Top 5 Distro Pilihan

July 4, 2009 at 22:22 9 comments

Setelah saya mencoba di Virtual Box dan menginstall (cuman Ubuntu yang saya berani instal, hehehe :p). Akhirnya saya memberanikan diri untuk membuat semacam chart top 5 best distro. Pertimbangan-pertimbangan dalam memberikan peringkat ini adalah tentu saja dalam hal kemudahan.

1. Ubuntu: tentunya! ini kan distro pertama saya yang saya berani instal di lappie saya dan langsung maknyusss. saya cinta sekali sama si Jaunty ini. mana sekarang udah di betulin lagi bug intelnya. perfecto lah distro ini, walau setelah diinstall mesti banyak yang diinstal dan di donlot. tapi gak apa-apa. namanya juga dapet (CD) gratisan, masak repositorynya juga mau gratis, hehehe:D

Ubuntu 8.04 LTS

Ubuntu 8.04 LTS


boot screen yang keren dari jaunty jackalope (ubuntu 9.04)

boot screen yang keren dari jaunty jackalope (ubuntu 9.04)


ubuntu 9.04

ubuntu 9.04

2. Linux Mint: Sebenernya ini engga jauh beda sama Ubuntu (wong dari ubuntu kok dalemannya!) cumandi permak dikit dan ditambahin beberapa hal yang engga ada di ubuntu, seperti bug dan codec. banyak orang sih bilang kalo Mint jauh lebih bagus dan indah, tapi menurut saya yang lebih suka “ORIGINAL TASTE” tentu saya lebih berat ke Ubuntu. tapi linux Mint ini keren kok, mungkin saya akan instal di laptop HP adek saya ah, siapa tau dia juga berminat sama linux dan melupakan windows xp yang sebentar lagi akan “gim oper”, hehehe.

Linux Mint boot screen

Linux Mint Ver. Gloria

Linux Mint Ver. Gloria

3. OpenSUSE: Sejujurnya setelah mencoba punya temen dulu yang namanya masih SUSE (saya engga tau versi berapa) tahun 2006-2007 dulu, tampang dan tampilan distro ini bener-bener bikin ilfil. pokoknya jelek aja. engga tau temen saya yang masih belom berpengalaman dalam mempermak atow emang itu dalam keadaan default, pokoknya saya jadi melupakan linux sampai saya melihat fresty frawn-nya ubuntu. Namun setelah melihat versi terbarunya disrto ini, “mimpi buruk” saya tentang OpenSUSE berakhir. ini merupakan salah satu disrto yang bener-bener memperhatikan keindahan tampilannya saya jadi jatuh cinta dengan Gecko. walau sekarang cuman mencoba di virtual box. tapi nanti setelah saya tau cara connect ke internet menggunakan modem dan hape saya, pastinya saya akan mencoba distro ini walau dengan dual boot.

installer OpenSUSE

installer OpenSUSE


OPENSUSE

OPENSUSE

4. PcLinuxOS: konon distro ini pernah menjadi no. 1 di distrowatch.com, jadi pastinya gampang seperti ubuntu donk. Sayang saya dapet yang versi KDE, saya engga suka KDE. entah kenapa. karena mengguingatkan saya sama microsoft, hehehe. udah hobby sama GNOME sich,hehehe:p . oiya PCLinux OS ini ada versi Indonesianya loh, tapi untuk yang 2009 saya kurang tau.

PC Linux OS Boot

PC Linux OS Boot


GNOME Desktop

GNOME Desktop


KDE desktop

KDE desktop

5. Mandriva : Dulunya Mandrake, kalo engga salah namanya. Distro yang berlambang bintang ini juga memiliki komunitas yang lumayan banyak di indonesia layaknya Ubuntu dan OpenSUSE, makanya saya mau memasukan distro ini kedalam disrto pilihan saya. saya belom mencobanya sih (baru dapet DVDnya dari INFOLINUX terbaru) tapi katanya gampangmnya sama dengan Ubuntu, masak sich? semoga saja. dulu saya ditawari cdnya gretong tapi saya tolak karena itu KDE. nah di DVD ini ada GNOMEnya. makanya saya nanti akan mencoba ahhhhhh. Oiya sekedar info aja Mandriva mengeluarkan 3 versi untuk tahun 2009 ini, ada mandriva one (dimana cuman satu dekstop environment yaitu KDE, ini yang saya tolak cd-nya), Mandriva 2009 (versi DVD) sama Mandriva berbayar (namanya kalo engga salah Mandriva powerpack)

Mandriva One KDE

Mandriva One KDE


Mandriva 2009

Mandriva 2009

Nah, semoga beberapa Distro ini Menjadi referensi untuk memilih distro linux yang banyaknya nauzubillah, hehehe

Entry filed under: Linux, MY Happy Lappy. Tags: .

KOMIK UBUNCHU epp. 2 Bahasa Indonesia telah Beredar! mencoba PC Linux OS 2009 di laptop

9 Comments Add your own

  • 1. kangtatang  |  July 5, 2009 at 23:46

    Hem… menarik nih top fivenya…..😀
    kalau kangtatang mah….. Top Chartnya…..:
    1. Zenwalk
    2. Slackware
    3. PC/OS OpenDesktop 2008
    4. BlankOn Minimalist 3.0
    5. PCLinuxOS 2007

    Kenapa coba? karena distro tersebut berjalan dengan baik dan cepat tanpa masalah di P III saya :))

    salam
    kangtatang

  • 2. Tips dan Trik Komputer  |  July 6, 2009 at 17:39

    Wah keren ni postingnya,mantapssss.

    Ohya anchor name “kacong” di blogger tolong diganti jadi “Tips dan Trik Komputer” ya.trims sob

  • 3. masbadar  |  July 10, 2009 at 13:50

    yeah, Ubuntu, solusi kebuntuan masalah Linux anda, cobalah.. jika pusink berlanjut, hubungi: kang Tatang yang komentar sebelum saya..😀

  • 4. gadgetboi  |  July 12, 2009 at 08:37

    ok bos! udah di ganti neehhh…🙂

  • 5. gadgetboi  |  July 12, 2009 at 08:39

    betul, kang tatang memang selalu dapat diandalkan (kok kayak iklan pegadaian ya? hehehe)

  • […] kira saya pake apple kali ya, hahaha). saya pun terkesan sekali. jujur aja ini akan mempengaruhi TOP 5 Linux Favourite saya nich, hehehehe. […]

  • 7. riadyawan  |  July 22, 2009 at 11:31

    Hi7x… tiap orang punya penilaian masing2 yah… ^^

    low saya TOP5 :

    1. PuppyLinux 4.2 (tampilan keren, file kecil n enteng, fitur lengkap, mudah dipakai)

    2. Ubuntu (Almost all version cz enak installnya)

    3. PCLinuxOS (All ver, n ampilannya User Friendly bwat pengguna Win n nie Distro pertama yg berhasil kuinstall di kompie rumah)

    4. BlankOn (All ver, distro dalam negeri… ^^ bikin bangga)

    5. Nusantara (All ver, juga karna distro karya anak bangsa… ^^)

  • 8. paul  |  October 4, 2009 at 12:20

    gimana c kalo laptop gua mau pake distro gitu?
    keren abis..

  • 9. agito  |  August 23, 2010 at 13:32

    kalo saya baru nyicipin ubuntu ajah😆

Leave a Reply

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Gadgetboi’s Blog

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 758 other followers

translate this blog

ubuntero

The Ubuntu Counter Project - user number # 29030

Try Manjaro Linux

Unduh Blankon

Download Linux Mint

Calender

July 2009
M T W T F S S
« Jun   Aug »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Recent Posts

Categories

Archives

How Many People lost here?

  • 475,986 people

Online…Online

IP
free counters
Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net
Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net

Check Me IF I’m Online

Support This!

No Smoking
Counter Powered by  RedCounter

