mencoba PC Linux OS 2009 di laptop

July 12, 2009 at 09:43 9 comments

Benar-benar sial beberapa hari ini. Saya baru tahu jika laptop saya terinveksi virus.awalnya tiba-tiba anti visur kesayangan saya, PCMAV tiba-tiba tidak bisa dipakai oleh saya untuk nyeken laptop saya. saya pikir emang eror tuh program karena emang engga diinstal. tapi kok battry logger yang untuk ngukur kekuatan barte saya juga engga bisa jalan trus beberapa software juga engga jalan. “wah kenapa nich” pikir saya. Setelah beberapa kali konsultasi di virus indonesia (blog PCMAV), saya baru tau kalo saya terinveksi virus reader apalah gitu…. apesssss……

saya sudah mencoba beberapa cara seperti menscan dengan PCMAV di CD, tapi engga berhasil menyingkirkan virus terkutuk itu!!! dasar!!!!!, ehhhh akhirnya saya install ulang aja! tapi kok….. belom juga ilang ya, malah sekakin parah! rupanya menjalar sampai partisi windows seven saya! tidaaakkkkkkk!!!!!

karena saya instal xp, boot menunya ilang untuk windows seven. saking frustrasinya saya akhirnya mencoba juga dvd mandriva yang didapat dari info linux. karena emang setting instalasinya engga semudah seperti ubuntušŸ˜¦ . akhirnya saya nyerah karena setelah saya bikin partisi sama swap kok engga mau masuk-masuk ya????wah… saya harus diskusi sama kang tatang dulu nich…..

karena saya butuh banget tuh laptop hari itu, karena saya mau ke IBCC sama BEC mau beli LCD untuk komputer teman saya. jadi walaupun saya tidak suka KDE, akhirnya saya instal PC Linux OS juga akhirnya. Instalasinya rupanya semudah menginstall Ubuntu! senangnya…….

Namun sebelum itu saya coba live cdnya. memang nih distro mengharuskan kita live cd dulu karena engga ada pilihan untuk menginstal langsung. yah udah engga apa-apa. saya coba deh live cdnya. memang seperti bayangan saya jika versi KDE ini emang rada kaku tampilannya, terlepas banyak orang yang suka tampilan seperti ini. Saya cek rupanya ini masih memakai KDE versi 3.x bukan 4.x yang sudah dipakai oleh linux mint, OpenSUSE, Mandriva dan lain-lain.

kalau mau tau apa perbedaannya ya seperti windows 98/XP dengan Vista/Seven. dimana versi 4.x itu memiliki search engine untuk mencari program lebih cepat seperti vista dan 7. keren sich tapi saya lebih suka yang classic seperti xp. jadi saya suka yang ini!

Kaku tapi mantab!!!!

Kaku tapi mantab!!!!

setelah saya cek rupanya deteksi hardware sama dengan ubuntu 9.04! wah senangnya….. :pĀ  akhirnya saya bisa menikmati compiz fusion yang di ubuntu saya harus menelan ludah karena masih ada trouble di intel chipsetnya, di sini saya akhirnya bisa memainkan cube! di live cd loch!!!.Ā  setelah saya instal langsung dech saya menuju tempat ngeceng, wakakak :)) . di foodcort dimulailah aksi si linux ini, saya mulai pamer effek compiz ke temen saya itu yang masih memiliki pirated-minded itu. hehehe. eh rupanya dia terkesan sekali sampai mau nyoba linux. kirain dia linux itu susah kaya ms-dos. hehehe:p . busyet dah pengetahuannya engga pernah diupgrade tuh.

saya pun jujur aja kaget juga kalo nih distro emang seperti fastfood aja alias tinggal menikmati! (kan setelah nyoba compiz trus saya install, saya engga sempet kutak-katik) bayangin firefox aja udah ada adobe flash player. jadi nonton youtube langsung play! engga kayak ubuntu yang harus donlot dulu, inisemuanya dah lengkap! coba deh liat listnya:

Graphics:

  • The GIMP – penganti Adobe Photoshop
  • F-Spot
  • Google Picasa

Internet:

  • Firefox
  • Opera
  • Flash Player 10
  • FileZilla
  • Thunderbird – email
  • Evolution – kombinasi e-mail, calendar, address book, dan task list management functions
  • eMule – P2P file sharing application
  • KTorrent – Bittorrent client
  • Azureus – Java Bittorrent client
  • Kopete – multi-platform instant messaging client
  • Skype
  • Google Earth
  • Xchat IRC – IRC client

Office:

  • OpenOffice Writer – penganti Microsoft Word
  • OpenOffice Calc – penganti Microsoft Excel
  • Adobe Reader
  • GnuCash – double-entry book-keeping personal finance system, similar to Quicken
  • Scribus – open source desktop publishing (DTP) application

Sound & Video:

  • Amarok – audio player
  • Banshee – audio player, can encode/decode various formats and synchronize music with Apple iPods
  • MPlayer – media player (video/audio), supports WMA
  • gtkPod – software similar to Apple’s iTunes, supports iPod, iPod nano, iPod shuffle, iPod photo, and iPod mini
  • XMMS – audio player similar to Winamp
  • dvd::rip – full featured DVD copy program
  • Kino – free digital video editor
  • Sound Juicer CD Extractor – CD ripping tool, supports various audio codecs
  • VLC Media Player – media player (video/audio)
  • Real Player
  • Totem – media player (video/audio)
  • Xine – media player, supports various formats; can play DVDs
  • Brasero – CD/DVD burning program
  • K3B – CD/DVD burning program
  • Multimedia-Codecs

Programming:

  • KompoZer – WYSIWYG HTML editor, mirip macromedia dreamweaver
  • Bluefish – text editor
  • Quanta Plus – web development environment

Other:

  • VMware Server – mirip Virtualbox
  • TrueType fonts
  • Java
  • Read/Write support for NTFS partitions

lenkap bin komplet kan?

Rencananya sih saya mau ke kosannya beberapa hari nanti untuk nginstalin linux ini. anehnya yang bagi saya nih linux terlihat kaku, bagi orang awam malah terlihat cool. padaha ini kan masih default! bisa dikotak katik sampe jadi chantix nantinya! saya pun akan mencoba KPPP yang belom saya kotak katik karena saya engga tau nyetingnya. nanti dech saya cari di om google. akhir kata semua terkesan sama PC Linux OS ini (orang ada yang lewat sampe kepalanya melintir ngeliat effek mirip apple. dia kira saya pake apple kali ya, hahaha). saya pun terkesan sekali. jujur aja ini akan mempengaruhi TOP 5 Linux Favourite saya nich, hehehehe. Apa lagi kalo versi GNOMEnya nanti saya coba…. wahhhh bakalan lupa sama ubuntu kali, hihihi.

Salam!

akhirnya setelah ubuntu saya tidak support intel :( saya bisa menikmati keindahan compiz!!!

akhirnya setelah ubuntu saya tidak support intelšŸ˜¦ saya bisa menikmati keindahan compiz!!!

Entry filed under: Linux, MY Happy Lappy, Tribute to W950i. Tags: , .

Top 5 Distro Pilihan hore!! cd Kubuntu sama cd OpenSolaris 2009 datang!

9 Comments Add your own

  • […] rest is here: mencoba PC Linux OS 2009 di laptop Categories: Graphics Tags: baru-tahu, design-websites, Graphics, graphics-improvements, […]

  • 2. kangtatang  |  July 12, 2009 at 14:21

    akhirnya ada juga yang mulai kena “Virus” PCLinuxOS :)…
    itulah hebatnya LInux.. masing-masing Distro memiliki keunikannya masing-masing sesuai dengan karakteristik si pengembang. dan yang lebih hebatnya lagi… kita bisa mencoba banyak hal, gonta-ganti distro (bahkan tanpa installasi) memahami dan mengerti karakteristik hardware kompurter pribadi agar bisa menemukan solumate yang tepat buat komputer kitašŸ™‚ ha..ha… selamat berexplorasi .

    salam
    kangtatang

  • 3. riadyawan  |  July 22, 2009 at 11:21

    cocok… KDE… Gnome… g’ masalah…. asal ada compiz-fusion semua jadi beres… G’ kalah deh ma Win OS… ^^

  • 4. Genghis Khun  |  August 1, 2009 at 05:46

    Saran saya, sebaiknya dalam artikel, link-link juga disertakan untuk menuju ke program yang bersangkutan. Saya mau meluncur ke PC Linux OS tapi gak tahu ke mana, akhirnya Googling dulu…
    Btw, secara keseluruhan, artikelnya bikin ngirišŸ™‚

  • 5. gadgetboi  |  August 1, 2009 at 06:48

    oooopsss sorry mas. lain kali saya sertakan dech. hehehe. aklumlah masih amatir….

  • 6. jhon  |  August 12, 2009 at 00:12

    barU nyoBa ya ? VGA 32 bit juga Kuat lo asal suport 3D ja Ko.

  • 7. T3D1  |  August 17, 2009 at 23:33

    Ternyata PCLinux Os bisa diinstall diusb juga, dengan spesifikasi ukuran usb 1Gb-2Gb, gw juga nyoba ternyata bagus. Yg jd masalh modulenya bisa download dimana ya?? Atau pake module ubuntu juga bisa/tidak???

  • 8. gadgetboi  |  August 18, 2009 at 09:00

    modul apa yach? setahu saya sich kalo mau instal pc linux os mending yang versi minime. karena versi asli kayaknya kegedean dech. kalau mau nyoba kesini aja dijamin komplet pembahasannya.

  • 9. T3D1  |  August 18, 2009 at 20:07

    Maksud gw tuh seperti module xmms,amarok, vlc, audacity, module games yg lain begitu cara installnya seperti apa??. Gw juga coba install crossover dan wine tapi ngga bisa ya kenapa itu ??? Padahal kalau dilinux yg lain bisa.!!!

Leave a Reply

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Gadgetboi’s Blog

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 759 other followers

translate this blog

ubuntero

The Ubuntu Counter Project - user number # 29030

Try Manjaro Linux

Unduh Blankon

Download Linux Mint

Calender

July 2009
M T W T F S S
« Jun   Aug »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Recent Posts

Categories

Archives

How Many People lost here?

  • 476,360 people

Online…Online

IP
free counters
Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net
Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net

Check Me IF I’m Online

Support This!

No Smoking
Counter Powered by  RedCounter

