Top 5 Lightweight Linux Distro my Choice

August 1, 2009 at 09:52 Leave a comment

Setelah saya mempublish (taelah….) Top 5 Distro pilihan. kini saya ingin mempublish top 5 linux yang ringan. Alasan saya mencari dan membuat list ini juga karena saya sedang mencari distro yang tepat dan upto date (tentunya) untuk komputer jadul saya. dengan spesifikasi Pentium 3 933mhz dan RAM 128MB sangat sulit sekali mencari distro pilihan yang mudah dan tentunya sesuai dengan komputer saya. Setelah membaca, mencari reverensi maka saya dengan bangga mempersembahkan inilah top 5 linux ringan pilihan saya.

1.  Puppy Linux

Alasan memilih puppy sebagai distro penganti windows 98 SE saya yang sudah ketinggalan jaman adalah sebenarnya simple aja. karena puppy memang di design sebagai pengganti win 98 mungkin. itu bisa kita lihat dengan tampilan menunya yang mirif dengan win 98. linux ini juga lumayan user friendly (saya sudah coba live cdnya). sudah plug and play alias engga usah instal codec karena sudah ada. tampilan puppy yang versi 4.2 pun engga malu-maluin. udah ada gadget bar segala. keren dah pokoknya. win 98 lewat. mana cuman 100MB lagi. saya yang fakir bandwith lumayan bisa ngedonlot kalo cuman segitu (sombong , hehehe ). cuman sayang saya belom bisa nginstall ke dalam harddisk (walau di harddisk sendiri sudah ada tapi pas direstart engga mau boot  walau saya sudah setting MBR dan grub-nya segala).

walau saya donlot yang versi retro (untuk kompi jadul) tapi tampilannya tetep kaya yang standard, keren!

walau saya donlot yang versi retro (untuk kompi jadul) tapi tampilannya tetep kaya yang standard, keren!

2. ZenCafe

Ini memang distro yang saya ingin sekali mencobanya. ada dua alasan. pertama. karena ini distro indonesia. alasan keduanya yah karena ini memang cocok untuk spek kompi saya yang jadul. jujur aja sebenarnya saya kepengen mencoba warnet yang menggunakan distro ini sebagai OSnya. namun sampai sekarang saya belom kesampaian mencobanya. jujur aja warnet linux di daerah saya jauhhhhhhhh sekali. di bandung pun tempatnya katanya sih cuman ada satu yaitu di cimbuleuit. di bekesong bekasi pun sangat jauh. dari ujung ke ujung kali. jadi yah… belom nyoba. makanya dengan pedenya saya membeli distro ini di sikumbang di bandung.namun ternyata defact! oooohhhh tidakkkk! mana sekarang lagi liburan di bekasi lagi…..

lumayan friendly khan GUInya

lumayan friendly khan GUInya

3. TeenPUP

sebenarnya ini adalah bagian dari puplets mungkin alias hasil mastering dari puppy (rupanya puppy sama populernya di kalangan small linux samahalnya ubuntu di distro standard mungkin…).  kalau saya suka sama puppy kenapa saya taruh di no 3? yah rupanya, selain sulit nemuin distro ini (belom terkenal seperti zencafe dan puppy serta mesti mail order) di toko linux standar langganan deket rumah saya. paketnya pun menjadi menelembung hingga sampai dua kali paket puppy asli. mungkin jadi semakin banyak pilihan aplikasi saya engga tau dech.intinya, sebagai fakir bandwith saya belom mampu, hehehe.

jauhlebih modern tampilannya dari puppy

jauhlebih modern tampilannya dari puppy, cocok untuk pelipur lara bagi yang engga mampu nginstall vista di komputernya

4. Slax

merupakan versi kecil dari slakware. emang biasanya cuman digunakan sebagai live cd atau untuk flashdisk, namun setelah melihat dan mencobanya di virtualbox. saya menjadi naksir berat nich. karena rupanya suport laptop juga (waktu itu virtualboxnya saya install di laptop dan langsung ada indikasi batre). jadi jika punya laptop jadul. boleh juga nich…. jujur saya belom install tapi hanya di virtualbox. live cdnya pun belom saya coba dikompi jadul. jadi belom seratus persen sure nich. mana sampai sekarang belom tau minimum requrementnya lagi… ada yang tau???

sampai sekarangbelom tahu kenapa iconnya dipilih sneaker, ada yang tau?

sampai sekarangbelom tahu kenapa iconnya dipilih sneaker, ada yang tau?

5. Damn Small Linux AKA DSL

Sebenarnya awal saya mengenal distro ringan, saya kenalan sama nih distro dulu sebelum saya tau puppy, slax zencafe dan sebagainya. sudah mencoba live cdnya dan memang bener kalo ini jauh lebih ringan dari puppy. tapi sampai saat ini belom bisa dibilang user friendly. kalo mau ke menu harus click kanan (mirip puppy yag memiliki fasilitas seperti ini) dan engga ada menu bar. jadi memang harus beradaptasi. saya hanya puas maen di live cd (waduh… kasian cd rom samsung jadul saya…..

masih jadul seperti win 95 tampilannya

masih jadul seperti win 95 tampilannya

Entry filed under: Below 32 Bit, Linux. Tags: , .

Berita sama infotainment sama saja! Lupa kalo bisa ngeblog di Opera Mini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Gadgetboi’s Blog

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 758 other followers

translate this blog

ubuntero

The Ubuntu Counter Project - user number # 29030

Try Manjaro Linux

Unduh Blankon

Download Linux Mint

Calender

August 2009
M T W T F S S
« Jul   Sep »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Recent Posts

Categories

Archives

How Many People lost here?

  • 476,186 people

Online…Online

IP
free counters
Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net
Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net

Check Me IF I’m Online

Support This!

No Smoking
Counter Powered by  RedCounter

%d bloggers like this: