Hal yang harus dilakukan setelah menginstal Linux Mint 13 Maya versi MATE ala gadgetboi

April 23, 2013 at 06:46 8 comments

Saya memang berucap sebelumnya kalau saya tidak akan terlalu merombak versi Linux Mint ini seperti sebelum-sebelumnya karena saya kangen dengan tampilan alami Linux Mint, tapi tetap saja walau masih “rasa vanila”, Mint yang saya miliki harus sesuai dengan apa yang saya butuhkan.

1. Hal pertama yang saya lakukan adalah mengupdate Linux Mint 13 Mate ini. Bisa dibayangkan rilisan tahun lalu sudah berapa tuh berkas pembaharuan yang sudah menunggu lol. Jadi saya melakukan update dengan cara membuka aplikasi terminal dan mengetik sudo apt-get update. Lalu saya lanjutkan dengan meginstal update-an di update manager di panel bawah. Mengapa tidak dengan cara yang sama di terminal (sudo apt-get upgrade)? well, takut-takut kalau berkas bapaknya (ubuntu) terbawa grinkarena saya tahu kalau berkas pembaharuan dari ubuntu sering kali masih eksperimental dan belum matang benar. Menggunakan Mint Update Manager, tentu saja sudah memfilter berkas pembaharuan yang belum matang dan teruji benar.

2. Membuat Transparan panel sepenuhnya. Karena saya suka desktop saya terlihat transparan *pelipur lara karena tidak memiliki Windows 7 dengan Aero-nya*, maka saya harus sedikit mengakali agar panel sepenuhnya bisa transparan, karena secara default, beberapa bagian (seperti terlihat di gambar bawah paling atas) tidak ikut transparan.

image

Mari kita mulai dengan

a. Klik Menu dan buka aplikasi Terminal.
b. Ketik sudo cp -R /usr/share/themes/Mint-X ~/.themes/
lalu kembali ketik Enter sudo pluma ~/.themes/Mint-X/gtk-2.0/Apps/panel.rc  untuk membuka file dengan text editor Linux Mint MATE, yaitu pluma (dulunya sewaktu di gnome kan bernama gedit tuh).
c. Cari baris “Panel/panelbg.png”
d. Berikan Komen terhadap dua baris tersebut dengan meyertakan # pada awal baris, Contohnya: #   bg_pixmap[NORMAL] = …
e. Save lalu Log out dan Log  in kembali. maka (seperti contoh gambar diatas) Panel akan sepenuhnya transparan.

3. Untuk menjadikannya personal, saya merubah ikon menu (pernah saya tulis sebelumnya caranya bagaimana)

4. Tidak ingin terlihat sama dengan Windows 7 tapi saya merasa menambah “Super Bar” di Panel akan membuatnya semakin Sexy. Caranya adalah masuk ke software center/manager lalu cari dockx bar dan klik instal, lalu seperti bisa log out dan klik kanan para panel dan klik add to panel, cari dockxbar. maka hasilnya akan seperti begini

image

#sekedar catatan saya menaikan pixel panel hingga mendekati Windows 7 di preference. *gimana sih, katanya engga ingin sama kaya windows 7 #capedeehh :lol: *

Screenshot

5. Mengaktifkan Compositing sehingga transparan akan jauh lebih indah

use compositions

Klik menu lalu cari Desktop Setting > Windows > use compositing. Maka Transparan akan benar-benar transparan dan beberapa aplikasi yang menggunakan compositing akan jauh lebih Indah.

6. Instal WVDIAL. Walau Network Manager tidak bermasalah dan saya dengan mudah langsung terkoneksi dengan Internet via USB modem, namun saya tidak pernah melupakan WVDIAL. Selalu saya Install.

7. Menginstal ubuntu tweak. Memang saya tidak menggunakan Ubuntu, Tapi aplikasi ini sangat berguna untuk saya karena dengan aplikasi ini saya bisa mengontrol aplikasi yang ada dam membersihkan file yang tidak perlu serta memiliki fungsi seperti Crap Cleaner di Windows yang bisa membersihkan cookies dan juga jejak internet.

ubuntu tweak

8. Instal  proprietary drivers. Walau saya sudah tidak legi menggunakan modem 56k zaman telkomnet instant namun apa salahnya saya menginstal driver yang ternyata tidak opensource inismile yahoo . Dari Menu-Preferences > Additional Drivers install driver.

9. Instal beberapa ikon untuk variasi. saya memilih gartoon redux dan Faenza, namun ada beberapa ikon yang menarik di software manager, tinggal disesuaikan dengan kebutuhan.

10. Instal  audio plugins supaya kualitas sound lebih baik.

Jalankan tiga perintah untuk menginstalnya di terminal:
sudo add-apt-repository ppa:nilarimogard/webupd8
sudo apt-get update
sudo apt-get install pulseaudio-equalizer

11. Instal Program untuk bermain game Cross platform

Kita tahu di Linux sendiri banyak sekali permainan yang menarik di repositorynya, di http://www.playdeb.net/welcome/ juga memiliki  Deb packages-nya kalau mau yang berbasis berkas. Namun sering kali saya membutuhkan aplikasi game berbasis Windows karena memang versi Linux-nya tidak berjalan dengan baik, makanya saya menginstal:
A. Wine (http://www.winehq.org/) menyediakan kompabilitas bukan hanya untuk Games  tapi juga software untuk  Windows

Saya menginstal dengan cara
sudo add-apt-repository ppa:ubuntu-wine/ppa
sudo apt-get update
sudo apt-get install wine1.5 winetricks

B. PlayOnLinux (http://www.playonlinux.com/en/) >> Cara menginstalnya cukup cari di Software Manager.

.12. Instal Font Manager

Karena sudah menginstal wine, maka otomatis font standar Windows sudah otomatis di Instal namun jika kita ingin menginstal font baru dari berbagai situs penyedia font gratis maka aplikasi ini sangat berguna karena bukan saja untuk menginstal tapi bisa mengatur font dan bisa men-non-aktifkan font tanpa harus men-delete file font tersebut. Saya memilih Fontmatrix dan itu bisa didapatkan di Sofware Manager, tinggal cari aja.

13. Instal Pemanis desktop seperti dock dan gadget. Apalah artinya Gadgetboi desktop tanpa gadget lmao… Jadi desktop harus rame dong. Makanya saya menginstal beberapa aplikasi untuk meramaikan desktop saya. cari beberapa aplikasi ini di Sofware Manager:

a. Screenlet untuk gadget bar. Sudah tidak bisa dipungkiri paling keren, karena gadget pilihannya banyak dan ada yang mirip gadget windows.

b.AWN (Avan Windows Navigator), Docky  atau cairo-dock untuk dock. Tapi saya memilih AWN semenjak Lucid Lynx, jadi saya menginstal hanya AWN saja tongue yahoo

AWN 1

c. conky-all (untuk bereksplorasi dengan conky) *Namun saya belum menggunakan conky,karena variasi conky yang bisa saya gunakan sedang bermasalah. Saya sedang mencari alternatif skrip lainnya. Untuk sementara saya menggunakan conky versi screenlet.

d. tilda, merupakan terminal emulator yang bisa di tempelkan di desktop. pernah saya bahas di sini untuk cara menginstal dan men-setting-nya.

Setelah menjalankan ke 13 perintah tersebut, maka inilah hasil desktop saya sekarangtongue yahoo

current desktop

Untuk beberapa tweaking akan hadir di posting selanjutnya deh.

Akhir kata saya melanggar janji saya terdahulu untuk tidak merubah tampilan :mrgreen: … mau gimana lagi, abis gatel sih hehehe

Entry filed under: Linux, Ubuntu Tips and Story. Tags: , , , , , , , , , , , , , , , .

False Alarm #2: The Pending dream UJe

8 Comments Add your own

  • 1. r10  |  April 24, 2013 at 12:05

    aku kurang suka customisasi dekstop, terlebih pakai conky

    paling cuma ngerubah wallpaper aja :D

    *Pembangunannya didanai oleh sumbangan dari Komite Islam Kobe dan dimulai sejak tahun 1928 hingga dibuka pada tahun 1935. – wiki

    **soal islam di jepang, cek wiki juga :mrgreen:

  • 2. rosyidhw  |  April 29, 2013 at 21:32

    :D.. hampir sama seleranya nih, panel dibawah, windows list kotak-kotak… biar pada dasarnya gak pengen terlihat seperti windows 7,,, ujung2 nya ya seperti itu lagi…. xixiixix.. tapi klo buat saya model seperti itulah yang nyaman buat saya.. :lol:

  • 3. gadgetboi  |  April 30, 2013 at 10:10

    @Rosyidhw: memang yang paling nyaman begini :lol: … gimana kabar pclinuxOS? :mrgreen:

  • 4. rosyidhw  |  April 30, 2013 at 11:31

    kabar pclinuxos masih utuh di pc… belum pernah di install ulang hampir 2 tahun… :mrgreen: hanya saja lebih sering pakai arch buat kerjaan sehari-hari :lol:

  • 5. gadgetboi  |  April 30, 2013 at 14:55

    @risyidhw: “hanya saja lebih sering pakai … ” windows :mrgreen:

  • [...] Favorit saya adalah Dilbert (untuk komik luar) dan chickenstrip (untuk komik indonesia). Dengan menginstal AWN maka kita bisa membaca komik tanpa perlu ke situs yang bersangkutan *ehm … hemat benwit [...]

  • 7. Bawang Bombai  |  February 18, 2014 at 17:46

    Ciee, sexi bener desktop-nya :v

  • […] *Foto berasal dari Trailer diolah oleh saya menggunakan Photoscape via Linux Mint […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 62 other followers

translate this blog

Gadgetboi’s Blog

Tidak Mahu diklaim!

ubuntero

The Ubuntu Counter Project - user number # 29030

Lelaki sejati

Unduh Blankon

Download Sabily

Calender

April 2013
M T W T F S S
« Mar   May »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Recent Posts

Categories

Archives

How Many People lost here?

  • 263,589 people

Online…Online

IP
free counters
Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net
Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net

Check Me IF I’m Online

Support This!

No Smoking
Counter Powered by  RedCounter

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 62 other followers

%d bloggers like this: