Installing Kubuntu 9.04 on my laptop Acer Aspire 5583

July 15, 2009 at 08:32 Leave a comment

Akhirnya setelah menimbang, memutuskan dan menetapkan. Saya menginstal Kubuntu 9.04 di laptop saya. Tentu ini akan membuat PC Linux OS yang baru saya install akan saya hapus. Kenapa saya menghapus PCLinuxOS? bukankah ini distro sudah lengkap dan komplet? yah ini dikarenakan saya sayang saja kalo cd Kubuntu yang baru datang tidak di manfaatkan, hehehe :p . kan Canonical sudah “capek-capek” ngirim, eh.. cuman dianggurin…

sebab lain juga karena saya belom bisa setting KPPP di PCLinuxOS 2009 ini. Kan saya tidak punya broadband ethernet apalagi wifi…. kalo punya keduanya mungkin saya tidak perlu pusing-pusing ganti distro. karena sepengetahuan saya du Ubuntu itu sangat gampang setting internetnya tinggal plug and play. mana saya dengar kalo ubuntu telah membuat patch untuk intel. jadi klop dech. Ini juga menjadi ajang saya untuk “berkenalan” dengan KDE versi4.2. jujur pertamakali menggunakannya saya sangat bingung. tapi yah nanti saya akan dan harus bisa membiasakan.

seperti biasa, pertama yang kita lakukan adalah mensetting bios di komputer kita agar cd-rom lah yang pertama diboot. terus selanjutnya tinggal mengikuti wizard cd aja. saya langsung instal ke laptop saya, karena saya engga sabar ingin internetan. setelah menunggu beberapa belas menit, muncullah GUI keren berwarna biru. saya liat versi KDE ini kayaknya banyak add-in yang tidak ada di Ubuntu. seperti Gadgets dan juga setting untuk compiz yang sudah built in. tidak seperti Ubuntu yang harus mendonlot screenlets dan juga compiz fusion manager. tapi setelah mencoba compiz, rupanya cd ini belom di add patch untuk bug intel. karena beberapa fitur seperti cube sama fire engga bisa aktif walau saya udah coba aktifin seperti biasa. jadi memang harus di donlot tuh update! huhuhu…..

inilah Kubuntu, tidak seperti Ubuntu yang harus donlot screenlet. di Kubuntu udah built in gadget

inilah Kubuntu, tidak seperti Ubuntu yang harus donlot screenlet. di Kubuntu udah built in gadget

setelah mengutak-atik beberapa fitur dan mulai membiasakan diri untuk mencoba menu KDE 4.2 ini (masih pusing juga sich, mirip win vista atow 7, bingung. saya lebih suka menu classic seperti xp atow 98. tapi belom bisa nemuin gimana supaya bisa ke mode KDE 3.xx) saya sekarang mencoba setting internet dengan mencolokan hape saya ke usb seperti biasa. namun…. apa yang terjadi saydara-saudara! rupanya kok tidak ada auto setting seperti Ubuntu yah? di ubuntu saya tinggal ganti pasword dan username karena setting provider seluruh indonesia sudah ada. jadi mau tidak mau saya harus setting dengan cara manual.

ini menunya mirip banget sama windows, ada fitur searchnya, bedanya windows dibawah, ini diatas

ini menunya mirip banget sama windows, ada fitur searchnya, bedanya windows dibawah, ini diatas

setelah setting dengan cara manual. saya mencoba log in alias masuk ke internet. tapi kok error ya? padahal udah saya sesuaikan loh dengan yang di internet (terpaksa buka opera mini andalan saya!) tapi hasil masih nihil. huuuuu penonton kecewa! saya akhirnya mulai blog-walking dan browsing kesana-kemari. rupanya ada beberapa fitur connection manager kubuntu ini yang masih bug. weekk! apes banget! kok Kubuntu mirip vista sich, banyak bug! pikir aku. wahhhhh gimana mau update kalo sekarang aja engga bis konek. katanya di web ada beberapa cara, yaitu menggunakan wvdial sama KPPP. tapi berhubung keduanya idak default dan harus di donlot akhirnya saya cuman bisa bengong aja……. yaahhhhhh….. apesss banget sich! mau tidak mau saya kembali ke xp yang baru saya install fresh berbarengan dengan Kubuntu ini. Perjuangan dalam menjelajahi linux rupanya masih panjang….

the quest is still continue…….

Entry filed under: Linux, MY Happy Lappy, Tribute to W950i. Tags: , .

Mencoba Live CD OpenSolaris 2009 di Laptop Acer 5583 kesayangan Windows 7 RTM (Release To Manufacturing) built 7600 telah beredar di Internet!

Leave a Reply

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Gadgetboi’s Blog

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 759 other followers

translate this blog

ubuntero

The Ubuntu Counter Project - user number # 29030

Try Manjaro Linux

Unduh Blankon

Download Linux Mint

Calender

July 2009
M T W T F S S
« Jun   Aug »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Recent Posts

Categories

Archives

How Many People lost here?

  • 476,360 people

Online…Online

IP
free counters
Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net
Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net

Check Me IF I’m Online

Support This!

No Smoking
Counter Powered by  RedCounter

