review ubuntu 9.04 dalam pandangan newbie

May 22, 2009 at 08:35 Leave a comment

setelah menggunakan kurang lebih seminggu (walau cuman beberapa jam mungkin), saya sudah lumayan beradaptasi dengan ubuntu yang baru ini. memang ini merupakan pengalaman pertama saya dalam menggunakan OS linux dan di install dengan dual boot. Saya pun engga mengerti, keberanian apa yang muncul dalam diri saya ini hingga berani mengginstall OS ini tanpa bimbingan orang yag kompeten (emang biasanya kalau saya mau nginstall linux maupun re-install xp karena virus saya ditolong sama teman saya). mungkin karena exited baru pertama kali mendapat CD gratis dari shipit yang membuat keberanian saya berlipat2. hehehe

anywey, setelah mencobanya, saya tidak pernah habis bedecak kagum sama OS ini. pantas banyak yang menggilai OS ini. tapilannya sederhana namun berbobot. makanya engga salah dalam review di http://www.softpedia.com yang saya baca. Ubuntu Jaunty Jakalope ini sama bagusnya dengan windows seven dan OS X. mmmm, bener juga sih, mungkin ini baru pertama kali saya menginstall ubuntu di laptop saya dan langsung jalan semua (walau belom semua sih saya coba). pertama kali pas sudah terinstall, saya coba wifi, trackpad, function key semua bisa jalan.  adapun yang belom saya cobain adalah sebagai berikut:

1. LAN atau Ethernet: alasan gak pasang internet board band:(

2. Modem internal untuk telkomnet instant (kalau kepepet sangat membantu)

3. Card Reader : kalau ini sih dari semenjak beli juga engga pernah di pake, engga bisa sich :p ajarin donk!?

4. PCMCIA: belom tau juga, orang engga pernah pake, hehehehe

yang saya udah cobain tapi gagal adalah:

1. Hibernate: alasannya katanya sih saya salah mempartisi swap. harusnya saya set 5GB (soalnya saya kan memiliki 2.5GB) tapi dipartition magic cuman bisa mentok 2GB. jadi kata Orang-Orang yang berpengalaman harus pake Gparted live (huhuhu…mana engga ada lagi di kambing.ui…. ada yang punya? kasih ke saya doonk!

2. Ni icon juga engga bisa memberikan info yang saya perlukan semasa saya internetan (online)…. ada yang bisa settingnya…?

icon yang belom bisa saya optimalkan... gimana yah supaya saya bisa meonitor internet saya?

icon yang belom bisa saya optimalkan... gimana yah supaya saya bisa meonitor internet saya?

mungkin yang ketahuan engga bisa banget ya keempat itu. soalnya saya internetan sekarang pake modem hape yang kerennya langsung bisa kedetek (saya pake SE w950i) tinggal setting sedikit pada APN, password sama user id! and you are online!. asiknya lagi semenjak saya menggunakan ubuntu ini, belum pernah sekalipun saya mengunakan command di terminal. semua sekarang mirip di windows tinggal klik. asik! saya sekarang pun dah bisa nonton youtube. sekarang tinggal download codec untuk player saya biar bisa nonton sama dengerin musik and I ready to go!

well, so far I enjoyed using this awsome OS. mungkin awalnya saya rada lumayan katro, puyeng ngeliat effect-effect yang engga pernah ada di vista atau pun di seven sebelumnya. hehehe, ndeso banget dech. Jadi walau emang Ubuntu baru ini engga support intel graphic accelerator untuk sementara sehingga compiz ditiadakan di setting visual effect (katanya sih karena ada bug di x apa gitu menurut di forum) tapi effect-effect seperti fade out ala vista, trus effect jelly pas windows di restore masih bisa di nikmati dan saya jujur aja sangat enjoy dengan tampilan itu. siapa tau kalau saya udah ready to be full time linuxer saya akan pakai secara penuh ubuntu ini. Toh printer saya yang jadul pun bisa berjalan dengan baik di ubuntu (engga kaya vista dan seven!).

Entry filed under: MY Happy Lappy, Tribute to W950i. Tags: .

cd ubuntu shipit dateng, yeay! langsung install!! install linux on my xp via virtualbox

Leave a Reply

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Gadgetboi’s Blog

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 759 other followers

translate this blog

ubuntero

The Ubuntu Counter Project - user number # 29030

Try Manjaro Linux

Unduh Blankon

Download Linux Mint

Calender

May 2009
M T W T F S S
« Apr   Jun »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Recent Posts

Categories

Archives

How Many People lost here?

  • 476,360 people

Online…Online

IP
free counters
Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net
Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net

Check Me IF I’m Online

Support This!

No Smoking
Counter Powered by  RedCounter

