Comparing Ubuntu and PC Linux OS 2009.1 while they were in my Acer Aspire 5583 Laptop

August 4, 2009 at 10:02 3 comments

Seperti diketahui (dari post saya sebelomnya) jika saya sudah pernah menginstal Distro Linux yang sangat popular yaitu, Ubuntu dan PC Linux OS. Dari sekian banyak Distro yang pernah singgah dan dicoba, jujur saja cuman dua ini yang sagat berkesan di hati saya (ciee…  hehehe :p). OK mari kita lihat keunggulan dan kekurangan mereka masing-masing di laptop kesayangan saya ini.

Tampilan

Dari Segi tampilan, jujur saja saya lebih menyukai Gnome. Karena itu saya penasaran sekali dengan PC Linux OS versi Gnome-nya yang kalau dilihat dari screenshot-nya. maka itu jika saya memilih antara Ubuntu dengan PCLinuxOS, maka saya memilih Ubuntu. entahlah, mungkin KDE terlalu mengingatkan saya kepada windows. sehingga jika saya memakai linux, saya ingin sekali “completely different” dari apa yang saya pernah pakai. hehehe. mungkin ini konyol sekali, tapi bener kok. apalagi jika saya melihat tampilannya mirip-mirip xp, seperti OmniaXP. maksudnya memang ingin mengiring pengguna awam untuk meninggalkan bajakan, itu bagus. Tapi percuma saja, soalnya “daleman”nya khan masih linux. jadi saran saya sih untuk pengembang linux sebaiknya bikinlah distro yang sesimple dan easy user aja dech seperti kedua distro ini. dijamin orang akan mengantri untuk menggunakannya. hehehe.

tampilan standard ubuntu

tampilan standard ubuntu

Performa di Laptop Acer Aspire 5583

Dari segi performa, keduanya memang bagus. namun seperti yang diketahui semuanya, bahwa akhir-akhir ini ubuntu kurang bersahabat (atau kernel linuxnya yang bermasalah?…) dengan pengguna VGA on-Board dari Intel. Untuk pengguna desktop sih enak. bisa upgrade. tapi ini yang saya pake khan laptop. jadi yah stuck with it aja. akhirnya setelah saya tidak bisa ber-compiz-ria dengan ubuntu (pertama karena secara default tidak di support, kedua setting-an untuk compiz yang biasanya ada di menu appearence ikut hilang dan harus donlot sendiri😦 ) dengan PCLinuxOS semua udah ada. saya bener-bener puas bikin cube, fire dan lain-lain. hehehe mirip anak kecil yang baru nemu maenan baru. namun saya pikir performanya Compiz juga belum sempurna bener. mungkin ada beberapa update yang saya harus lakukan supaya bisa optimal. dengar kabar bug pada intel juga sudah diselesaikan oleh ubuntu. sayang saya sudah keburu menguninstalnya.

performa VGA juga rupanya mempengaruhi kinerja laptop saya. walau Ubuntu sudah mensupport lcd saya hingga 1280×800 by default (itu standard max WXGA laptop), setelah mengaktifkan Compiz Fusion, performanya tidak lazim bagi sebuah OS linux yaitu sering ngehang, biasanya kan kerjaan ngehang mah itu udah trademark Windows, hehehe. mana ctrl+alt+backspace itu khan belom diaktifin secara default di ubuntu. jadi ya, harus hard reset. kasian laptopkyu karena saya mengalaminya untuk beberapa kali. solusinya sebenarnya gampang saja untuk itu yaitu JANGAN DIAKTIFIN COMPIZ-NYA!. tapi khan rasanya aneh memakai linux tanpa compiz. walau effek yang aktif hanya wabbly windows alias bikin windows kayak jelly.

Kompabilitas

Dari segi kompabilitas alias cocok engga sama hardware di laptop saya ini. Saya bisa jawab bahwa keduanya sama baiknya. pokoknya ketika saya memakai PCLinuxOS dan Ubuntu, hampir semua hardware saya kedetek dan langsung bisa digunakan (untuk wifi lumayan mengganggu sich langsung on ketika kita menyalakan). yang belum dicoba sih ethernet (untuk pclinuxos sih kedetek langsung marvell yukon saya) karena belum punya ADSL hehehe, untuk card reader juga belom karena engga punya card hehehe, untuk PCMCIA juga belum. Yang ingin saya coba tuh sebenarnya modem internal untuk ngenet di telkomnet. lumayan khan. namun apa daya, referensi untuk kedua linux ini belum saya temukan di mbah google.

Kemudahan

Seberapa mudah kedua linux ini, sebenernya sama mudahnya. untuk PCLinuxOS, kita dimanjakan dengan banyak aplikasi (bahkan ada skype), untuk  Ubuntu saya dimanjakan dengan gampangnya koneksi dengan internet. karena secara default sudah ada setting untuk provider internet indonesia. enak khan?. saya aja cuman tinggal ngisi nama sama password untuk mengakses internet di mentari. dibandingkan dengan PCLinuxOS dengan KPPP-nya yang hingga saat ini belum saya temukan reverensi untuk mengakses mentari. tapi pada akhirnya saya akan bisa kok.

Yah, segitu dulu saja komparasi saya. mungkin reverensi saya akan bertambah ketika mengulik lebih dalam kedua OS ini. Saya rencananya ingin membeli InfoLinux edisi terbaru yang menyertakan edubuntu. semoga saja sudah ada patch untuk intel sehingga saya tidak harus mendownload update.dan semoga saja nanti PCLinuc OS versi GNOME di sertakan di InfoLinux (berharap….) soalnya saya ingin sekali mencoba versi Gnomenya yang keren (warna defaultnya item)

Entry filed under: Linux, MY Happy Lappy, Tribute to W950i. Tags: , , , .

Blogger masuk MURI Bosan dengan Tampilan Standard XP, Ganti aja!

3 Comments Add your own

  • 1. nahdhi  |  October 26, 2009 at 12:14

    Punya saya tak aktifin COMPIZ lancar-lancar aja kok mas. Ah mungkin itu karena VGA Onboard sampeyan yang “kurang bagus”. Punya saya VGA-nya Radeon HD3200 di laptop Compaq 515. Luancir—-cir—-

  • 2. gadgetboi  |  October 27, 2009 at 07:57

    @nahdhi: sombongnya…. :)) hehehehe . emang di linux VGA intel masih ada bugnya mas…. enggak tahu nich di ubuntu 9.10 udah dibenerin belom bugnya…..

  • […] hanya saya gunakan liveCD (yang bisa liveCD) … sekarang laptop saya diinstal fedora dan pclinuxos 2009 kembali …  alasan sederhana karena pclnuxos sudah lengkap-kap-kap enggak perlu pusing […]

Leave a Reply

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Gadgetboi’s Blog

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 758 other followers

translate this blog

ubuntero

The Ubuntu Counter Project - user number # 29030

Try Manjaro Linux

Unduh Blankon

Download Linux Mint

Calender

August 2009
M T W T F S S
« Jul   Sep »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Recent Posts

Categories

Archives

How Many People lost here?

  • 476,186 people

Online…Online

IP
free counters
Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net
Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net

Check Me IF I’m Online

Support This!

No Smoking
Counter Powered by  RedCounter

