Upgrading My Old PC

August 9, 2009 at 09:14 5 comments

Akhirnya setelah sekian lama PC Desktop saya “merana” dengan spek yang “pas-pasan” di era core 2 duo ini: Pentium 3 933mhz dengan RAM 128mb. Saya upgrade sehingga dia bisa “nafas” sedikit. sebelumnya PC saya ini di instal win98SE (OEM) hingga setahun lalu ketika motherboard dan Harddisk tersebut rusak. sehingga setelah “upgrading tahap satu” ini dilakukan (harddisk menjadi 40GB yang sebelumnya 20GB), yang reparasi menyarankan untuk memakai XP (bajakan tentunya) SP1 daripada menginstal win98SE (asli) yang sudah ketinggalan jaman. menurutnya juga PC saya mampu jka hanya cuman SP1 saja.

Tentu saja saya terpancing. hehehe lagi pula bapak saya (pemilik de facto PC ini) tidak keberatan asalkan diinstalin game favouritnya yaitu bounce. Maka diinstal-lah SP1 tersebut. hingga pemakaian setahun, ini saya  baru ngeh (karena bukan saya yang sering memakai PC ini jika kinerja XP1 sangat membebani Processor yang sudah uzur. karena kalau saya liat  kinerja processornya dan harddisk. selalu mentok ke 100 persen. padahal cuman menjalankan program standar seperti word dan juga game bounce. Saya periksa rupanya RAM telah melebihi RAM fisik yang ada. sering melebihi 128MB sehingga dia menggunakan Harddisk saya. saya jadi ingat kejadian laptop saya yang sebelumnya belum saya upgrade ramnya yang masih 512MB dan saya menjalankan program berat. sangat kasihan sekali.

Jelajah Maya

Lalu saya berpetualanglah di dunia maya ini sampai saya menemukan referensi puppy linux. Distro ini rupanya sangat kecil memakan resource. dan cocok untuk PC jadul. lalu saya cobalah live CD nya. dan memang betul dia lancar jalan di live CD walau saya hanya memiliki 128MB RAM. setelah dipikir2, saya ingin menginstal secara permanen di harddisk saya dengan dual boot (xp aan dipakai sampai saya tahu cara menggunakan wine untuk menjalankan bounce kesayangan bapak saya). namun hal ini tidak berjalan dengan lancar. karena saya gagal dalam menginstal ke dalam harddisk walau saya telah bisa menginstal grub. entah kenapa puppy tidak mau boot. putus asalah saya.

MicroXP yang membuat frustrasi

Setelah gagal menginstal puppy, tanpa sengaja saya membaca artikel tentang microXP yang merupakan versi kecul dari XP yang katanya bisa jalan lancar di PC jadul dengan RAM hanya 64MB saja. Penasaranlah saya, mana Hanya 100MB lagi installernya. wah edan banget. berarti 7 kali lebih kecil dari aslinya. Setelah mendonlot dengan susah payah. saya cobain dulu di Virtual Box dan rupanya bener instalasi hanya membutuhkan 5 menit. tidak seperti aslinya. namun konsequensinya di microXP engga ada apa-apa. sunyi sepi sekali. hehehe. bener-bener di rombak total deh pokoknya.

mulailah saya mencoba di PCjadul setelah saya burn. namun apa yang terjadi saudara-saudara. rupanyainstallernya tidak mau masuk setelah pengkopian ke harddisk sudah selesai. saya coba di rubah biosnya. tetep tidak bisa. mencari di mbah google. katanya ada yang longgar. tetep tidak bisa. saya pake XP SP 1 pun gagal. takut sekali jika PC ini emang udah “gim” alias engga bisa dibenerin. untungnya (dan enaknya) ada blog. Dengan cukup memposting komen kepada beberapa ekspert komputer di dunia maya ini akhirnya saya mendapat pencerahan. plus Si Rischan pun secara “exclusive” menulis posting tentang error pada installasi. enak khan di internet? coba loe kirim pertanyaan ke majalah komputer, busyet dah. kapan tau dech bakalan di tanggapi. I love Internet!

Upgrade It Is….

Setelah dengan seksama mengaplikasikan teori dari si Rischan akhirnya saya tau permasalahannya. yaitu “bread crum” alias karena terlalu banyak “remeh” di harddisk. mau tidak mau saya delete dan re-format lagi biar “bersih”. emang sich langsung bisa instal tuh microxp. namun saya kurang sreg walau emang jadi “wuss..wuss..wuss” daripada xp SP1 standar. tapi konsequensinya engga ada deteksi pada VGA sepertihalnya XP standard. darimana saya dapet driver Sis 64 coba? orang secara default ini VGA gak di support untuk XP. jadi itu dulu “kebaikan” XP yang sudah mendetek driver saya. parahnya nih GA engga taunya cuman punya 2MB di dalamnya.pantes cuman mentok di 800×600 resolusinya. wah makin bulat aja dech tekat saya untuk upgrade. berbekal duit 150.000. saya pun hunting ke toko reparasi komputer. rupanya ada tuch VGA Nvidia 32MB sama RAM 256MB. lumayan lah walau bekas. setelah nego, akhirnya semua dibeli dengan 140.000. lumayan murah sich. mana dengan proses instalasi hardware lagi.

Tada! sekarang Pentium 3 saya layaknya di kasih steroid. hehehe. menurut abang di toko reparasi PC tadi katanya sayang kalau cuman pake SP1. 256 MB (tambah 128MB) ituh sudah cukup untuk diinstalin SP2. saya erimalah saran itu. Saya instal dengan SP2 dan benar saja. PC saya sudah mampu menghendle SP2 dengan baik. tidak ada beban yang berarti ketika saya mencoba aplikasi, CPU masih di kisaran 10 persen. keren! mungkin ini karena VGA baru itu sehingga tidak membebani RAM saya. senangnya… tinggal nyari distro linux nich. yang mampu di handle kompi saya tentunya… soalnya mendengar cerita kang tatang (yang kompinya engga jauh speknya dari saya). pentium 3 tidakbegitu gesit untuk Ubuntu Jaunty… mungkin Xubuntu kali…?? entah lah yang jelas saya sekarang sedang beruang keras nich untuk ngedonlot Blangkon versi Minimalis. doain saya yah!

Entry filed under: Below 32 Bit. Tags: .

Menggunakan Internet Indosat di waktu sore Mimpi Yang Aneh

5 Comments Add your own

  • 1. rischan  |  August 9, 2009 at 12:11

    keren mas…mending masih punya kompie..hehe sy malah g punya..ya ada banyak di servisan hehe ..pingin tapi pingin notebook..hehe tapi uangnya yang g pingin hehe😆

  • 2. rischan  |  August 9, 2009 at 12:15

    sob…faviconya koq lum ganti..hehe ..d coba aj…

  • 3. gadgetboi  |  August 10, 2009 at 07:02

    belum chan kok enga ada?

  • 4. gadgetboi  |  August 10, 2009 at 09:17

    di doain semuga keinginannya terwujud. amien

  • 5. IGOS Nusantara 2009 Telah Hadir « da Gadgetboi's Blog  |  November 10, 2009 at 07:23

    […] banget enggak sih ini harus dicoba! saya akan mencoba yang versi LXDE ah… biasa untuk compi jadul saya. berhubung installernya lumayan kecil (bisa lah di donlot…) Mau tau lebih jauh? ke […]

Leave a Reply

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Gadgetboi’s Blog

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 758 other followers

translate this blog

ubuntero

The Ubuntu Counter Project - user number # 29030

Try Manjaro Linux

Unduh Blankon

Download Linux Mint

Calender

August 2009
M T W T F S S
« Jul   Sep »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Recent Posts

Categories

Archives

How Many People lost here?

  • 476,186 people

Online…Online

IP
free counters
Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net
Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net

Check Me IF I’m Online

Support This!

No Smoking
Counter Powered by  RedCounter

