Mencoba Live CD OpenSolaris 2009 di Laptop Acer 5583 kesayangan

July 13, 2009 at 08:25 3 comments

Seperti posting saya sebelumnya, saya mendapat kiriman cd kubuntu dan OpenSolaris. jujur saja karena saya sudah tau kalau kubuntu tidak jauh dari tampilan ubuntu hanya beda desktop environment saja mungkin (yang satu GNOME yang lainnya KDE) jadi saya memutuskan mencoba OpenSolaris dulu yang kebetulan disediakan live cdnya. yo mariii

setelah membeset kertas yang tipis itu (hehehe karena masalah ini beberapa cd kiriman OpenSolaris banyak yang defect) dan muncullah cd yang sudah sebulanan saya tunggu. mulailah saya masukan ke dalam lappie yang saya sayangi ini. setting bios mulai dari cd-rom and walah…. munculah GNOME yang indah!

OpenSolaris 2009 tanpa openoffice dan juga shutdown button

OpenSolaris 2009 tanpa openoffice dan juga shutdown button

saya sangat terkesan sekali. saya pikir OpenSolaris akan kaku karena memang tidak banyak yang memakai sistem operasi ini khan? namun rupanya memakai desktop environment seperti GNOME bisa membuat tampilannya seindah linux. saya cermati satu persatu fiturnya. lumayan lengkap sih. standar linux kalo menurut saya. tapi kok engga ada open office yah? wahhhh masa harus donlot sih?? mana di majalah open office 3.1 keluaran info linux engga ada lagi open office untuk solaris (cuman untuk linux, windows, dan mac). alamat harus donlot ini mah kalo memang niat untuk kerja. tapi ada office reader kok, tapi aplikasi ini saya belom coba karena ternyata nih OpenSolaris engga me-mount secara otomatis partisi windows saya (semua data saya ada di partisi NTFS supaya antara linux dan windows xp saya bisa ngebaca). walah alamat harus berkunjung ke mbah google nich. trus kejanggalan lainnya adalah tidak ada shutdown buttonnya! busyet gimana gua bisa keluar ya? setelah saya search ke google via hape saya, ahirnya saya nemu berita bahwa live cd OpenSolaris tuh ada bugnya! ya itu … gak ada tombol shut down, ala mak! gimana donk? ya terpaksa deh hard reset! hick..hick..hick kasian my lappie….😦  tapi  kalo di instal shutdown tersebut akan ada kok kata situs opensolaris, wah jangan-jangan ini bug yang disengaja nich, biar kita harus nginstal?? hehehe. terlepas berbagai masalah di live cdnya. saya sangat terkesan kok sama OpenSolaris. lahwong ini gratis kan? jadi berbagai masalah yah harus kita hadapi. toh kan saya bisa menikmati compiz yang ternyata berjalan dengan lancar sebagaimana device saya yang lainnya. jadi boleh dibilang kalo ih sistem operasi lumayan banyak databasenya seperti ubuntu dan pc linux os. semoga saya memiliki uang untk beli komputer desktop beberapa bulan kedepan sehingga saya bisa explore OS ini lebih jauh. saya tidak akan meninstal di laptop saya soalnya udah penuh sich…. masalahnya cuman 80GB kapasitas HD saya….. mana udah ada 2 OS lagi…..

horee! bisa ber-compiz ria walau di live cd!

horee! bisa ber-compiz ria walau di live cd!

yah, akhir kata semoga menikmati OpenSolaris bagi yang juga memesan cd gratis ini. kasih tau saya yah kalo ada program cd gratis, dimana kek…. hehehehe

Entry filed under: Linux, MY Happy Lappy. Tags: .

hore!! cd Kubuntu sama cd OpenSolaris 2009 datang! Installing Kubuntu 9.04 on my laptop Acer Aspire 5583

3 Comments Add your own

Leave a Reply

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Gadgetboi’s Blog

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 759 other followers

translate this blog

ubuntero

The Ubuntu Counter Project - user number # 29030

Try Manjaro Linux

Unduh Blankon

Download Linux Mint

Calender

July 2009
M T W T F S S
« Jun   Aug »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Recent Posts

Categories

Archives

How Many People lost here?

  • 476,237 people

Online…Online

IP
free counters
Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net
Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net

Check Me IF I’m Online

Support This!

No Smoking
Counter Powered by  RedCounter

