagi. Tari pendet katanya miliknya. alasannya apa coba? cuman karena katanya budaya yang dikita tuh turunannya adalah dari melayu. iiiihhhh amait-amit dech. ngaku-ngaku. emang melayu monopoli mereka! enak aja!. di linux pun turunan banyak, tapi engga ada yang ngeklaim kayak gitu. contohnya DEBIAN itu khan bapaknya UBUNTU. tapi Ian sang pencipta engga pernah tuh mempublikasikan karyanya menggunakan screenshot UBUNTU trus bilang ini BAPAKnya UBUNTU loch!. bangga donk apa yang kita miliki. Malaysia emang masih negara yang belum memiliki apa-apa (apa coba? makanan dari india, ekonomi bikinan cina) sehingga belum memiliki yang bisa dibanggakan oleh mereka, sehingga mereka dengan seenaknya mengklaim milik bangsa lain karena bangsa itu mereka anggap “budak belian” di negeri mereka. makanya sebagai bangsa indonesia kita harus mengetahui kekayaan kita sendiri agar tidak dirampok satu persatu oleh bangsa lain. kita kaya loh sebenarnya…..

1. BlankOn Linux

BlankOn Linux adalah distribusi Linux berbasis Ubuntu yang dikembangkan oleh Yayasan Penggerak Linux Indonesia (YPLI) dan Komunitas Ubuntu Indonesia (Ubuntu-id.org) demi menghasilkan distro Linux yang sesuai dengan kebutuhan pengguna komputer umum di Indonesia. Tujuan pengembangan distro Linux BlankOn adalah menghasilkan distro Linux yang sesuai dengan kebutuhan pengguna komputer umum di Indonesia, khususnya untuk dunia pendidikan, perkantoran, dan pemerintahan. BlankOn 2.0 mendukung multimedia seperti mp3, vcd, dan dvd, serta memiliki thema atau tampilan grafis yang khas Indonesia. Pengembangan BlankOn akan terus dilakukan secara terbuka dalam forum publik. Kegiatan ini diharapkan dapat menghasilkan rilis BlankOn satu hingga dua kali setahun.

BlankOn adalah tutup kepala khas beberapa suku/budaya di Indonesia, antara lain suku Jawa (sebagian besar berasal dari provinsi Jawa Tengah, DIY, dan Jawa Timur), suku Sunda (sebagian besar berasal dari provinsi Jawa Barat dan Banten), suku Madura, suku Bali, dan lain-lain.

BlankOn juga berarti blank (bilangan biner 0) dan on (bilangan biner 1) atau topi digital (modern) dengan tampilan klasik (kuno).

Arti lain kata BlankOn adalah perubahan dari blank (kosong) menjadi on (menyala atau berisi).

Arti filosofi BlankOn adalah harapan agar pengguna distro BlankOn berubah dari belum sadar (kosong) menjadi sadar (berisi) bahwa ada Linux yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan skill di bidang TI, martabat, dan kemandirian bangsa Indonesia.

BlankOn diharapkan menjadi penggerak (activator) atau meningkatkan motivasi masyarakat Indonesia untuk menggunakan dan mengembangkan Linux dan FOSS lainnya. BlankOn juga sebagai pelindung (tutup kepala) dari ketergantungan terhadap software proprietary.

untuk lebih mengenal salah satu distro top 100 ini. mari kita ke situs resminya untuk mengenal lebih jauh. untuk donlot silahkan ke kambing atau ke tempat-tempat cermin lainnya….

blankon nanggar

blankon nanggar

gambar dari situs resmi

2. Kuliax

Kuliax adalah sebuah distribusi Linux LiveCD yang dikembangkan oleh Kuliax Project untuk pendidikan di universitas. Distribusi ini berbasis Debian GNU/Linux dan Knoppix, serta telah dioptimasi ke arah penggunaan desktop Linux. Berkas image Kuliax dapat diunduh dan didistribusikan dengan bebas. Kuliax menggunakan antarmuka pengguna KDE.

fitur yang dimiliki:

  • LiveCD: Anda dapat mencoba/menjalankan Kuliax langsung dari CD dan dapat pula diinstal di harddisk jika Anda menginginkannya
  • Cepat dan responsif: Sistem Kuliax telah dikonfigurasi dan dioptimasi untuk penggunaan desktop, seperti tambalan -ck patchset yang didesain untuk meningkatkan interaktivitas/latensi pada kernel Kuliax, dan lain-lain.
  • Lingkungan yang indah: Kuliax menyediakan antarmuka yang nyaman untuk bekerja
  • Deteksi/dukungan perangkat keras dan konfigurasi otomatis: Kuliax dapat mendeteksi dan mengkonfigurasi hampir semua perangkat keras yang Anda miliki
  • Dukungan komputer dan laptop modern: ACPI, Hibernate, WiFi driver dan utilitasnya, banyak tipe sistem berkas termasuk [[1]] untuk dukungan baca dan tulis sistem berkas NTFS
  • Berisi aplikasi lengkap untuk penggunaan umum seperti aplikasi perkantoran (office), multimedia, produktivitas, utilitas, dan program-program untuk pendidikan khususnya di universitas atau pendidikan tinggi

Riwayatnya kini:

Rilis stabil (terkahir) Kuliax 6.0 pada tanggal 14 December 2006. hingga kini kejelasan mengenai release-an terkini belum ada kabarnya. menurut situs resminya (kuliax.org) mereka masih dalam tahap mengembangkan Kuliax 7.0. untuk lebih lengkap silahkan main ke situs resmi mereka. untuk donlotnya cari sendiri yaaaa… hehehe. soalnya saya negga tau…..

Kuliax

Kuliax

gambar dari wikipedia indonesia dan situs resmi

3. SiKumbang Linux

Saya tahu distro ini dari baca testimonial pengguna linux di infolinux (kalau mau baca donlot disini). seorang yang bernama Yudhi (yang bekerja di toko Azimuth/siKumbang Linux) menciptakan distro dari turunan (remastering) dari fedora 4. hingga kini (kalau engga salah saya liat kemaren pas beli cd linux) sudah ada versi 2.0 (bentuk DVD) untuk siKumbang ini. namun saya engga tau apakah masih menggunakan fedora (kalau engga salah dulu blankon juga menggunakan fedora dech sebelom ke ubuntu) apa tidak. untuk iso-nya sendiri pun saya engga tau donlotnya dimana. paling gampang sich beli aja langsung ke sikumbangnya atau ke toko azimuth untuk menanyakan bisa engga mesen via azimuth. saya pun dulu beli cd linux di azimuth di jalan banteng, bandung.

screenshot sikumbang

screenshot sikumbang

nih orang yang bikin sikumbang

nih orang yang bikin sikumbang

gambar dari infolinux (screenshot)

4. Kinjeng Linux

Saya Tau distro ini dari mas edwidianto, orang yang maniak banget dech sama puppy linux, hehehe (maap mas :p) OS ini dikembangkan oleh kinjeng clan dalam rangka sosialisasi linux di magelang . Kinjeng Os ini membutuhkan resource yg minimal, bisa berjalan mulus pada procesor sekelas pentium 2, ram 64Mb, Hardisk 500Mb.

Dengan resource minimal seperti diatas anda bisa mendapatkan performa seperti prosesor sekelas Pentium 4 dan Amd XP. Kenapa bisa begitu? karena Kinjen banyak memangkas source-2 yg tidak perlu seperti yg digunakan oleh Windows. dan memang itulah kelebihan linux.

Kinjeng Os merupakan hasil remastering dari distro Puppy Linux yang di sesuaikan dengan kebutuhan untuk Internet cafe. Untuk Game online sementara masih kita riset karena masih banyak Game online yg belum kompatible dengan Kinjeng Os. untuk lebih jauh lagi bisa kesini untuk belajar lebih dalam. untuk bagaimana dapatnya, disini

Kinjen linux

Kinjen linux

gambar dari situs resmi

5. ZenCafe Linux

Siapa sekarang pecinta linux yang engga tau zencafe? saya rasa pada tahu semua dech. ini tuh distro untuk internet yang paling rame dibicarain di forum-forum internet cafe. sangat membanggakan sekali memang (semoga tidak di klaim oleh malaysiah). distro yang dikembangin oleh aa Hardiena ini emang keren lah. Berawal dari distro yang bernama LiGOS (Linux for Indonesia Go Open Source) ini pokoknya paket komplet dah untuk warnet. begini cuplikan di situs resminya. “Mainly design to use for Internet Cafe desktop, Zencafe polished in many ways and easy enough to operated. Included autorecovery and internet cafe management software, Zencafe is the best and the first Linux solution that suitable for internet cafe”

jadi jangan ragu untuk menggunakan distro anak negeri ini daripadan nanti diklaim oleh malaysiah. kita sendiri yang nyesel. hehehehe. untuk versi, sekarang zencafe udah ver 2.0 (ada versi ringannya menggunakan iceWM dimana di versi aslinya menggunakan XFCE). memang tidak seringan ver 1.0 yang bisa diinstall dan jalan denganmulus di pentium3 RAM 128MB. sekarang sudah berat. namun menurut si aa, ini emang distro yang engga dibikin mengikuti “babeh”nya, Zenwalk. jadi distro ini mementingkan kestabilan daripada dirilis setiap tahun. begitu katanya…. aniwey, saya ingin mencoba banget distro ini. saya saya beli cd di sikumbang yang udah defact. apes banget yah…. makanya saya ingin banget ngenet ke warnet aa Her ini yang katanyamenggunakan zencafe sebagai OS-nya. kebetulan ada cabang di sekitar bekasi timur, dimana saya tinggal. namun rencana ini belom terlaksana…..

zencafe 2.0

zencafe 2.0

gambar dari situs resmi

5. IGOS Nusantara

Saya kenal IGOS ini dari PCMEDIA yang kebetulan memberikan bonus CD IGOS. Namun sayang, saya waktu itu lagi cekak engga ada uang. jadi membeli majalah itu urung dilakukan. ketika ada uang beberapa minggu kemudian, saya cari udah engga ada….. sedihnnya…😦

IGOS Nusantara 2006 adalah aplikasi desktop yang merupakan distro Linux berbasis Fedora Core 5, dirancang khusus untuk desktop, sangat cocok digunakan untuk perorangan, bisnis, industri dan perkantoran dengan kemampuan yang handal sebagai solusi desktop. Dengan kemampuan untuk membuat/mengedit dokumen, database, spreadsheet, file grafis, maupun akses internet, chatting dan e-mail.

Diinisiasi oleh Kementerian Negara Riset dan Teknologi, IGOS Nusantara 2006 dikembangkan oleh Pusat Informatika LIPI Bandung bersama komunitas OSS, untuk memberikan aplikasi desktop yang bebas tanpa pungutan yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat pengguna komputer di Indonesia.

Aplikasi yang terinstall dalam IGOS Desktop Nusantara 2006 antara lain : sistem operasi (Linux); aplikasi perkantoran (OpenOffice 2.0.3); Internet Browser (FireFox), E-mail Client (Evolution); Chatting (GAIM); pengolahan grafis (GIMP) serta aplikasi multimedia.

Informasi lebih lengkap : http://www.igos-nusantara.or.id

IGOS Nusantara

IGOS Nusantara

dan inilah beberapa distro lokal lainnya (susah nyari referensi bos!, hehehe):

Trustix Merdeka, merupakan sebuah distribusi Linux untuk desktop dengan mengambil basis Trustix Secure Linux. Dengan penekanan pada security, paket-paket aplikasi yang disertakan di dalam Trustix Merdeka merupakan paket pilihan, dengan auditing yang cukup ketat untuk setiap sumber yang disertakan. Distribusi Made in Indonesia ini bertujuan lebih dari sekedar distro Linux saja. Ditargetkan menjadi jalur komunikasi masyarakat Linux dan IT. Bahasa Indonesia yang digunakan dapat dikatakan sebagai faktor pemersatu. Trustix Merdeka terhenti pengembangannya sejak Maret 2003.

Bijax, adalah sistem Linux sendiri yang dikembangkan pada mulanya berdasarkan linuxfromscratch. Bijax dapat dibuat untuk promosi linux, bisa juga digunakan bagi yang mau kenal linux, tapi enggak mau install, distro ini tidak mendukung jaringan.

Rimbalinux, dilatarbelakangi minimnya distro buatan Indonesia, minimnya semangat kerjasama dalam komunitas Linux Indonesia, dan belum ada distro yang mewakili identitas Indonesia, maka distro Rimbalinux dibuat sebagai distro Linux desktop ringan yang bisa dikembangkan (expandable lightweight linux desktop distribution).

TrustCafe, adalah distribusi Linux yang dibuat oleh ATLANTIS INDONESIA bagi yang ingin membuat Warung/Kafe Internet, namun tidak mau dipusingkan dengan Sistem Operasi. Sistem ini ini memiliki modul billing sistem yang terintegrasi dengan TrustCafe. Distro ini menjadi bonus majalah InfoLinux edisi November 2002

ROSe, sebuah distro turunan Knoppix yang di-remaster dengan aplikasi khusus oleh RAB Indonesia. Terdapat dua edisi yang sempat beredar, yaitu edisi Game (dipaket bersama Buku Mini InfoLinux edisi Game), dan edisi Kasir/PoS (bonus majalah InfoLinux edisi Maret 2004).

LinuxSehat, merupakan sebuah program komunikasi (kampanye) penggenalan Linux bagi para pemula, merupakan repackaging dari Knoppix, yang dibagokan secara gratis untuk menyambut pemberlakuan UU Hak Cipta tahun 2003.

Komura adalah sistem jaringan server dan klien yang lebih murah karena sudah disertai sistem operasi tersendiri. Komura sudah memiliki cukup banyak aplikasi untuk penggunaan internet, perkantoran hingga game. Pengguna komputer tinggal menyesuaikan pilihan aplikasi dengan kapasitas hard disk yang dimilikinya. Distro ini menjadi bonus majalah InfoLinux edisi Januari 2004.

De2.UI Debian Depok U-buntu I-untung, terdiri dari sepasang berkas ISO Image. Pertama; berkas ISO instaler turunan UBUNTU Linux. Kedua; kumpulan paket-paket campur-sari terakhir dari Debian, Ubuntu, dan lain-lain. Distro ini biasanya diperbaharui (update) setiap akhir pekan.

InulLinux, sebuah distro berbasis MoviX, live CD yang akan langsung menjalankan MPlayer setelah booting, khusus edisi ini menampilkan video klipnya Inul bergoyang ngebor….(!)

DollyLinux, distro berbasis Fedora Core (info diperoleh dari situs Mas Made di atas, info lebih lanjut belum ditemukan)

XNUXER LINUX dibangun di atas core Debian Sarge 3.1 dimana file binary diambil dari KNOPPIX 3.9. Menurut sejarah perkembangan asal-usul distro GNU/Linux di Indonesia, ada tiga versi Xnuxer, yaitu: versi disket (turunan dari Trustix Secure Linux), versi live (turunan dari Knoppix/Debian), dan versi install (turunan dari Slackware). Konsep/ide yang di aplikasikan di XNUXER LINUX adalah membuat linux  bisa digunakan dengan mudah oleh end-user dengan memaksimalkan/mempercantik  penampilan KDE tanpa mengurangi performance sehingga kalau Anda melihat tampilan  KDE XNUXER LINUX sangat berbeda dengan tampilan KDE yang umum. Sebagian besar file binary yang ada di XNUXER LINUX di ambil dari KNOPPIX 3.9  (Knopper) yang sudah di customize.

Waroeng IGOS, diprakarsai oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Kementerian Riset dan Teknologi, Departemen Komunikasi dan Informatika, Asosiasi Warnet Indonesia, Pasifik Satelit Nusantara dan Universitas Gunadarma. Aplikasi ‘Waroeng IGOS’ mencakup kebutuhan aplikasi warnet 1 server untuk 3-10 klien, PC desktop, aplikasi office, web browser, mail server serta manajemen dokumentasi. Khusus untuk aplikasi office, dikembangkan oleh Institut Teknologi Bandung. WaroengIGOS terdiri atas 3 CD: Server (install) yang berbasis Fedora, Server (live), dan Client (live) yang berbasis Knoppix.

(sumber: lautan indonesia)

Nah teman-temankyu. inilah beberapa distro linux yang saya ketahui. lumayan banyak khan? edah lah pokoknya indonesia. keren. makanya mari kita support mereka dengan memakai distro ini (dual boot juga engga apa-apa). semoga nanti malah akan ada distro yang menjadi distro utama seperti ubuntu. amien….

P.S: Sumber distro ini berasal dari saya sebagian, dari wikipedia sebagian dan dari om google sebagian. hehehe :p

Entry filed under: Linux, My Life. Tags: , , .

Masalah VGA Intel (masih) belum terselesaikan di Linux New Ribbon for new Windows in Firefox 3.7

22 Comments Add your own

  • 1. masiqbal  |  August 24, 2009 at 14:52

    ternyata banyak juga ya distro hasil karya anak bangsa, hidup indonesia!!! malingsia? kelaut aja loe…😀

  • 2. Andy MSE  |  August 29, 2009 at 10:56

    weleh… ternyata banyak banget…
    saya kenal inulinux itu tahun 2003 di saat goyangnya mulai ngeborrr…
    sayangnya dari berbagai distro anak bangsa itu pengalaman saya masih sekuku ireng… yg pernah sy saya hy nyoba zencafe, igos, blankon… jadi pengin njajal semua nih!

  • 3. gwgw  |  October 16, 2009 at 18:59

    waduh…gwgw baru tahu yg ginian….banyak banget…gwgw masih setia ama si suse ama si ubuntu…, gwgw doain deh produk local *anak bangsa* bisa go internasional…amin🙂

  • 4. gadgetboi  |  October 17, 2009 at 07:25

    #gwgw: yak… betul… semoga makin berkembang….

  • 5. Wong Jalur  |  October 18, 2009 at 16:54

    Sebenarnya saya pengen banget nyobain linux dan klo dah bisa ninggalin windows, sayangnya hingga saat ini laptop satu2nya Axioo MNC ini gak bisa diinstall linux. Bisanya linux bawaan, itupun hardisk terformat semua.😦

  • 6. gadgetboi  |  October 20, 2009 at 08:17

    #wong jalur: coba dech ke masiqbal.net, kalau enggak salah ada cara untuk install linux selain linux bawaan….

  • 7. riadyawan  |  November 20, 2009 at 15:31

    maz, mohon maaf saya belon bs review IGOS 09 cz berat bgdz… nie RAM di sekolah ta’ gabungin, 2x 512 jd 1Gb aja masih kempas-kempis jalanin nie distro… tar mungkin saya pinjem laptop tmn yg lebih kenceng lg aja bru nyoba… he7x…

  • 8. gadgetboi  |  November 20, 2009 at 18:32

    @riadyawan: weeks! Beneran berat? P4 plus 1GB gak kuat! Distro macam apakah ini??…. Serem amat, mirip vista…. :O

  • 9. riadyawan  |  November 27, 2009 at 02:48

    iya mas cukup berat, cuma masuk desktop, trz pas ta’ klik start menu’a malah g’ respon sama skali.. mungkin ksalahan saya pas burn iso’a cz dlu pas burn blankon pake speed 48x berat tp pas ta ulang pake 16x lumayan, lbih ringan.. mungkin cb ta’ burn lg pake speed yg lbih rendah..

  • 10. aqis  |  December 5, 2009 at 20:31

    moga makin canggih TI indonesiaku..
    IGOS 09’ya ada yang lebih minimalis mas??
    cz beray sekali..

  • 11. gadgetboi  |  December 6, 2009 at 12:06

    @aqis: ada kok, versi yang pake LXDE desktop environment. jauh lebih ringan dari versi GNOME …🙂

  • 12. zhu1  |  January 10, 2010 at 11:17

    Wuih…sip dech ..infonya !!! masak sih zencafe 2.0 lemot klo di PIII???? wah 2 padahal aku install P3 pake itu ee:(

  • 13. gadgetboi  |  January 12, 2010 at 07:26

    @zhu1: iya .. kalau RAMnya sedikit kayak saya🙂 tapi kalau RAMnya diatas 256 mah bisa lah lebih cepat:mrgreen:

  • 14. kimsanada  |  February 17, 2010 at 21:37

    wah bangga yo…. jadi orang indonesia..😀

  • 15. endryash  |  March 1, 2010 at 21:06

    wah baru tahu saya trnyata bnyak linux os buatan karya anak bangsa

    izin copas ya skalian ma backlinknya

  • 16. gadgetboi  |  March 3, 2010 at 07:12

    endyash: silahkan …

  • 17. pipi  |  June 9, 2010 at 15:16

    kalo kapasitas ram 382 mb cocoknya pake distro yg mana ya .??

  • 18. gadgetboi  |  June 9, 2010 at 16:11

    @pipi: banyak kok:mrgreen: mulai dari xubuntu, Lubuntu, linux mint dengan openbox, slackware versi xfce, zenwalk,dll hehehe buanyak kok. kalau mau maksain ubuntu juga sebenarnya bisa, tapi nanti pilih sofware yang untuk xfce ajah, yang ringan-ringan gitu … biar enggak makan RAM terlalu banyak …
    kalau saya favoritnya yah ini https://gadgetboi.wordpress.com/2009/08/01/top-5-lightweight-linux-distro-my-choice/

  • 19. pipi  |  June 9, 2010 at 16:30

    saya sih udah download ubuntu 9.10 ..
    kalo diantara yg disebutin dari xubuntu, Lubuntu, dll yg paling di recomend yg mana ya .??
    hehe maklum newbie😛

  • 20. gadgetboi  |  June 9, 2010 at 19:59

    @pipi: kalau udah punya Ubuntu dan udah diinstall jangan donlot xubuntu, lubuntu!!!!! tinggal download aja Desktop Environment untuk xfce (yang dipake Xubuntu) dan LXDE (yang dipunya Lubuntu) … yang mana yang bagus? silahkan coba … kalau yang paling ringgan yah LXDE … tapi ada baiknya coba baca pengalaman master linux dari solo di sini yah: http://andy.web.id/menyuntikkan-lxde-atau-xfce-di-ubuntu.php good luck and happy tweaking:mrgreen:

  • 21. eko  |  October 18, 2010 at 11:46

    mas coba deh nyobain TORRO OS dari palu n ANOA LINUX dari kendari…search aja di google….

  • 22. gadgetboi  |  October 20, 2010 at 16:21

    @eko: okay … saya cek dech😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Gadgetboi’s Blog

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 758 other followers

translate this blog

ubuntero

The Ubuntu Counter Project - user number # 29030

Try Manjaro Linux

Unduh Blankon

Download Linux Mint

Calender

August 2009
M T W T F S S
« Jul   Sep »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Recent Posts

Categories

Archives

How Many People lost here?

  • 476,186 people

Online…Online

IP
free counters
Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net
Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net

Check Me IF I’m Online

Support This!

No Smoking
Counter Powered by  RedCounter

%d bloggers like this: